,

13 Tokoh Terkenal yang Ternyata Penyandang Autis

Siapa bilang kalau orang autis tidak bisa sukses? Nyatanya, banyak lho tokoh-tokoh terkenal di dunia yang ternyata positif penyandang autis! Lebih jelasnya, Simak ulasan berikut ini:

1. Isaac Newton

Semua orang pasti mengenal tokoh fenomenal Isaac Newton? Teorinya yang paling terkenal adalah teori gravitasi, namun Isaac Newton juga memiliki andil yang sangat besar dalam teori-teori fisika yang lain. Namun siapa sangka, kalau Isaac Newton yang jenius ternyata menderita penyakit/gangguan autisme.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh seorang peneliti Inggris yang bernama Profesor Simon Baron-Cohen. Profesor tersebut menyatakan bahwa Isaac Newton merupakan pengidap sindrom Asperger yang merupakan salah satu bentuk dari autisme.

Isaac Newton merupakan seorang yang penyendiri, dan memiliki kesulitan bicara serta bersosialisasi secara wajar. Karakteristik unik ini membuat Isaac Newton termasuk dalam tokoh terkenal yang ternyata penyandang autis.

2. Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan yang dikenal oleh orang di seluruh dunia. Betapa tidak, ilmuwan yang dikenal sebagai bapak ilmu pengetahuan ini menyumbang banyak teori yang menunjang dalam pengembangan berbagai ilmu seperti mekanika fisika, mekanika kuantum, kosmologi dan statistika.

Einstein juga dikenal dengan teori relativitas modernnya. Namun, dibalik kejeniusannya, Einstein sebenarnya merupakan penyandang autis lho!

Einstein sering gagap saat menjelaskan teori-teorinya pada publik dan dikenal sebagai seseorang yang tidak bisa berinteraksi dengan baik.

3. Charles Darwin

Bapak Evolusi, yang dikenal sebagai Charles Darwin merupakan pencetus teori evolusi. Charles Darwin mulai dikenal sebagai Bapak Evolusi sejak bukunya yang berjudul “The Origin of Species”diterbitkan pada tahun 1959.

Darwin sudah sejak lama dikenal sebagai penyandang autis karena sikapnya yang lebih suka menyendiri dan sulit berinteraksi serta berkomunikasi dengan orang lain.

Darwin bahkan lebih memilih untuk memakai surat sebagai sarana berkomunikasi dibanding dengan berbicara secara langsung.

Tokoh Terkenal yang Ternyata Penyandang Autis

4. Wolfgang Amandeus Mozart

Mozart merupakan tokoh terkenal yang banyak berkontribusi dalam perkembangan musik klasik dan masih menjadi influence hingga saat ini. Sebagai seorang jenius yang melegenda, Mozart ternyata merupakan penyandang autis dengan ciri khas sulit berkomunikasi serta bersosialisasi dengan orang lain.

Mozart juga memiliki pendengaran yang sangat sensitif sehingga dirinya akan merasa sangat terganggu saat dirinya mendengar suara yang keras dan juga ramai.

Mozart memiliki kebiasaan aneh saat berhadapan dengan publik seperti menggerak-gerakkan kaki dan tangannya serta berekspresi aneh.

5. Nikolas Tesla

Nama Nikolas Tesla mungkin tidak terlalu familiar di telinga kita. Namun, kejeniusan Nikolas Tesla disebut-sebut melebihi penemu listrik, Thomas Alfa Edison. Kenapa? Karena awalnya listrik yang ditemukan oleh Thomas Alfa Edison adalah listrik dengan arus searah.

Namun, kemudian Nikolas Tesla menemukan listrik berarus bolak-balik yang banyak dipakai sekarang meskipun akhirnyaide Tesla dipinjam oleh Edison. Sebagai seorang yang jenius, Tesla ternyata memiliki karakter autis yaitu kesulitan berkomunikasi serta terlalu berfokus pada pekerjaannya.

Kebiasaan aneh Tesla adalah ia tidak mau masuk ke suatu ruangan jika nomor ruangan tersebut tidak bisa dibagi 3.

6. Stanley Kubrick

Stanley Kubrick adalah salah seorang sutradara film Amerika. Stanley Kubrick dikenal sebagai pribadi yang perfeksionis sehingga ia tidak akan merasa sungkan untuk meminta aktor atau aktris yang bekerja dengannya untuk mengulang adegan sampai ratusan kali sampai adegan tersebut sesuai dengan keinginannya.

Film garapan Stanley Kubrick yang terkenal diantaranya adalah Paths of Glory, The Shining yang merupakan adaptasi dari novel karangan Stephen King dan Eyes Wide Shut.

Stanley Kubrick diketahui juga memiliki ciri-ciri penyandang autis yaitu sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain yang bekerja dengannya.

gangguan autis

7. Dan Aykroyd

Dan Aykroyd adalah Aktor Amerika dan juga penulis skenario yang memenangkan nominasi Emmy Award dan Academy Award. Fakta ini membuktikan bahwa Dan Aykroyd merupakan salah satu dari 13 tokoh terkenal yang ternyata penyandang autis.

Betapa tidak, Dan Aykroyd yang terkenal dengan film hits Ghost Buster dan acara Blues Brothers mengaku bahwa dirinya terobsesi dengan hantu dan juga penegakan hukum.

Obsesi Dan Aykroyd merupakan ciri khas autisme yang dengan obsesinya tersebut, ia berhasil membuat film Ghost Buster menjadi salah satu film paling sukses.

8. Daniel Tammet

Daniel Tammet adalah tokoh terkenal lain yang ternyata penyandang autis. Meskipun menyandang autis, otak Daniel terasah dengan permainan menghafal angka yang sering dilakukannya bersama saudaranya saat masih kecil.

Siapa sangka jika hal tersebut akan membantu Daniel dalam memecahkan rekor baru di Eropa dalam mengingat titik desimal terjauh. Daniel mampu mengingat 22.514 digit angka yang dibacakan padanya selama lima jam sembilan menit.

Selain itu, Daniel juga mampu menguasai 10 bahasa seperti bahasa Inggris, Gaelik, Rumania, Islandia, Welsh dan beberapa bahasa lain.

9. Temple Grandin

Temple Grandin adalah seorang profesor di Colorado State University, tepatnya di bidang ilmu hewan. Grandin divonis menginap autis sejak berumur dua tahun, namun berkat usaha dari orangtuanya yang memberikan terapi komunikasi yang ekstensif, kemampuan berbicara Grandin dapat berkembang dengan lebih baik. Meskipun sempat jatuh bangun karena autis, Grandin akhirnya berhasil mengembangkan alat untuk terapi autis serta berbagai alat lain yang sangat membantu dalam bidang peternakan.

10. Thomas Jefferson

Thomas Jefferson adalah seorang jenius yang menulis Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat. Thomas Jefferson sebagai presiden ketiga AS juga disebut-sebut sebagai salah satu Founding Fathers.

Meskipun terkenal sebagai seorang yang jenius, Thomas Jefferson memiliki beberapa ciri orang autis seperti tidak suka berbicara dengan orang dan lebih memilih menggunakan surat sebagai sarana komunikasi, sering mengganti model rumah, memakai sandal selop saat menghadiri pertemuan penting dan selalu membawa burung di bahunya.

11. Matt Savage

Matt Savage adalah seorang musisi jenius di bidang musik jazz yang terkenal sejak usia yang masih sangat muda. Matt Savage mulai dikenal sebagai musisi jenius di bidang musik jazz sejak berusia 9 tahun.

Sebelum mulai dikenal, Matt bahkan telah berkolaborasi dengan bintang-bintang musik jazz yang lain. Tapi, ternyata Matt terlahir dengan autisme.

Namun, keterbatasannya tersebut sama sekali tidak menghalanginya untuk sukses di usia yang masih sangat muda.

tokoh dunia pengidap autisme

12. Michaelangelo

Michaelangelo adalah seorang seniman jenius yang berhasil membuat Pieta dan melukis kubah Sistine Chapel.

Meskipun dikenal jenius, Michaelangelo memiliki beberapa ciri orang autis yaitu tidak memperdulikan orang lain, terlalu fokus pada pekerjaan dan selalu sibuk dengan dirinya sendiri.

13. Lewis Caroll

Lewis Caroll mungkin tidak terlalu familiar di telinga kita. Tapi kalau ada yang menyebut “Alice in Wonderland” pasti semua orang akan langsung tahu. Lewis Caroll adalah pengarang dari cerita Alice in Wonderland yang masih tetap hits sampai sekarang.

Meskipun begitu, Lewis Caroll merupakan tokoh penting dunia yang ternyata penyandang autis karena ia merupakan orang yang kesulitan berkomunikasi dengan orang lain dan sering terjebak dengan dunia imajinasinya sendiri, bahasa kerennya tenggelam dalam khayalan tingkat tinggi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ternyata, Rita tersangka kasus vaksin palsu pernah bekerja di RS ini….

Ini 5 merek vaksin yang dipalsukan