,

10 Dokter Paling Kejam Di Dunia

10 Dokter Paling Kejam Di Dunia ~ Profesi dokter sejatinya sebagai penyelamat bagi pasien-pasien yang membutuhkan pertolongan namun beberapa dokter ini justru kebalikannya. Bukannya menjadi malaikat penolong, mereka justru menjadi penyebab atas hilangnya nyawa pasien-pasiennya. Siapa sajakah mereka?

Berikut ini adalah 10 dokter paling kejam di dunia yang sempat terekam dalam sejarah.

1. Dr Shiro Ishii (1892-1959)

10 dokter paling kejam di dunia

Dr Shiro Ishii adalah seorang ahli mikrobiologi dari Jepang serta seorang Letnan Jenderal dari unit perang Tentara Kekaisaran Jepang. Pada tahun 1922 setelah lulus sekolah kedokteran, Dr Ishii pertama kali ditugaskan ke sebuah Rumah Sakit Angkatan Darat dan Army Medical School di Tokyo.

Namun pada tahun 1942, Dr Ishii diketahui melakukan eksperimen pada manusia sebagai bagian dari proyek rahasianya untuk tentara Jepang. Korbannya pun diperkirakan mencapai puluhan ribu, dimana merupakan tahanan perang China dan warga sipil.

Percobaan sadis yang dilakukan Dr Ishii meliputi pembedahan dalam kondisi hidup, aborsi paksa, simulasi stroke, serangan jantung, radang beku dan hipotermia yang semuanya dilakukan di bawah paksaan dan tekanan.

Bahkan dokter kejam ini juga melakukan percobaan pada manusia untuk paparan senjata biologis. Sayangnya, Dr Ishii belum pernah dituntut atas semua kejahatan yang telah dilakukannya.

2. Dr Josef Mengele (1911-1979)

10 dokter paling kejam di dunia

Dr Josef Mengele dikenal dengan kekejamannya melalui eksperimen medis yang dilakukan terhadap para tahanan kamp konsentrasi pada Perang Dunia II. Awalnya setelah lulus dari Frankfurt Medical School, Dr Mengele mengikuti wajib militer dan menjadi seorang tentara perang. Namun kemudian menawarkan diri untuk bekerja di pelayanan medis Waffen SS Jerman.

Pada tahun 1943, Dr Mengele dipromosikan menjadi kapten dan dikirim ke kamp konsentrasi Nazi di Auschwitz-Birkenau. Disanalah kekejaman dimulai. Dr Mengele menyeleksi anak-anak yang tingginya tidak mencapai 150 cm untuk dikirim ke kamar gas dan sisanya digunakan percobaan.

Karena ketertarikannya akan kembar identik, dokter sadis ini berusaha mengubah warna mata anak kembar dengan menyuntikkan bahan kimia ke dalam bola mata. Selain itu juga melakukan amputasi tungkai serta bereksperimen dengan berbagai peralatan sterilisasi pada anak perempuan. Kejamnya, setelah selesai bereksperimen, semua korban akan dibunuh dan tubuh mereka dibedah.

Dr Mengele akhirnya selamat dari perang dan melarikan diri ke Amerika Selatan.

3. Dr Harold Shipman (1946-2004)

10 dokter paling kejam di dunia

Dr Harold Shipman adalah seorang dokter Inggris yang dikenal bertanggung jawab atas lebih dari 250 kasus kematian pasien. Setelah lulus dari sekolah medis, Dr Shipman menjadi anggota dewan British Medical dan mendirikan klinik pribadi pada tahun 1993.

Kegiatan kriminalnya tidak terendus, hingga tahun 1998 saat para dokter mulai curiga dengan tingginya angka kematian pasien yang ditangani Dr Shipman. Hasil penyelidikan mengungkapkan bahwa Dr Shipman memberikan diamorfin secara overdosis hingga mengakibatkan kematian para pasien. Lalu memalsukan catatan medisnya.

4. Dr H H Holmes (1861-1896)

10 dokter paling kejam di dunia

Dr Henry Howard Holmes adalah lulusan Michigan Medical School dan dikenal sebagai salah satu pembunuh berantai pertama di Amerika. Berbeda dengan pembunuh berantai lain yang melakukan aksinya di sudut-sudut gelap kota, Dr Holmes justru membuka sebuah hotel untuk menyalurkan aksi kejamnya.

Kamar tidur hotel pun telah dirancang sedemikian rupa yang dilengkapi dengan pipa gas dan ruang rahasia. Dia memilih korban wanita yang diambil dari para tamu atau karyawan hotel.

Setelah korban disiksa sampai mati, mayat para korban kemudian dibawa ke ruang bawah tanah untuk dibedah. Ada 27 korban yang berhasil diidentifikasi, namun polisi menyatakan bahwa masih banyak potongan tubuh yang telah membusuk di ruang bawah tanah yang sulit diketahui jumlah pastinya.

5. Dr John Bodkin Adams (1899-1983)

10 dokter paling kejam di dunia

10 dokter paling kejam di dunia selanjutnya adalah Dr John Bodkin Adams. Dokter yang berasal dari Inggris ini dicurigai sebagai penipu sekaligus pembunuh berantai. Selama 10 tahun yaitu sejak tahun 1946 – 1956, terdapat 160 pasien yang meninggal secara mencurigakan setelah ditanganinya.

Yang paling mencurigakan, pasien-pasien itu selalu meninggalkan uang atau aset berharga untuk Dr Adams. Tak heran jika kemudian pada tahun 1956, dokter ini menjadi dokter terkaya di Inggris. Sayangnya, jaksa tidak dapat membuktikan semua tuduhan kejahatan yang dialamatkan pada Dr Adams.

6. Dr Jayant Patel (lahir 1950)

10 dokter paling kejam di dunia

Sebagai ahli bedah asal India yang bermigrasi ke Amerika Serikat, Dr Jayant Patel dinilai tidak becus oleh rekan-rekannya dalam melakukan operasi, menyebabkan cedera yang serius hingga kematian. Pada tahun 2010, Dr Patel didakwa telah membunuh 3 orang pasien dan dijatuhi hukuman selama 7 tahun penjara. Tercatat setelah 20 tahun menjalani praktek dokter, sudah 87 nyawa pasien yang meninggal karena ditanganinya. Meski sebenarnya jumlahnya bisa lebih banyak dari itu.

7. Dr Michael Swango (lahir 1954)

10 dokter paling kejam di dunia

Mantan dokter dan marinir Amerika Serikat, Dr Michael Swango, dituduh atas 60 kasus pembunuhan yang terjadi sepanjang karirnya sebagai dokter. Pasien-pasien yang awalnya tidak begitu parah menjadi sakit parah bahkan meninggal dunia.

Pada suatu hari aksi Dr Swango pun diketahui seorang perawat, yang tanpa sengaja melihatnya menyuntikkan sesuatu ke pasien dimana tak lama kemudian pasien itu pun meninggal. Berdasarkan penyelidikan diketahui bahwa dr Swango telah menyuntikkan arsenik dan jenis racun-racun berbahaya lain ke tubuh pasien-pasiennya.

8. Dr Marcel Petiot (1897-1946)

10 dokter paling kejam di dunia

Dr Marcel Petiot dikenal sebagai seorang pembunuh berantai dari Perancis yang melakukan aksinya selama Perang Dunia I dan I. Setelah menyelesaikan sekolah kedokterannya, Dr Petiot magang di sebuah rumah sakit jiwa. Tanpa banyak yang tahu, Dr Petiot ternyata didiagnosa memiliki beberapa penyakit mental yang mengganggunya.

Setelah menyelesaikan masa magang, dokter kejam ini mendirikan sebuah klinik pribadi. Hingga suatu ketika banyak yang mengeluhkan adanya bau busuk dan asap yang keluar dari cerobong asap rumahnya. Penyelidikan polisi menemukan di ruang bawah tanah rumahnya terdapat kompor batubara yang berisi sisa-sisa jasad manusia. Dr Petiot dijatuhi hukuman mati secara dipenggal pada tanggal 25 Mei 1946.

9. Dr Linda Burfield (1867-1938)

10 dokter paling kejam di dunia

Sebenarnya Dr Linda Burfield tidak bisa disebut dokter karena tidak pernah lulus dari sekolah kedokteran. Namun dirinya pernah bekerja sebagai manajer klinik medis serta ahli medis yang berlisensi di Washington, Amerika Serikat.

Dokter ini mempromosikan metode yang cukup berbahaya untuk menyembuhkan penyakit, dimana diyakininya tidak makan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari sakit flu hingga kanker. Akibat metodenya ini, banyak pasien yang diet keras dan meninggal dunia dalam keadaan kurus kering.

10. Dr Walter Freeman (1895-1972)

10 dokter paling kejam di dunia

Dr Walter Freeman adalah dokter Amerika yang juga anggota dari American Psychiatric Association. Meskipun belum pernah melakukan praktek berbahaya langsung pada pasien, namun Dr Freeman dinyatakan bersalah karena telah merugikan sekitar 3.400 pasiennya dengan metode lobotomi.

Lobotomi adalah prosedur medis yang memasukkan alat medis ke dalam rongga mata untuk memotong saraf di bagian depan otak. Bahayanya, metode yang dilakukan Dr Freeman tidak membutuhkan ahli bedah saraf serta anestesi dan dapat dilakukan di luar ruang operasi.

Bahkan seringkali Dr Freeman menggunakan van pribadinya untuk ruang operasi. Dr Freeman pun akhirnya tidak diijinkan praktek setelah kematian beberapa pasiennya akibat pendarahan otak.

Nah, itulah 10 dokter paling kejam di dunia yang sempat terekam dalam sejarah. Jadi, siapapun Anda dan apapun pekerjaan Anda, tetaplah bertanggung jawab dengan tugas dan kewajiban yang Anda emban tanpa menyalahgunakannya untuk kepentingan diri sendiri.

 

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Minuman Keras (Apapun Jenisnya) Baik Buat Jantung? Eits, Ada Tapinya!

Kronologi lengkap kasus Saipul Jamil versi lain, ternyata…