,

10 Fakta Unik Indonesia Di Mata Dunia

10 Fakta Unik Indonesia Di Mata Dunia ~ Indonesia sebagai negara kepulauan yang dijuluki jamrud katulistiwa memiliki banyak hal yang dikenal dunia. Tak hanya keanekaragaman budaya, adat istiadat, suku dan agama yang menjadi perhatian, namun ada beberapa fakta unik yang juga menjadi sorotan dunia selama ini. Apa saja fakta-fakta uniknya?

Simak 10 fakta unik Indonesia di mata dunia berikut ini :

1. Proklamator Kemerdekaan

Semua rakyat Indonesia pasti tahu bahwa Soekarno – Hatta adalah proklamator kemerdekaan Indonesia. Namun baru tahun 2013 lalu diadakan nama jalan Soekarno – Hatta di Jakarta, yang notabene tempat dibacakannya teks proklamasi.

Nama mereka pun baru diabadikan sebagai nama bandara setelah 40 tahun Indonesia Merdeka. Dan lebih parah lagi, pemerintah baru menyematkan gelar proklamator secara resmi kepada mereka tahun 1986 atau 16 tahun setelah Soekarno wafat.

2. Sepakbola

Meskipun sepakbola termasuk salah satu olahraga yang paling digemari di Indonesia, namun tim nasional Indonesia tidak pernah menang dalam piala dunia FIFA. Hanya pernah sekali tampil pada tahun 1938, itu pun bukan membawa nama Indonesia melainkan Hindia-Belanda. Meski Indonesia dikenal memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia dan Brazil sebagai peringkat ke-5, namun prestasi sepakbola keduanya sangat jauh berbeda.

3. Ibukota negara

Belum pernah ada negara di dunia yang berganti ibukota selama 4 kali berturut-turut dalam kurun waktu relatif singkat kecuali Indonesia. Ibukota Indonesia berturut-turut : Jakarta (1945-1946), Yogyakarta (1946-1948), Bukittinggi (1948-1949) dan kembali lagi ke Jakarta (1950-sekarang).

4. Pulau

10 fakta unik orang indonesia di mata dunia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau lebih dari 17.000 pulau besar dan kecil. Tak heran jika Indonesia memiliki 3 pulau dari 6 pulau terbesar di dunia yaitu pulau Sumatera, Kalimantan dan Papua. Namun uniknya, hampir 60% penduduk Indonesia tinggal di pulau Jawa yang luasnya hanya 7% dari luas seluruh wilayah Indonesia.

Lebih unik lagi terdapat 4 pulau yang kedaulatannya dikuasai bersama-sama dengan negara tetangga. Yaitu pulau Kalimantan yang dikuasai tiga pemerintahan negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Pulau Papua dikuasai oleh Indonesia dan Papua Nugini. Pulau Timor dikuasai oleh Indonesia dan Timor Leste. Lalu pulau Sebatik yang dikuasai oleh Indonesia dan Malaysia.

5. Hutan

Indonesia juga terkenal dengan keanekaragaman hayatinya yang sangat luas. Bahkan hutan Indonesia mencapai luas 138 juta hektar dan merupakan tempat hidup bagi 16% spesies burung di dunia, 10% mamalia di dunia dan 11% spesies tumbuhan di dunia.

Namun uniknya, Guiness World of Records pada tahun 2008 menganugerahkan rekor pada Indonesia sebagai negara yang paling tinggi laju kerusakan hutannya di dunia yaitu mencapai kehilangan sekitar 1,8 juta hektar hutan per tahun.

6. Hewan

10 fakta unik orang Indonesia di mata dunia

Selain kekayaan hayati, Indonesia juga dikenal dengan kekayaan faunanya yang luar biasa dan tidak ada duanya. Hewan purba yang hingga kini masih ada di Indonesia adalah komodo di pulau Komodo sebagai kadal terbesar di dunia yang mencapai berat 90 kg dan panjang 3 meter. Ada juga ikan terkecil sebesar nyamuk yang ditemukan di pulau Sumatera.

Bahkan di Sulawesi masih hidup primate terkecil di dunia mirip binatang monyet yakni Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau Tarsier Gunung dengan panjang hanya 10 cm. Di pulau yang sama juga ditemukan ular terpanjang di dunia yaitu ular Python Reticulates sepanjang 10 meter.

7. Pusat perbelanjaan

Jakarta sebagai ibukota negara dikenal memiliki sangat banyak pusat perbelanjaan. Bahkan disana berdiri 130 pusat perbelanjaan yang merupakan terbanyak di antara kota-kota besar lainnya di dunia. Wilayah Jakarta yang awalnya direncanakan untuk pemukiman, konservasi dan resapan air akhirnya diubah menjadi pusat perbelanjaan.

8. Angka

Salah satu dari 10 fakta unik Indonesia di mata dunia berikutnya adalah perihal penyebutan angka. Penyebutan angka 1-9 dalam bahasa Indonesia masih menyisakan misteri. Jika kita menjumlahkan dua angka yang memiliki huruf awalan sama, maka hasilnya selalu sepuluh.

Yuk kita coba :

Berawalan S : Satu + Sembilan = Sepuluh

Berawalan D : Dua + Delapan = Sepuluh

Berawalan T : Tiga + Tujuh = Sepuluh

Berawalan E : Empat + Enam = Sepuluh

9. Tanggal 17 Agustus

Tanggal 17 Agustus adalah tanggal kemerdekaan Indonesia, namun juga tanggal kematian bagi pencetus pilar Indonesia. Di tanggal 17 Agustus (1937), pencipta lagu kebangsaan Indonesia, WR. Soepratman wafat dan pada tanggal yang sama (1894), pencetus ilmu bahasa Indonesia, Herman Neubronner van der Tuuk juga wafat.

10. Suku dan bahasa

Indonesia adalah negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia yaitu terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis. Tak heran jika Indonesia juga disebut sebagai negara dengan bahasa daerah terbanyak di dunia yaitu sekitar 583 bahasa daerah dan dialek. Keanekaragaman ini mencetuskan ide bagi para pendiri Republik untuk sepakat memilih semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

Nah, itulah 10 fakta unik Indonesia di mata dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

‘Garuda Indonesia Travel Fair 2016’ Resmi Dibuka (Yuk, Rencanakan Liburan Hemat!)

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Jelang Balapan Rio Haryanto di Sirkuit Sochi