,

10 Hewan Paling Tua yang Umurnya Sampai Berabad-abad

Pernahkah anda membayangkan memiliki hewan peliharaan yang umur lebih tua dari anda. Atau bahkan lebih tua dari nenek anda di rumah. Hewan peliharaan kebanyakan tidak memiliki waktu yang lama, ambil contoh saja anjing, mungkin hanya sampai umur puluhan tahun, atau ikan yang tidak sampai setahun bisa mati jika airnya kotor.

Baca Juga : 10 Pengalaman Mati Suri Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah

Sepuluh hewan hebat ini memiliki umur lebih dari 100 tahun, bahkan 500 tahun. Mereka hidup dan berkembang seiring perubahan zaman. Dari zaman tanpa polusi ke zaman yang penuh dengan efek pemanasan global. Inilah sepuluh hewan paling tua yang pernah ada di dunia ini.

1. Ming, Kerang – 507 Tahun

Ming adalah nama kerang yang memiliki usia 500 tahun lebih. Kerang ini hidup di lingkungan yang sangat bersih dan baik sehingga membuatnya mampu hidup lebih lama. Jika dihitung satu manusia berumur 80 tahun, maka kerang ini telah hidup di 6 generasi manusia. Sebuah hal yang sangat menakjubkan.

Ming, Kerang [image source]
Ming, Kerang [image source]

Sayangnya, untuk mengukur umur hewan ini, ilmuan perlu membuka cangkangnya. Alhasil kerang ini harus mati sebelum diketahui umurnya secara detail. Ilmuan mengetahui umur Ming dari kepadatan dan kandungan cangkangnya. Dari kerang ini, ilmuan berharap akan ada cara untuk mempelajari cara hidup lebih lama.

2. Adwaita, Kura-Kura – 250 Tahun

Kura-kura sangat terkenal dengan umurnya yang sangat panjang. Namun hal ini bisa terjadi jika kura-kura hidup dengan lingkungan baik serta ketersediaan makanan yang cukup juga. Rekor kura-kura paling tua di dunia dipegang oleh kura-kura di kebun binatang Alipore India. Nama dari kura-kura ini Adwaita.

Adwaita, Kura-Kura [image source}
Adwaita, Kura-Kura [image source]

Adwaita ditangkap di pulau Seychelles pada tahun 1700-an oleh Inggris. Lalu kura-kura ini dihadiahkan Jendral Inggris Robert Clive ke pemerintah india. Kura-kura ini terus bertahan hidup dengan tubuhnya yang sangat tua hingga akhirnya meninggal dunia pada tahun 2006. Dari pertama kali ditemukan hingga meninggal diperkirakan Adwaita berumur lebih dari 250 tahun.

3. Hanako, Ikan Koi – 226 Tahun

Jepang dikenal dengan salah satu hewan yang menjadi simbol keberuntungan: Ikan Koi. Memelihara ikan koi di rumah dipercaya akan mendatangkan banyak sekali rezeki dan juga menolak nasib buruk. Terlebih jika ikan koi ini memiliki warna dan motif khusus. Koi tertua di dunia ternyata memiliki usia mencapai 226 tahun. Bahkan telah hidup jauh sebelum negara Amerika atau Indonesia terbentuk.

Hanako, Ikan Koi [image souce]
Hanako, Ikan Koi [image souce]

Ilmuan meneliti Hanako dengan mengambil lingkar sisiknya. Setelah itu semua ilmuan membuat kesimpulan jika ikan ini berusia lebih dari 200 tahun. Bahkan menjadi satu-satunya ikan paling tua di dunia yang  pernah hidup. Luar biasa!

4. Jonathan, Kura-Kura – 182 Tahun

Hampir mirip dengan kisah Adwaita, Jonathan pertama kali ditangkap di Pulau Seychelles. Hewan ini akhirnya dipelihara oleh beberapa orang di Inggris selama puluhan tahun. Jonathan adalah kura-kura jantan. Hari-harinya lebih banyak dihabiskan di daratan sehingga ia mendapat julukan makhluk darat paling tua di dunia.

Jonathan, Kua-Kura [image source]
Jonathan, Kua-Kura [image source]

Pada tahun 1882 Jonathan dibawa ke rumah dinas Gubernur di Saint Helena. DI sana ia dirawat di lapangan yang dibatasi oleh jeruji besi agar ia tidak keluar ke mana-mana. Saat ini Jonathan masih sehat dan terus menghitung umurnya hingga mungkin suatu saat bisa menembus 200 tahun menyamai rekor Adwaita.

5. George, Lobster – 140 Tahun

George pertama kali ditangkap oleh nelayan di teluk Newfoundland pada tahun 2008. Setelah itu lobster dengan ukuran besar ini dijual ke salah satu restoran paling besar di kota itu dengan harga sekitar 1,3 juta Rupiah. Lobster ini memiliki berat hingga 10 kilogram hingga membuatnya menjadi maskot restoran.

George, Lobster [image source]
George, Lobster [image source]

Namun hal ini hanya bertahan hingga 10 hari saja karena ada protes dari lembaga bernama PETA. Mereka menginginkan lobster ini dilepas kembali di laut. Dilihat dari berat, ukuran serta keadaan cangkang, George dipercaya memiliki umur sekitar 140 tahun. Lembaga PETA mengatakan jika di alam bebas, George bisa hidup hingga mencapai 200 tahun. Di dalam akuarium bisa membuat George cepat mati.

6. Henry, Kadal Tuatara – 117 Tahun

Tuatara adalah jenis kadal yang memiliki umur hidup sangat lama. Bisa dibilang mencapai seratus tahun. Tuatara adalah kadang yang merupakan spesies endemik dari Selandia Baru. Kadal ini dipercaya mampu bertahan hidup dan berevolusi hingga 200 juta tahun. Bisa dibilang kadal ini lebih kuat dari Velociraptor dan T-Rex.

Henry, Kadal [image source]
Henry, Kadal [image source]

Tuatara paling tua yang pernah hidup berusia sekitar 117 tahun. Hewan melata ini hidup dan didokumentasikan oleh Southland Museum di Selandia Baru. Tuatara bernama Henry ini masih hidup, bahkan anak pertamanya memiliki usia yang hampir sama dengannya, 111 tahun.

7. Lin Wang, Gajah – 86 Tahun

Seekor gajah normal hanya mampu hidup hingga berusia 50 tahun. Namun Lin Wang mampu hidup hingga berumur 86 tahun sebelum meninggal dunia pada tahun 2003 silam. Sebelumnya, Lin Wang adalah gajah yang dimiliki tentara Jepang saat perang. Lalu pemerintah China mencuri dan menjadikannya sebagai alat transportasi barang hingga perang akhirnya usai.

Lin Wang, Gajah [imagse source]
Lin Wang, Gajah [imagse source]

Setelah pensiun dari militer Lin Wang disumbangkan ke kebun binatang Taipei. Di sana dia bertemu dengan pasangan seumur hidupnya Malan. Lin Wang menjadi ikon kebun binatang hingga ia mendapatkan julukan Granpa Lin Wang. Saat meninggal tahun 2003 silam, kebun binatang mengadakan prosesi pemakaman hingga satu seminggu. Dan tak kurang dari puluhan ribu orang mengunjungi pemakamannya.

8. Old Billy, Kuda – 62 Tahun

Old Billy adalah kuda yang lahir pada tahun 1760 di Inggris. Kuda ini memiliki umur dua kali umur kuda biasa. Kuda normal hanya mampu hidup hingga berusia 30 tahun, sedangkan Old Billy mampu hidup hingga berusia 62 tahun. Semasa hidupnya, Old Billy banyak sekali mengalami masa-masa sulit. Terlebih ia merupakan kuda pengangkut selama puluhan tahun.

Old Billy, Kuda [image source]
Old Billy, Kuda [image source]

Akhirnya Old Billy menyudahi hidupnya setelah sempat menjadi perhatian banyak orang. Ia pensiun menjadi kuda pengangkut dan jadi hewan peliharaan. Sebelum meninggal ia sempat dilukis oleh artis bernama W. Taylor. Selain itu tulangnya juga dipamerkan di dua museum berbeda yaitu Manchester Museum dan Cecil Higgins Art Gallery & Bedford Museum. Artinya tulang Old Billy dipotong menjadi dua bagian untuk keperluan museum dan penelitian.

9. Cream Puff, Kucing – 34 Tahun

Salah satu kucing paling tua di dunia meninggal pada awal 2015 kemarin. Nama kucing itu Tiffany Two, ia meninggal saat berusia 27 tahun. Namun kucing ini bukanlah kucing tertua yang pernah hidup. Sebelumnya ada kucing yang dimiliki oleh seorang pria bernama Jake Perry yang tinggal di Austin, AS.

Kucing Tertua [image source]
Kucing Tertua [image source]

Kucing dari Jake bernama Cream Puff dan Granpa. Granpa diyakini hidup hingga 38 tahun, namun belum ada pernyataan resmi dari lembaga rekor dunia. Sehingga rekor kucing tertua di dunia akhirnya dipegang Cream Puff yang saat meninggal ia berusia 34 tahun. Yang mana saja kucingnya, yang jelas pemiliknya masih sama. Jake mengatakan jika ia memberi makan kucingnya telur, irisan daging tipis, brokoli, dan asparagus. Hal ini bisa membuat kucing hidup lebih lama.

10. Max, Anjing – Nyaris 30 Tahun

Max adalah anjing paling tua di dunia sebelum meninggal dunia pada tahun 2013 silam. Max adalah anjing persilangan antara jenisbeagle, daschund, dan terrier. Max lahir di tahun 1983 dan dipelihara oleh seorang wanita bernama Janelle Derouen.

Max, Anjing [image source]
Max, Anjing [image source]

Setelah bertahan nyaris 30 tahun, akhirnya Max meninggal dunia. Pemilik anjing ini mengatakan jika anjingnya meninggal dalam usia 29 tahun 282 hari dari sejak pertama Max lahir. Gelar anjing tertua di dunia disandang Max setelah dokter hewan melakukan verifikasi umur dengan memeriksa tubuh Max secara mendetail.

Baca Juga : Inilah Fakta Unik Hewan yang Bikin Kamu Terheran-Heran

Lama atau tidaknya hewan hidup dipengaruhi banyak faktor. Salah satu yang penting adalah lingkungan. Karena semakin kotor lingkungan maka tak hanya hewan saja yang berumur pendek, manusia pun juga bernasib sama. Mulai saat ini mari kita jaga kebersihan lingkungan agar hidup lebih sehat dan lama!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlebaran Tanpa THR, Bisa! Lakukan 7 Langkah ini!

10 Penjara Terburuk di Dunia yang Jadi Mimpi Buruk Para Tahanan