,

14 Isyarat Tangan Terlarang dan Dianggap Tidak Sopan di Negara Lain

Isyarat tangan ini wajib kamu hindari kalau nggak mau kena masalah besar di negara yang kamu kunjungi saat liburan akhir tahun 2016 ini. Buat kita-kita yang nggak terlalu mahir berbahasa Inggris atau bahasa asli negara-negara tujuan traveling kita, memang bahasa tubuh ataupun isyarat tangan bisa jadi alternatif paling gampang biar bisa berkomunikasi dengan masyarakat asli disana. Terlebih ketika dalam keadaan yang sangat urgent, misalkan sedang menanyakan kantor polisi, toilet atau ATM terdekat.

Dan berhati-hatilah, karena ada beberapa isyarat tangan yang jangan sampai kamu keluarkan ketika berada di negara-negara berikut. Check this out, 14 isyarat tangan terlarang dan dianggap tidak sopan di negara lain

1. Tidak Boleh Mengacungkan Jempol (Thumps Up)

Apa yang dianggap normal atau benar di negara kita bisa menjadi salah, tidak wajar atau dianggap penghinaan menurut kebiasaan di negara lain. Nggak mau kan ditegur orang cuma gara-gara kamu miskin info? Sahabat kejadiananeh.com, tahukah kamu jika mengacungkan jempol bisa bikin masalah besar?

Padahal di Indonesia, mengacungkan jempol adalah tanda yang bagus semacam pemberian penghargaan positif kepada seseorang atas perbuatan baik yang dilakukan oleh orang tersebut, atau juga bentuk pujian dan persetujuan.

Lain ladang lain belalang, lain di Indonesia lain pula di Rusia. Mengacungkan jempol bisa bikin kamu dalam masalah karena mengacungkan jempol sama artinya dengan mengacungkan jari tengah alias FUCK. Ini adalah isyarat tidak sopan, penghinaan atau ajakan menantang berkelahi.

Rusia dan beberapa negara lain seperti Amerika Latin, Yunani, Afrika Barat, Afghanistan, Iran, Sardinia, Italia Selatan dan Timur tengah, pengganti jari tengah adalah mengacungkan jempol, hal yang tidak pantas untuk kita lakukan. Coba aja kalau gak percaya, palingan juga ditabokin orang sekampung sampai begok hahaha.

isyarat tangan terlarang

2. Peace

Peace bukannya berarti damai? Mungkin sebagian dari kita beranggapan kalau peace adalah isyarat untuk damai atau bersahabat. Tapi ternyata, di Negara Inggris, Australia, Irlandia, New Zealand dan Italia, Peace dianggap isyarat tangan terlarang karena melambangkan organ kewanitaan atau vagina yang artinya ‘dirikan punyamu’ dalam konotasi seksual negatif.

Wah bisa gawat nih kalau memberikan isyarat tangan seperti ini sama perempuan cantik di negara-negara yang udah disebut tadi. Masih beruntung kalau cuma dimarahin, tapi kalau sampai dilaporkan ke Polisi, kelarr idup Loe 😀

3. Ekspresi Bahasa Tubuh Orang Arab Dalam Pergaulan

Jangan kaget ketika kamu bertemu dengan orang Arab Saudi Asli dan bukan Arab keturunan Indo. Jika mereka sering bersuara keras saat berbicara dengan kamu. Itu tandanya belum tentu mereka sedang marah sama kamu. Bagi orang arab suara keras mengartikan eskpresi ketegasan dan ketulusan apalagi buat orang yang mereka senangi.

Jadi wajar kalau banyak rumor mengatakan petugas Arab Saudi yang memeriksa paspor dan Visa orang Indonesia atau warga negara lain, mereka terlihat seperti sedang marah padahal sebenarnya enggak sama sekali, seperti yang sudah saya jelaskan tadi.

Nah khusus buat kamu cewek-cewek kalau sedang di Arab Saudi jangan mudah memberikan senyum kepada pria-pria arab. Memang sih niat kita baik untuk menunjukkan keramahan, tapi disana kalau wanita murah senyum apalagi kepada pria gak dikenal dianggap sebuah ajakan menggoda nakal.

Mungkin gara-gara ini juga, seringnya kasus permerkosaan majikan Arab kepada TKW bisa jadi karena kesalahpahaman antar budaya ini.

Dan hati-hati banget buat perempuan yang ingin berpergian seorang diri dengan menggunakan taksi. Sangat disarankan untuk didampingi teman laki-laki. Jika naik taksi, teman lelaki kamu harus naik terlebih dahulu kemudian kamu selanjutnya.

Dan saat turun dari taksi, harus perempuan lebih dahulu baru laki-laki. Karena sudah sering terjadi kasus kejahatan supir taksi di Arab Saudi bawa kabur penumpang perempuan, yang ujung-ujungnya diperkosa.

Sedangkan buat cowok, jika bergandengan tangan sesama cowok di jalanan meskipun dia kakaknya sendiri sangat tabu dilakukan, karena nanti bisa diteriakin Homo sama orang-orang disana. Tapi kebalikannya, jangan kaget juga jika sampai ada cowok yang memeluk kamu sambil mencium pipi kamu, itu tandanya kamu sudah dianggap sebagai sahabat dekat.

Yups bertemu dengan sesama cowok sambil berangkulan dan saling cium pipi memang sudah menjadi kebudayaan asli yang dianggap sopan di Arab.

isyarat tangan tidak sopan

4. Dilarang Stop, Tangan Terbuka (Moutza)

Jangan sekali-kali mengangkat telapak tangan terbuka sambil merenggangkan ke lima jari untuk memberi tanda stop alias berhenti di Negara Yunani. Karena isyarat ini bisa buat orang lain tersinggung berat, apalagi kalau sampai berani melakukannya di depan wajah orang, dijamin kamu akan segera ditampol.

Bagi masyarakat Yunani, Isyarat Stop ini sama saja memperlakukan mereka seperti penjahat atau pencuri. Karena dalam tradisi kebudayaan disana, seorang penjahat ketika tertangkap basah akan diarak keliling kota sebelum dibawa ke kantor Polisi. Dan masyarakat akan mencoreng wajah mereka dengan arang atau melempar kotoran binatang dengan telapak tangan terbuka.

Tradisi ini dinamakan Moutza alias tangan terbuka sambil merenggangkan kelima jari yang mengartikan caci maki atau umpatan penghinaan dan berasal dari kebudayaan era Bizantium Romawi Timur.

Selain di Yunani, ada beberapa negara lainnya yang juga melarang keras memberikan isyarat moutza yang artinya umpatan kasar ‘binatang’ seperti berlaku di negara Pakistan, Afrika, Jepang dan Korea. Namun bentuknya sedikit berbeda, kelima jari direnggangkan tapi membentuk mulut bebek.

5. Menyilangkan Jari Telunjuk dengan Jari Tengah

Kalau di negara-negara barat, isyarat tangan seperti ini berarti semoga beruntung, di Vietnam isyarat tangan menyilangkan jari telunjuk dengan jari tengah artinya negatif yaitu menggambarkan alat kelamin wanita. Jadi jangan sekali-kali menggunakan isyarat tangan seperti ini ya kalau lagi jalan-jalan di Vietnam nanti bisa dianggap melecehkan kaum wanita disana.

jari tangan tidak sopan

6. Dua Jari Telunjuk Menempel Satu Sama Lain

Dua jari telunjuk saling menempel ke arah bawah atau atas sangat dilarang di Negara Mesir. Karena isyarat jari ini mengartikan kamu ingin bercinta alias menginginkan hubungan seks dengan orang lain. Begitupun dengan jari telunjuk dimasukkan ke 5 jari menguncup.

Misalkan kamu cowok trus ada cewek mesir cantik, eh tahunya dia mau ya namanya hoki. Tapi kalau lagi apes taunya bini orang, kalau cuma sampai bonyok doang digebukin orang sih itu namanya udah untung hahaha.

7. Memanggil dengan Satu Jari (Suit-Suit)

Memanggil dengan satu jari, biasa dilakukan oleh para wanita panas dalam film ogep untuk menggoda para laki-laki. Tapi jangan pernah melakukan ini di Negara Filipina, karena mengartikan kamu sedang memanggil seekor Anjing.

Ini beneran loh, masih beruntung kalau cuma diomelin saja. Sering kasus seperti ini sampai dilaporkan ke Polisi karena sudah masuk dalam pasal penghinaan. Sedangkan di Jepang dan Singapura, isyarat satu jari ini menandakan sebuah kematian.

bahasa tubuh terlarang

8. Cutis, Menghisap Jempol

Isyarat Cutis mirip seperti mengisap jempol, tapi sambil menyentilkan ibu jari kemudian berkata Cutta. Ini adalah bentuk perlawanan/sindiran seseorang kepada orang lain yang ia tidak sukai. Seperti ngajak berantem, kalau diartikan kira-kira begini, ngehek loh atau persetan dengan Ibumu.

9. Makan dengan Tangan Kiri

Saat makan menggunakan tangan kidal alias kiri, di negeri kita sendiri Indonesia sebenarnya juga dianggap tidak sopan meskipun bagi kita sendiri tidak terlalu dipersoalkan. Tapi beda dengan kebiasaan masyarakat di Timur tengah, Afrika, Sri Lanka dan India.

Jika kamu diundang makan malam oleh mereka, jangan sekali-kali menggunakan tangan kiri untuk mengambil makanan. Mereka akan mengganggap kamu sebagai tamu kurang ajar, karena sudah berani menggunakan tangan kiri yang biasa digunakan untuk cebok saat buang air besar.

10. Tidak boleh Dadah atau Melambaikan Tangan

Isyarat tangan dadah sebagai bahasa tubuh pengganti lisan Goodbye alias selamat tinggal biasa kita lakukan untuk mengucapkan salam perpisahan dengan sahabat ataupun sedang memanggil Taxi. Namun di Korea Selatan, melambaikan tangan bukan untuk memanggil manusia melainkan hanya untuk dipakai memanggil Anjing.

11. Memegang Kepala

Di negara kita sendiri Indonesia, memegang kepala bisa berdampak negatif ataupun positif. Contohnya begini, kalau ada orang yang gak dikenal tiba-tiba memegang kepala kamu, kira-kira kamu marah atau sekalian ngajak dia berantem ajah, tapi beda kan kalau yang megang itu kakak kamu sendiri.

Sama seperti di Thailand, bagi mereka kepala menjadi bagian tubuh paling suci karena dalam ajaran agama mereka Buddha, kepala adalah sumber roh manusia berada. Yang boleh memegang kepala hanyalah Ayah dan Ibu. Tidak boleh anggota keluarga lain apalagi teman.

gestur tubuh tidak sopan

12. OK, Membuat Lingkaran dengan Ibu Jari dan Tangan Telunjuk

Kalau di Indonesia, khususnya buat anak muda kekinian, isyarat semacam ini adalah bahasa tubuh yang wajar digunakan, apalagi kalau kita lagi buru-buru tapi harus merespon cepat ucapan orang lain. Isyarat ini buat kita artinya OK atau nggak ada masalah. Tapi beda dengan beberapa negara di wilayah Eropa.

Isyarat tangan ini jangan sekali-kali kamu gunakan karena artinya adalah untuk mengejek seseorang tidak berarti atau orang yang kosong, cupu, bloon, pongo dan kawan-kawannya. Sedangkan di negara Brazil, Jerman dan beberapa negara Laut Tengah lain lagi artinya, isyarat ini melambangkan anus atau buat ngatain cowo-cowo pecinta burung alias maho 😀

13. Corna, Salam Metal 

Corna adalah isyarat tangan menggumpal dengan telunjuk dan jari kelingking diacungkan ke atas. Di Indonesia, corna artinya salam metal, Rocker, pokoknya yang berbau underground deh. Sebagian dari kalian pasti pernah menggunakan isyarat tangan seperti ini apalagi buat kalian yang doyan banget nonton musik metal atau konser rock. Gosipnya sih, salam metal dua atau tiga jari ini merupakan salam setan.

Dan jangan sekali-kali menggunakan isyarat tangan ini seperti berasa nonton konser rock atau metal ya di luar negeri, karena Corna memiliki arti ‘cuckold’ yang berarti sindiran buat orang lain yaitu istri atau pacar kesayanganmu sedang tidur sama selingkuhannya. Wah bisa dipukulin orang nih kalo nggak sengaja pakai isyarat ini, dikira mau merusak hubungan orang.

14. Mengibaskan Dagu (Chin Flick)

Mengibaskan dagu kayanya nggak lumrah atau jarang dilakukan di Indonesia ya. Tapi mengibaskan dagu di beberapa negara ini punya arti yang beda-beda loh. Buat kamu yang berencana mau traveling ke negara-negara berikut, wajib tau kenapa mengibaskan dagu seperti ini sangat dilarang keras khususnya di Perancis.

Karena di negara tersebut, mengibaskan dagu bisa berarti makian dan menyuruh orang untuk segera pergi dari hadapanmu.

Isyarat Tangan Terlarang dan Dianggap Tidak Sopan di Negara Lain

Sahabat kejadiananeh.com itu dia beberapa isyarat tangan yang dianggap terlarang dan tidak sopan di negara lain. Dan jangan sekali-kali kamu sengaja melakukannya, kalau lagi berkunjung ke luar negeri biar nggak kena masalah. Yang tadinya mau menikmati traveling bisa-bisa berantakan, cuma gara-gara isyarat tangan yang kurang tepat. So, happy holiday and enjoy your trip!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Asal Mula Donat Bolong di Tengah, Tau Gak Kenapa?

Siput, Hewan Kebal Senjata Tajam Satu-satunya di Dunia