,

13 Masjid Paling Unik di Indonesia

Berwisata di Indonesia dengan tujuan wisata alam atau edukasi mungkin sudah sering kamu dengar. Bagaimana jika kita mencoba berjalan-jalan ke masjid-masjid unik yang berada di seluruh wilayah Indonesia? Sebagai tempat beribadah umat muslim, tentu kita semua belum pernah mengunjungi atau mengetahui sama sekali tentang 13 Masjid paling unik di Indonesia ini. Keren banget loh arsitektur bangunan Masjid-masjid ini, pasti buat kamu tertarik untuk segera mengunjunginya.

1. Masjid Perahu (foto wartakota.tribunnews.com)

Mendengar dari namanya, masjid ini memang dibangun mirip seperti sebuah perahu raksasa. Masjid ini terletak di Jalan Casablanca, Menteng Dalam Tebet, Jakarta Selatan, dengan nama asli Masjid Agung Al-Munada Darussallam Baiturrahman.

Pada satu sisi bangunan yang berbentuk perahu tersebut dimanfaatkan sebagai tempat wudhu dan kamar mandi. Untuk tempat shalat yang sering dipakai oleh umat Islam hanya seluas 8 x 5 meter saja.

Masjid Paling Unik di Indonesia

Sedangkan di lantai 2 kapal perahu, diperuntukkan khusus sebagai tempat istirahat bagi para khatib yang datang dari daerah jauh / luar Jakarta. Asal mula bangunan unik Masjid perahu ini sebenarnya terinspirasi dari kisah legenda kapal Nabi Nuh.

Dan yang menambah keunikan dalam Masjid Perahu adalah di dalam ruangannya banyak aksesoris-aksesoris kuno, seperti lampu gantung klasik yang jadi sumber penerangannya. Jika kamu kebetulan warga Jakarta asli, bisa mendatangi lokasinya disebuah gang kecil yang diapit oleh dua bangunan mewah Apartemen Casablanca.

2. Masjid Bawah Tanah di Taman Sari Yogyakarta (foto travelrangers.wordpress.com)

Masjid yang terletak di Yogyakarta ini berbentuk lingkaran dan terdiri dari dua lantai. Di tengah-tengah ruangannya terdapat tangga untuk menuju ke lantai dua dan akan tampak rongga jendela di sisi-sisi bangunan.

Masjid ini tergolong unik karena bangunannya menggunakan bahan baku kuno dan letaknya tepat berada di bawah tanah. Tetapi masjid unik ini sudah tidak dimanfaatkan sebagai tempat peribadatan umat Islam, melainkan hanya sebagai obyek wisata para turis lokal atau pendatang saja.

3. Uniknya Masjid An Nurumi (foto masjidjogja.com)

Satu lagi masjid unik yang tak kalah menariknya di negeri kita. Yaitu Masjid An Nurumi. Masjid ini merupakan masjid di jalan Jogja (daerah Solo) yang di bangun dengan gaya arsitektur yang unik dengan salah satu desain yang menonjol adalah bentuk dan warna-warni kubahnya yang mirip permen.

Ada juga yang berpendapat kubah dari Masjid ini sangat mirip dengan bangunan atap Katedral Santo Peter di Russia, tepatnya Kota Moscow. Kelihatan unik dan aneh jika di bandingkan dengan bangunan masjid kebanyakan. Oh iya selain di sebut masjid An Nurumi, Mesjid ini terkenal juga dengan sebutan Masjid Kremlin bahkan ada yang menyebutnya sebagai masjid permen.

4. Masjid Cipari (Masjid A-Syuro) Garut, Jawa Barat (foto kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Ini bukanlah bangunan Gereja atau Gedung Belanda melainkan Masjid Cipari atau A-Syuro, salah satu masjid tertua di Garut, Jawa Barat. Memang Masjid ini mempunyai bentuk desain yang mirip seperti gereja (tempat peribadatan umat kristen) dengan ketinggian bangunan sekitar 20 meter.

Di masa lalu, pada zaman kolonial penjajahan Belanda, Masjid Cipari dipakai sebagai tempat pesantren sekaligus tempat latihan perang dan markas pertahanan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Sedangkan di era peristiwa pemberontakan G30S/PKI, masjid ini juga digunakan sebagai tempat para pejuang melawan PKI.

Namun, di era modern saat ini Masjid Cipari hanya dimanfaatkan sebagai tempat beribadah umum sekaligus Madrasah tempat mengenyam pendidikan agama Islam.

5. Masjid Tiban (foto pegipegi.com)

Masjid ini sebenarnya adalah sebuah pesantren yang berada di Turen Kabupaten Malang. Yang membuat unik adalah masjid Tiban dibangun dalam waktu yang singkat hingga mencapai 11 lantai. Ada kabar miring bahwa masjid ini dibangun dengan bantuan jin.

masjid unik

Tetapi hal itu dibantah oleh para santri karena proses pembangunan dilakukan secara wajar dan berangsur-angsur oleh manusia. Untuk mencapai ke lantai atas kamu tidak perlu khawatir karena di masjid ini juga disediakan lift dan ada banyak toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh menarik yang dikelola para santri Masjid Tiban.

6. Bangunan Kubus Masjid Al Irsyad, Bandung (foto simas.kemenag.go.id)

Masjid Al Irsyad sebagai salah satu arsitektur bangunan masjid terunik di dunia resmi didirikan pada 27 Agustus tahun 2010. Berlokasi di kota baru parahyangan, Bandung Barat yang melibatkan campur tangan 15 ribu arsitek terkenal dari seluruh dunia termasuk Ridwan Kamil yang sekarang masih menjadi walikota Bandung.

Masjid Al Irsyad pernah mendapatkan penghargaan bergengsi tingkat dunia sebagai 5 besar Building of The Year 2010 dari National Frame Building Association. Bentuk desainnya kotak kubus dan terlihat mirip Kabah.

Jika dilihat dari jarak kejauhan akan tampak dua kalimat tauhid Laa ilaha illallah Muhammad Rasulullah pada bagian celah dinding bangunan masjid. Sedangkan interior ruangan dalamnya terdapat 99 buah lampu yang melambangkan simbol Asmaul Husa atau 99 nama Allah.

7. Masjid Pintu 1000 di Tangerang (indahkotatangerang.blogspot.com)

Sejarah Masjid Pintu 1000 yang berlokasi di daerah Kampung Bayur, Kelurahan Periuk Jaya Kota Tanggerang, memiliki nama asli Masjid Nurul Yaqin. Yang membuat perbedaan mencolok Masjid Nurul Yaqin dengan bentuk masjid lainnya terdapat pada pintu masuknya.

Jika biasanya kita melihat masjid hanya memiliki 2 pintu atau paling banyak 10, jangan kaget kalau dibandingkan dengan masjid ini, ia mempunyai 1000 pintu masuk. Wow keren banget kan? Itulah sebabnya kenapa Masjid Nurul Yaqin lebih dikenal orang dengan julukan sebagai Masjid Pintu Seribu.

Tertarik untuk mengunjunginya? Masjid ini berlokasi di daerah Kampung Bayur, Kab Tanggerang-Banten.

8. Masjid Muhammad Cheng Ho (foto barutahuindonesia.blogspot.co.id)

Salah satu masjid terunik di Indonesia ini memiliki arsitektur unik yang mirip seperti gedung yang ada di Tiongkok dengan desain berwarna merah, kuning dan hijau. Masjid ini terletak di Jalan Gading No 2 Surabaya dan selesai dibangun pada 22 Oktober 2002 dan diresmikan pada 28 Mei 2003.

Suasana dalam Masjid yang mirip banget dengan Kelenteng umat Khonghucu ini bisa kita lihat pada bagian pintu masuknya, disana ada pintu pagoda serta relief naga dan patung singa yang dibuat dari lilin raksasa, lengkap dengan ukiran nama Allah di bagian puncak pagodanya.

Benar-benar perpaduan arsitektur sempurna yang memadukan dua kebudayaan berbeda, antara Arab dan budaya asli Tionghoa.

9. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah (foto metrotvnews.com)

Berada di Desa Kauman, Kudus Jawa Tengah. Masjid Menara Kudus sangat direkomendasikan untuk kamu datangi, sebab tempat ibadah ini memiliki nilai sejarah tinggi bagi umat Islam. Dibangun pertama kali oleh Sunan Kudus dimana pondasi bangunannya menggunakan batu yang dibawa langsung oleh Sunan Kudus dari Kota Baitul Maqdis, Palestina.

Saat memasuki halaman Masjid Menara Kudus, jangan kaget jika kita melihat bentuk menaranya sama persis dengan candi umat Hindu. Begitupun dengan Gapura dan tempat berwudhunya. Karena memang di jaman Sunan Kudus era Majapahit, tempat ini mayoritas masyarakatnya masih beragama Hindu.

Selain dikenal dengan nama Masjid Menara Kudus, juga dijuluki dengan Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar.

10. Masjid Raya Sumatera Barat (foto wikimedia.org)

Menampilan bentuk arsitektur masjid modern dengan keunikan atap bangunan yang menggambarkan sebuah bentangan kain luas untuk mengusung batu Hajar Aswad.

Dirancang oleh arsitek Rizal Muslimin dan resmi berdiri pada bulan Februari 2014, meski pembangunannya sendiri sudah dimulai sejak tahun 2007 tapi karena terjadi bencana gempa, sempat pembangunan masjid ini terbengkalai hingga akhirnya rampung di tahun 2014. Berada di jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara, Sumatera Barat.

11. Payung Raksasa di Masjid Agung Jawa Tengah (foto akcayatour.com)

Inilah masjid terunik di Jawa Tengah tepatnya di Kota Semarang. Pendiriannya diresmikan oleh Mantan Presiden kita Bapak SBY pada tanggal 14 November tahun 2006 lalu. Arsitektur bangunan uniknya merupakan perpaduan antara kebudayaan Jawa, Islam dan Romawi.

Terutama pada bangunan 25 pilar yang ada di bagian pelataran Masjid, benar-benar menyerupai gaya koloseum Athena di Zaman Romawi. Namun ditambahi dengan keindahan tulisan kaligrafi Islami. Arti dari 25 pilar ini adalah sebuah simbol yang menggambarkan tentang 25 Nabi dan Rosul dalam Islam.

masjid terunik di dunia

Dan pada bagian pintu gerbang tertulis 2 kalimat syahadat, sebuah pernyataan kepercayaan sekaligus pengakuan akan keesaan Tuhan (Allah) dan Muhammad sebagai rasul Nya. Serta ada juga tulisan huruf arab Melayu yang berbunyi, Sucining Guno Gapuraning Gusti.

Hal yang paling unik bisa kita temui di masjid Agung ini saat menjelang datangnya hari raya atau ibadah Shalat Jum’at. Ada 6 payung raksasa elektrik setinggi 20 meter akan dibuka sebagai peneduh para jamaah yang datang. Keren yah, seperti sedang berada di Masjid Nabawi Kota Madinah, Arab Saudi.

12. Masjid Kubah Emas (foto ib-id.blogspot.co.id)

Nama asli masjid kubah emas ini adalah Dian Al Mahri. Selain sebagai tempat untuk beribadah, masjid ini juga dijadikan sebagai tempat berwisata dan tempat beristirahat para pengunjung.

Masjid Kubah Emas terdiri dari 5 kubah utama dan 4 kubah kecil dengan masing-masing dilapisi oleh emas setebal 2-3 mm. Sedangkan bagian dalamnya terdapat lampu kuningan berlapis emas dengan berat 2,7 ton. Dan puncak kubah dibuat dari lapisan emas murni mozaik 24 karat. Masjid unik dan mewah ini terdapat di Jalan Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat.

Arsitektur unik Masjid Kubah emas mengadopsi bentuk masjid di Timur tengah terutama pada bagian kubah, menara, halaman dalam serta hiasan elemengeometris dan obelistik yang kental dengan nuansa kebudayaan umat Islam. Pada bagian dalam tempat beribadah memiliki luas sekitar 45×57 meter, cukup untuk menampung jamaah sebanyak 8 ribu orang.

13. Masjid Terapung Amirul Mukminin, Makassar (foto liputan6.com)

Siapa yang tak tahu Makassar, kota yang terkenal dengan tempat-tempat wisata menariknya ini mulai dari pantai pasir putih di pulau Samalona, puncak pegunungan Malino, Kodingareng Keke, Bantaeng sampai sajian wisata kulinernya yang mudah kita temukan dimana saja.

Di salah satu tempat tujuan favorit para wisatawan lokal yakni Pantai Losari, terdapat sebuah Masjid Terapung Amirul Mukminin yang kalau air laut sedang naik pasang, seolah-olah Masjid unik ini kelihatan seperti mengapung di atas laut. Masyarakat asli Makassar seringkali mendatangi Masjid ini untuk beribadah sekaligus menikmati keindahan sunset Pantai Losari di bawah bangunan kubah masjid unik tersebut.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Deretan PNS dengan ketampanan yang profesional

Jumlah jam tidur untuk bayi 1 minggu hingga usia remaja 18 tahun