,

13 Hal Penangkal Ngantuk di Hari Kerjamu yang ‘Genting’

Kerjaan segunung, deadline banyak yang nyekik, bos udah ngomel ngalor-ngidul, sementara mata ngajak ribut. Mau ngetik rasanya badan lemes. Ngantuk disaat tak tepat itu bener-bener bencana besar! Kerjaan bisa acak-kadut. Pokoknya kalau virus ngantuk udah dateng, bawaannya pengen ngebo. Liat bantal aja udah nafsu banget pengen nubruk.

Nih, ada 13 hal yang bisa kita lakuin biar mata kembali terbuka lebar. Biar mulut berhenti nguap. Biar kepala seger dan nggak rusuh terus. Yuk, langsung aja disimak tanpa basa-basi kita jabarin satu-satu!

1. Minum Air Yang Banyak Biar Nggak Dehidrasi Kayak di Gurun

Asal-muasal orang jadi lemes bin ngantukan disaat yang tidak tepat itu biasanya karena dehidrasi. Nggak percaya? Coba deh rasain pas kalian lagi puasa, seharian nggak nenggak air putih yang seger banget. Lemes nggak? Ngantuk dan pengennya cuma ngebo nggak? Terbukti kan kalau kekurangan cairan tubuh itu bikin badan kita itu kelepek-kelepek tak berdaya.

Minum Air [image source]
Minum Air [image source]

Kalau-kalau sudah ngantuk tiada tara, tapi kerjaan masih buanyak banget. Mending coba minum air yang banyak. Biarkan tubuh istirahat sejenak. Setelah merasa mendingan baru deh lanjut kerja. Usahain naruh botol berisi air dekat tempat kerja, ngantuk dikit minum, ngantuk lagi minum. Pokoknya gitu terus!

2. Cuci Muka Biar Seger Dan Makin Cakep Meski Kerjaan Terus Neror

Minum air udah, bahkan dah habis berbotol-botol. Perut udah kembung sampe bisa ditabuh sama tangan. Tapi ngantuk masih bandel banget nggak mau minggat. Oke, kita lanjut ke cara kedua. Segera bangkit dari tempat duduk saat itu juga. Jalanlah ke kamar mandi dengan cepat jangan sampai ngantuk mengalahkanmu.

Cuci Muka [image source]
Cuci Muka [image source]

Oke, udah? Segera cuci muka pakai air yang adem. Bila perlu pakai facial foam biar ada sensasi segernya merasuk ke kulit. Kalau pengen lebih manjur lagi, basahi juga kepala hingga basah. Jangan lupa pakai handuk biar nggak masuk angin. Habis cuci muka, segar pun datang tanpa aba-aba. Sudah, lanjut kerja lagi sekarang, jangan ngaca terus!

3. Cari Udara Segar Sejenak, Badan Juka Butuh Makan Angin

Badan jangan disiksa terus, bro! Sesekali ajak kek keluar sejenak, nikmatin udara yang seger. Biarkan mata mandang yang indah-indah, nggak cuma layar komputer yang isinya itu-itu melulu. Terlebih kalau badan udah ngambek, ngajak ribut dengan maksa kita buat tidur. Daripada kacau balau mending lari kek keluar ruangan.

Mencari Udara Segar [image source]
Mencari Udara Segar [image source]

Udara yang seger bisa bikin pikiran ikut seger. Nah, kalau pikiran udah seger, semuanya bakalan ikut seger. Makan angin juga dibutuhin sama tubuh. Angin doang bro, nggak pengen aneh-aneh kok. Masih mahalan tiket bioskop kok, serius!

4. Jingkrak-Jingkrak Sejenak Buat Badan Ngeluarin Keringat Meski Setetes Saja

Tiga cara di atas nggak ngefek? Serius, nih? Yasudah kalau gitu. Mending kita jingkrak-jingkrak saja yuk. Nggak lama-lama kok, 10-15 menit cukup. Yang penting badan bergerak, biar otot-otot terutama yang di punggung nggak kaku. Kaki ditekuk-tekuk dan kepala bisa rileks geleng-geleng.

Push Up [image source]
Push Up [image source]

Kalau nggak mau jingkrak-jingkrak, ganti deh dengan push-up. Tiga set cukup, pokoknya badan berkeringat dan jadi panas. Kalau olahraga bikin badan capek, yasudah streching saja kalau begitu, kayak pemanasan. Luruskan kaki, regangkan tangan, lenturkan badan. Aktivitas fisik bikin ngantuk minggat!

5. Dengerin Musik Hip Hop Atau Rock Yang Bikin Badan Rasanya Ajep-Ajep

Kalau ngantuk udah nguasain banget tapi kita nggak mau susah-susah beranjak dari kursi. Oke, fine! Coba deh dengerin musik hip hop yang bikin badan rasanya pengen goyang. Atau dengerin musik rock yang penyanyinya teriak-teriak dan bikin kita kaget dan langsung melek seketika tanpa bisa dicegah.

Hiphop [image source]
Hiphop [image source]

Musik berpengaruh besar dalam merubah mood. Kalau mood kita bawaannya pengen ngorok coba kita tuker dengan mood yang lebih seger. Asal jangan dengerin musik klasik atau instrumen saja sih ya. Bukannya seger tapi badan malah K.O.

 

6. Hindari Makanan Yang Berat, Perut Yang Kekenyangan Bikin Ngantuk Merajalela

Jika kita punya kerjaan yang banyak banget. Coba kurangi porsi makan. Bila biasanya satu piring penuh nasi, ganti dengan separuhnya saja. Sisanya bisa kita ganti pakai sayur. Kalau sampai kita kekenyangan, ngantuk bakalan menginvasi tubuh kita. Sekuat apa, seberotot apa kita kalau udah kena ngantuk bakalan koleps. Bakalan nggak berdaya dan jadi boneka.

Makanan Yang Berat [image source]
Makanan Yang Berat [image source]

Makanan yang berat sebagian besar mengandung karbo. Karbo akan menstimulus tubuh kita buat ngantuk. Kalau nggak pengen ngantuk coba makan yang ringan-ringan. Jangan lihat lauk enak langsung pengen ngabisin semua. Kalau jadi ngantuk dan kerjaan ancur  masa mau nyalahin makanan? Nggak kan?

7. Pasang Pewangi Ruangan Yang Bikin Hidung Nyuruh Mata Buat Melek

Pasang pewangi ruangan dengan aroma yang nyegerin. Misal aroma sitrus atau mint. Aroma semacam itu bakalan dikenali oleh hidung kita sebagai aroma penyemangat. Nah nantinya hidung bakalan ngirim sinyal-sinya semangat itu ke otak kita. Kalau otak udah ngasih persetujuan, niscaya ngantuk bakalan hilang.

Aroma Mint [image source]
Aroma Mint [image source]

Kalau kita berada di ruangan yang pengap, baunya wangi tapi enek, ya yang ada ngantuk terus. Pada sadarnya semua indra di tubuh itu berhubungan kok. Kalau kita buat hubungan mereka membaik, pasti kita nggak ngantuk. Buktikan sendiri kalau nggak percaya!

8. Pijet-Pijet Tubuh Biar Capek Hilang Dan Segar Datang Tanpa Hambatan

Terkadang tubuh ngantuk karena banyak titik tubuh yang kaku. Seharian cuma ngadep komputer. Ngadep layar dan jari terus ngetik dengan posisi yang sama. Akhirnya capek tiba dan membawa kantuk yang kita benci banget. Untuk ngatasin itu, coba pijet-pijet bagin tubuh yang sekiranya kaku banget.

Pijat-Pijat Tangan [image source]
Pijat-Pijat Tangan [image source]

Kita bisa neken-neken agak narik ke bawah daun telinga kita yang bawah, itu loh yang biasanya ditindik. Atau kalau mau yang lebih baik, coba pijet area di antara ibu jari dan jari telunjuk. Tekan-tekan pelan hingga menimbulkan rasa nyaman. Cara ini dapat ngelancarin peredaran darah dan buat badan kembali bugar seperti sediakala.

9. Naik Turun Tangga Sekalian Bakar Lemak Biar Badan Lebih Bagus

Sebenarnya hampir mirip dengan poin olahraga di atas. Tapi sengaja  dipisahin karena cara ini agak lebih ektrim dan nguras tenaga banget. Lima menit lari naik turun tangga rasanya udah kayak push up ratusan kali. Kaki langsung berkontraksi, napas ngos-ngosan dan keringat ngucur sangat deras.

Naik Tangga [image source]
Naik Tangga [image source]

Cara ini dijamin bakalan buat kita melek semelek-meleknya. Orang nggak normal kalau udah lari naik turun tangga masih saja ngantuk. Naik-turun anak tangga akan memberikan efek ganda , selain bikin melek juga bikin kita bakar lemak lebih banyak. Yang males buat olahraga, cara ini bisa jadi alternatif yang mengasyikkan.

10. Buat Seluruh Tubuh Jadi Begidik Dengan Mandi Air Dingin, Niscaya Kantuk Tidak Punya Harapan Lagi

Mandilah! Mandilah! Mandilah! Kalau ngantuk udah kebangetan dan makin kurang ajar, ambil 5-10 menit buat guyur tubuh pakai air dingin. Buat tubuh jadi begidik seketika. Ngantuk biasanya benci banget sama yang namanya dingin.

Showeran Biar Seger [image source]
Showeran Biar Seger [image source]

Siapkan selalu handuk kecil di dalam tas setiap berangkat ngantor. Kalau mendadak ngantuk kambuh lagi pergilah mandi sejenak. Mandi sehari tiga kali nggak bakalan bikin anda jadi jelek kok. Mandi lebih banyak malah bikin anda jadi makin cakep karena selalu nampak segar, cerah dan cerita. Ngaca deh!

11. Tertawalah Sampai Terpingkal-Pingkal Kalau Perlu Sampai Terisak-Isak

Obat ngantuk ya tertawa. Sisihkan waktu sejenak dengan menonton video lucu di Youtube yang bikin perut kita kayak dikocok. Kalau Youtube diblokir koneksi kantor, siapkan video di ponsel. Pokoknya hibur diri anda dengan video yang bakalan mengusir rasa leleh dan kantuk jauh-jauh.

Tertawa Biar Nggak Ngantuk [image source]
Tertawa Biar Nggak Ngantuk [image source]

Tertawa dipercaya dapat membuat mood kita kembali membaik. Badan jadi lebih rileks dan kerjaan bisa kita kerjain dengan cepat dan beres. Sudah, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang dilakukan di kantor. Yuk, ah tertawa!

12. Ngemil Makanan Yang Tinggi Protein Tapi Rendah Lemak dan Gula Biar Tubuh Langsung Greng

Nggak semua hal yang dinamakan “ngemil” bikin kita jadi gemuk dan tubuh melar melebar kayak karet. Ngemil ternyata punya manfaat yang banyak, salah satunya membuat badan kita terhindar dengan ngantuk yang datang tak dijemput dan pulang nggak diantar.

Almond [image source]
Almond [image source]

Dengan ngemil makanan yang tinggi protein tubuh bakalan dapat asupan energi baru. Seketika langsung greng kayak kesetrum dan kita bakalan nggak ngantuk lagi. Tapi ingat ya ngemilnya yang rendah lemak dan gula. Jangan asal nyomot cemilan, ntar malah gendut!

13. The Power of Nap, Tidur Sebentar Saja Asal Jangan Bablas

Segala daya upaya sudah kita lakuin tapi ngantuk ternyata sangat kuat dan balik lagi setelah beberapa menit menghilang. Kita udah frustrasi tiada tara hingga kerjaan tetep tak terjamah, tapi ngantuk malah makin parah. Oke baiklah. Jangan khawatir dahulu. Kita punya cara lain yang lebih dahsyat.

Tidur Sejenak [image source]
Tidur Sejenak [image source]

Tidur lah sejenak. Yap, anda nggak salah baca! Tidurlah sejenak meski cuma 15 menit. Tidur sejenak akan membuat kantuk lenyap seketika. Tapi perlu diperhatiin lo ya. Jangan sampai kebabalasan. Bisa berabe! Usahain pasang alarm, atau nyuruh teman buat bangunin. Emang di mana-mana tuh obat ngantuk cuma tidur!

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakuin kalau ngantuk datang membabi-buta. Terpenting dari semuanya atur pola tidur. Kalau kita tidur dengan berkualitas, virus-virus ngantuk nggak bakalan datang di jam-jam sibuk kantor.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ant-Man Segera Tayang di Bioskop Indonesia, Kamu Siap Nonton?

7 Pengalaman Ekstrim yang Bisa Kamu Dapatkan di Negerinya Manny Pacquiao