,

12 Kelainan Mata Paling Aneh dan Langka di Dunia

Tak selamanya gangguan mata atau kelainan pada mata merupakan suatu penyakit. Karena ada beberapa manusia dengan kondisi langka pada matanya justru menjadikan dirinya terkenal. Seperti 12 kelainan mata paling aneh dan langka di dunia berikut ini, apa yang mereka alami akibat kelainan genetik alias sudah diwariskan sejak mereka terlahir ke dunia.

1. Katarak Mata Berbentuk Bintang (star-shaped cataracts)

Dalam dokumentasi jurnal kesehatan Rumah Sakit Lenox di Newyork. Mark Fromer seorang Dokter spesialis mata pernah melaporkan bahwa salah satu pasiennya mengalami kecelakaan unik. Sang pasien yang dikenal hobi berolahraga pernah mengalami peristiwa dipukul tak sengaja oleh temannya sendiri tepat dibagian matanya.

Lama-kelamaan matanya tersebut mengalami gangguan hingga timbul katarak. Anehnya lapisan katarak itu justru berbentuk unik yakni menyerupai bintang. Meskipun terlihat indah, karena mungkin hanya pasiennya ini satu-satunya orang di dunia yang memiliki mata bintang. Namun Dokter Mark Fromer tetap melakukan operasi katarak agar tidak mengganggu fungsi penglihatan sang pasien.

Gambar Kelainan Mata Polycoria dan Katarak Bintang

Kelainan Mata Paling Aneh dan Langka

2. Polycoria (Pupula duplex)

Polycoria atau disebut juga Pupula duplex merupakan suatu kondisi langka patologi pada organ mata yang sangat jarang terjadi pada manusia. Ciri khas mata Polycoria adalah memiliki lebih dari satu pupil mata dibagian iris, lebih tepatnya berlapis dan biasanya kondisi ini sudah dimiliki sejak dilahirkan. Jumlah pupil ini bahkan bisa mencapai 2 sampai 3 buah.

Meski seseorang terlahir dengan kelainan mata Polycoria, hal ini tidak membahayakan kesehatannya dan fungsi mata masih tetap berjalan normal. Hanya sedikit merasakan ketidaknyamanan saja terutama jika dimalam hari, saat kondisi lingkungan sangat minim cahaya.

3. Cat eye syndrome (CES), Schmid–Fraccaro syndrome

Kelainan langka pada mata manusia berikutnya adalah Sindrom mata kucing yang disebut juga sebagai sindrom Schmid–Fraccaro, penyebabnya adalah gangguan kromosom langka pada kromosom 22 dimana koloboma iris (lensa mata, retina, kelopak, diskus optikus) mengalami kondisi turun dan miring seperti bentuk segitiga atau bentuk mata pada hewan kucing.

kelainan langka mata manusia

Kelainan mata aneh ini adalah warisan genetik dari orang tua dan bisa menurun pada generasi keturunannya. Tidak seperti mata Polycoria, kondisi sindrom mata kucing bisa berakibat buruk pada kesehatan si pemiliknya terutama mempengaruhi gangguan ginjal, jantung serta fungsi telinga.

4. Haemolacria (Crying blood)

Inilah gangguan kelainan mata manusia paling menyeramkan di dunia. Karena fenomena Haemolacria atau mata menangis darah bukan hanya bisa merusak kesehatan pemiliknya saja tapi juga rentan mengalami kematian akibat infeksi yang dideritanya bila tidak diobati secepat mungkin.

Menurut diagnosa kedokteran, penyebab Haemolacria adalah karena gangguan Gardner Diamond Syndrome yakni penyakit mata yang menyebabkan jaringan pembuluh darah menumpuk dan kantung darah akan pecah sewaktu-waktu saat si penderita sedang mengalami stres berat, kecemasan berlebih maupun depresi.

Tahapannya adalah kelenjar darah akan berkumpul pertama kali disekitar area mata, kemudian berlanjut pembengkakan ke bagian lidah serta seluruh tubuh. Dan puncaknya darah yang sudah menggumpal akan pecah dan timbul seperti air mata darah.

Kasus Haemolacria paling mengerikan di dunia yang pernah terjadi, dialami oleh seorang gadis cantik 25 tahun asal Hawaii bernama Linnie Ikeda. Bukan hanya matanya saja yang bisa mengeluarkan air mata darah, tapi tetesan darah juga keluar deras pada bagian lidahnya.

Meski sudah melakukan operasi bedah sebanyak 12 kali untuk menyatukan syaraf lidah dan memotong pembuluh darah yang berada di sekitar area mata. Namun sampai kini gadis cantik tersebut tidak mengalami kesembuhan yang signifikan.

Tim Dokter hanya bisa melakukan transfusi darah secara rutin agar Linnie Ikeda tidak mati lemas akibat terlalu banyak mengeluarkan darah setiap ia mengalami depresi berat.

5. Mata Merah Albino

Mata merah seperti Drakula atau Werewolf bukan hanya ada dalam cerita fiksi saja. Sahabat kejadiananeh.com, di dunia nyata pun banyak orang yang memiliki warna mata merah dan penyebabnya bukan karena mengantuk, kecolok matanya ataupun efek mabuk semalam hehehe.

Biasanya warna mata merah ini dimiliki oleh para orang albino, yang memiliki kondisi kekurangan melanin dan pigmen pada kulit dan rambut.

Meski tidak semua, namun ada penderita kulit albino yang juga mempengaruhi warna matanya menjadi ikut merah. Tentu saja warna mata tersebut tidak terlalu merah menyala, hanya terlihat samar-samar kemerahan pada bagian iris matanya.

Meski tidak membahayakan kesehatan, namun si pemilik mata merah ini akan mengalami ketidaknyamanan yakni matanya terlalu sensitif terhadap cahaya sinar matahari atau lampu yang terlalu terang.

6. Bola Mata Berbulu

Orang yang memiliki gangguan mata aneh berikutnya pernah dilaporkan oleh Dokter Ali Mahdavi Fard dan Leili Pourafkari. Mereka pernah merawat seorang pasien laki-laki yang mengalami kondisi langka penyakit mata, yakni pada bagian bola mata sang pasien ditumbuhi beberapa bulu. Kondisi ini ia sudah alami sejak lahir.

gangguan mata langka

Meskipun tidak pernah merasakan sakit, namun lama kelamaan fungsi penglihatan pria tersebut menjadi terganggu, semakin tidak jelas melihat objek. Dan ia pun merasa tidak nyaman saat mengedipkan mata atau ketika sedang tidur, karena bulu pada bola mata tersebut semakin tumbuh besar dan memanjang.

Hingga akhirnya Dokter Ali Mahdavi Fard dan Leili Pourafkari melakukan operasi bedah mata pada pasiennya tersebut.

7. Merokok Lewat Mata

Aneh Tapi Nyata, namun benar-benar ada di dunia ini. Seorang pria asal Kota Sanghai di China memiliki bakat unik yang terbilang aneh dan nyeleneh. Pasalnya setiap ia merokok bukan melalui mulut melainkan mata.Yups asap rokok tersebut benar-benar dihisap dan dikeluarkan melalui matanya bukan lewat hidung, bokong ataupun mulut.

Kelainan langka pada mata manusia

8. Mata Mengeluarkan Air Susu

Keahlian unik yang jarang orang miliki tak hanya bisa bisa dilakukan oleh pria asal China saja. Ilker Yilmar seorang pria asal Turki berhasil mencetak rekor dunia guinness world records atas aksi luar biasanya.

Ia meminum segelas susu lewat lubang hidungnya kemudian mengeluarkan dan menyemprotkan air susu tersebut lewat kelopak mata kirinya. Aneh bukan? Yups mungkin hanya Ilker Yilmar saja satu-satunya manusia di dunia ini yang bisa mengeluarkan air susu dari matanya.

9. Heterochromia

Inilah kelainan mata paling keren di dunia. Jika kita melihat seseorang memiliki warna mata biru atau hijau saja bikin penampilannya bertambah keren, bagaimana halnya jika ada yang memiliki dua warna mata berbeda pada bagian kiri dan kanannya.

Kelainan warna mata berbeda ini disebut sebagai “Heterochromia Iridum” dan sering kita jumpai pada hewan seperti kucing ataupun anjing ras Huskey.

Namun banyak juga orang yang memiliki dua warna mata berbeda, contohnya pada selebritis terkenal seperti Mila Kunis, Alice Eve dan supermodel papan atas Sarah McDaniel. Penyebab Heterochromia adalah kelebihan atau kekurangan pigmen pada mata.

Dan ini bukanlah sebuah penyakit mata karena tidak berdampak buruk atau mengganggu kesehatan mata. Untuk warna pun tidak selalu sama, ada yang memiliki warna mata hijau di bola mata kirinya sedangkan di sebelah kanan berwarna biru dan ada yang cokelat berpadu dengan hitam, intinya kedua warna mata sudah pasti berbeda.

10. Lensa Mata Paling Unik

Cara pengobatan mata unik ini terdengar sangat tak lazim bagi kita. Karena Dokter spesialis mata telah melakukan terapi pengobatan dengan cara menanamkan sepotong gigi pada bagian mata pasiennya. Kisah nyata ini dialami oleh seorang pria asal Inggris bernama Martin Jones. Dirinya sudah mengalami kebutaan mata selama lebih dari 10 tahun.

Hingga akhirnya Dokter melakukan penanaman lensa mata buatan yang diambil dari gigi taring milik Martin Jones sendiri. Lensa tersebut tentu saja sudah ditanamkan pada giginya sehingga bisa berfungsi sebagai mata buatan.

Meski pengobatan ini sempat menuai kontroversi, nyatanya sudah terbukti berhasil menyembuhkan kebutaan mata sebanyak lebih dari 700 pasien sehingga mereka bisa melihat kembali dan matanya berfungsi normal secara perlahan-lahan.

11. Mata Tumbuh Gigi

Penyakit mata langka yang dialami oleh Nagabhushanam Siva, seorang wanita asal India dimana mata sebelah kirinya ditumbuhi dua buah gigi geraham pada bagian kelopak matanya bukanlah akibat serangan santet, teluh atau julukan lainnya. Meski Dokter sendiri hanya bisa menyimpulkan sementara hasil diagnosisnya kalau penyakit mata langka yang dialami oleh Siva adalah sejenis Tumor.

Tapi yang membuat keraguan mengapa struktur tumor tersebut benar-benar sama persis seperti gigi dan bukan sebuah lapisan kulit yang hanya menyerupai kuku atau gigi.

Entahlah, dalam dunia medis kedokteran mereka memang tidak mempercayai tentang fenomena santet, teluh atau hal-hal yang berbau ghaib. Mereka lebih fokus untuk melakukan operasi mata yang sudah terlanjur merusak saraf optik karena Siva tidak lagi bisa menggerakkan bola mata sebelah kirinya.

12. Fenomena Bola Mata Keluar

Sahabat kejadiananeh.com, apa yang kamu lakukan jika bertemu dengan seseorang dimalam hari. Dimana saat ia melotot, bisa mengeluarkan bola matanya nyaris copot? Pingsan ditempat atau lari terbirit-birit sampai berak dicelana hahaha.

Fenomena bola mata keluar ini bukanlah hoax atau pepesan kosong, nyatanya seorang wanita asal Chicago bernama Kim Goodman mampu mengeluarkan bola matanya sejauh 0,47 inci atau sekitar 12 milimeter.

12 Kelainan Mata Paling Aneh dan Langka di Dunia

Memang terlihat menyeramkan bagi kita, namun atas kelainan langka pada mata yang dimilikinya, justru guinness world records memberikan penghargaan sebagai salah satu manusia yang memiliki anatomi tubuh paling aneh dan langka di dunia.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Aksi Drifting Lamborghini Huracan LP580-2 Pembalap Cantik

Di Balik Gaji Selangit, Ada Banyak Duka yang Dialami Para Pekerja Perusahaan Minyak