,

20 Penyakit Aneh dan Langka yang Belum Ditemukan Obatnya

Ada sebagian orang yang saat ini kurang beruntung di dunia karena mengidap beberapa kelainan serta penyakit langka yang mustahil disembuhkan. Seperti 20 penyakit aneh dan langka yang belum ditemukan obatnya ini, ada yang menderita penyakit sejak mereka dilahirkan karena faktor kelainan genetik dan ada yang menderitanya setelah mereka beranjak dewasa, bisa jadi penyebabnya karena wabah virus atau bakteri penyakit tak dikenal.

Faktanya, para ilmuwan Kedokteran sampai kini terus melakukan riset penelitian medis untuk menemukan vaksin dan solusi pengobatan dari “penyakit langka” yang dianggap sulit bahkan mustahil untuk sembuh tersebut. Btw sahabat kejadiananeh.com, untuk contoh gambar-gambar penyakit ini tidak saya sertakan semua karena gak nyaman banget melihatnya, bikin merinding cuy 😀

Sindrome Kepala Meledak (Exploding Head Syndrome)

Gejala penyakit ini seperti mendengar suara tembakan, canang, atau suara berisik lain dalam kepala seseorang saat sedang ingin tidur. Akan timbul gejala sakit kepala berat dan kepala terasa panas seperti mau meledak. Rata-rata pengidap Sindrome kepala meledak, mereka yang sudah berumur lebih dari 50 tahun cenderung lebih beresiko terhadap penyakit ini meski pernah juga beberapa anak kecil berusia 10 sampai 15 tahun dilaporkan pernah mengidap penyakit Sindrome kepala meledak.

penyakit aneh dan langka

Efek jangka panjang untuk kesehatan adalah stress, depresi berat, perasaan ingin bunuh diri, catastrophising serta penyakit kelumpuhan stroke. Meski belum ada obatnya, penyebab dari Sindrome kepala meledak ini timbul karena masalah infeksi dalam telinga, terutama pada bagian tuba eustachius yaitu penghubung antara telinga tengah dengan saluran tenggorokan serta belakang hidung.

Sindrom Alice di Wonderland, mikropsia (Alice in Wonderland Syndrome)

Gejala aneh dari Sindrom Alice di Wonderland atau dikenal juga dalam bahasa medis sebagai mikropsia selalu menunjukkan tingkah laku penderitanya dalam halusinasi, diorientasi, disamtropsia atau distorsi. Gejala sangat umum ditemui pada masa anak-anak tapi banyak juga ditemui pada remaja. Gejala mikropsia ini memang tidak membahayakan dan akan hilang sewaktu-waktu.

Contoh paling mudah pada penderita Sindrom Alice di Wonderland. Seseorang melihat anjing peliharaannya tiba-tiba berubah menjadi sekecil tikus, kejadian ini terus berulang-ulang dan kasus paling berat seolah-olah tubuhnya sendiri berubah menjadi raksasa, jauh lebih besar dari kamar tidurnya.

 Penyakit Aneh dan Langka yang Belum Ditemukan Obatnya

Menurut penelitian medis, sindrom aneh ini masih dikaitkan dengan gejala akut sakit kepala migrain, tumor otak dan dampak berkepanjangan akibat penggunaan obat psikoaktif. Salah satu virus penyebab sindrom alice ini adalah Virus Epstein-Barr.

Necrotizing Fasciitis (Sindrom Bakteri Pemakan Daging, Penyakit Pemakan Kulit dan Daging Tubuh)

Necrotizing Fasciitis merupakan penyakit langka manusia yang biasanya dikenal dengan penyakit yang menggerogoti lapisan kulit dalam atau pemakan daging yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus Grup A, biang keladi yang sama pada penyakit tenggorokan dan impetigo. Infeksi langka Necrotizing Fasciitis terjadi pada lapisan paling dalam kulit, jaringan subkutis termasuk pada bagian lemak dan otot-otot (fasia) tubuh manusia.

Para penderita cenderung akan mengalami sakit yang sering dan luka yang berat. Kulit akan menjadi berubah warna kemerahan, melepuh dan menggelembung hingga cairan pun keluar. Satu-satunya cara untuk mengatasi penyakit ini ialah dengan langkah operasi bedah pembersihan.

Namun bila belum terlanjur stadium akhir, Dokter biasanya akan melakukan langkah pengobatan antibiotik intravena seperti pemberian Staphylococcus aureus resisten methicillin (MRSA) serta terapi oksigen. Angka kematian dari penyakit Necrotizing Fasciitis sangat tinggi hingga mencapai 73% dan sisanya peluang untuk manusia tidak bisa bertahan hidup. Menyeramkan sekali bukan?

Menkes Disease (Menkes Syndrome)

Penyakit aneh dan langka manusia yang belum ada obatnya sampai sekarang berikutnya adalah Menkes, penyakit aneh ini mempengaruhi level tembaga dalam tubuh dan akan membuat seseorang kekurangan ekstrim vitamin D. Penyakit dalam ini lebih umum diderita oleh pria, namun tidak menutup kemungkinan bahwa wanita pun bisa terkena penyakit ini juga.

Menurunnya kesehatan otot, pelenturan area wajah, penurunan berat badan, tulang dan rambut rapuh adalah gejala yang umum dari Menkes. Satu-satunya langkah pengobatan yang bisa dilakukan meskipun ini belum dianggap efektif adalah dengan melakukan metode injeksi tembaga di tubuh para pasien.

Sindrom Tangan Alien, Alien hand syndrome (AHS), Mirror Movement Disorder (MM)

Sindrom Tangan Alien, bahasa medisnya Alien hand syndrome atau Mirror Movement Disorder adalah gangguan penyakit saraf yang sangat langka dan menyebabkan gerakan tangan tidak teratur yang mana si penderita tidak tahu apa yang sedang terjadi ataupun dapat mengontrolnya.

Contohnya jari-jari tangan bergerak sendiri ketika kita sedang mengetik komputer. Bahkan dalam kasus ekstrim pernah dilaporkan seseorang memasukkan benda asing ke dalam mulutnya sendiri, dan ada juga yang pernah mencekek lehernya sendiri.

Sampai kini tidak ada yang mengetahui obat kesembuhan untuk Sindrom Tangan Alien. Namun, gejala dapat dikurangi atau dikendalikan. Memegang benda dengan tangan yang terinfeksi dapat menjadi ide yang baik untuk melatih otot syaraf agar perlahan-lahan bisa berfungsi normal kembali.

Filariasis Getah Bening (elephantiasis)

Filariasis getah bening yang dikenal juga dengan elephantiasis disebabkan oleh cacing parasit Filaria. Kasus dari penyakit ini tidak memiliki gejala pada awalnya, tapi bagian tubuh penderita akan bengkak seperti pada lengan, kaki atau organ genital. Dan bukan hanya bisa menyerang manusia saja tapi juga hewan. Pengobatan pernah dilakukan di beberapa kasus dengan pemberian antibiotik serta pensterilan luka.

penyakit langka

Pada tahap Filariasis limfatik akut yaitu adenolimfangitis akut (ADL) dan limfangitis filaria akut untuk proses penyembuhannya hanya melalui langkah operasi bedah dan itupun tidak menutup kemungkinan penyakit Filariasis ini akan muncul kembali di area tubuh berbeda. Di Indonesia sendiri penyakit ini dijuluki sebagai elefantiasis nama keren dari penyakit kaki gajah.

Cotard Delusion (Walking Corpse Syndrome, Schizophrenia)

Cotard Delusion merupakan penyakit gangguan mental/sindrom kejiwaan dari 20 penyakit langka dan aneh yang diidap manusia dimana si penderita berhalusinasi jika mereka telah benar-benar mati (mayat hidup). Beberapa kasus lainnya ditemukan para penderita justru berpikir sebaliknya yakni mereka percaya jika hidup mereka abadi dan tidak bisa mati.

Schizophrenia pun umum dialami oleh para penderita. Pengobatan umum pada penyakit Cotard Delusion biasanya menggunakan obat-obatan farmasi atau dengan hemodialisis yang cenderung dapat mengatasi semua gejala, itupun hanya sekedar meringankan bukan sebagai penyembuhan total.

Epidermodysplasia Verruciformis, Lewandowsky-Lutz dysplasia (Manusia Akar, Manusia Pohon)

Epidermodysplasia Verruciformis yang juga dikenal dengan penyakit manusia pohon atau manusia akar adalah penyakit genetik yang sangat langka diderita oleh manusia. Tubuh si penderita menjadi abnormal, noda merah kecoklatan, timbul kutil raksasa pada wajah, leher dan tubuh serta seluruh jaringan kulit akan timbul dan menebal layaknya kulit pohon.

Sayangnya, tidak ada pengobatan terbaik untuk penyembuhan penyakit Epidermodysplasia Verruciformis. Pengobatan satu-satunya hanya dengan cara pengangkatan seperti membuang kutil yang sudah membesar dan mengoleskan salep Cidofovir yang mengandung cito megalo virus untuk membunuh virus HPV. Inipun tidak menjamin kesembuhan total, seiring berjalannya waktu bibit-bibit kutil baru akan tumbuh kembali.

Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP)

Fibrodysplasia Ossificans Progressiva telah dikenal dengan Sindrom Manusia Batu. Sindrom langka dan aneh ini ditemukan pada koneksi jaringan tubuh dan diketahui sebagai mutasi dari mekanisme pemulihan tubuh. Penyakit ini menyebabkan jaringan berserat dalam penyusunan kembali tulang yang rusak. Sahabat kejadiananeh.com tahukah kamu kalau sang penderita Sindrom Manusia Batu, seluruh otot-otot tubuhnya akan mengeras seperti tulang, hingga si penderita akan kaku seperti robot .

penyakit aneh

Gejala paling mudah dikenali pada orang yang menderita FOP ini ialah biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir seperti malformasi jempol kaki ataupun tangan. FOP belum ditemukan obatnya sampai sekarang, hanya operasi bedah pembetulan (pelurusan) bentuk tulang yang dirasakan cukup efektif.

penyakit langka belum ada obatnya

Salah satu kasus Fibrodysplasia Ossificans Progressiva paling terkenal pernah dialami oleh wanita cantik asal Inggris bernama Ashley Kurpiel, tubuhnya hanya bisa terdiam kaku, tidak bisa digerakkan sama sekali dan sebagian ‘hilang’. Belum ditemukan obatnya sama sekali untuk penyakit aneh yang diderita oleh Ashley Kurpiel sampai ia meninggal dunia. Untuk melakukan operasi bedah tulang pun, Dokter meragukan kalau upaya ini tidak akan berjalan efektif. Horor bener cuy 😀

Polydactylism

Polydactylism, penyakit/kelainan yang menyebabkan munculnya anatomi jari tangan dan jari kaki bertambah dianggap sebagai salah satu penyakit umum yang terjadi setelah kelahiran. Satu dari 500 anak yang baru dilahirkan rentan mengalami Polydactylism, terlebih jika orang tua mereka sebelumnya juga mengalami kelainan Polydactylism dalam arti kata penyakit ini bisa diwariskan pada anak cucu keturunannya.

Jari tangan atau jari kaki tambahan tersebut cenderung merupakan jaringan tanpa tulang namun tetap keras layaknya tulang. Operasi penghilangan jari menjadi satu-satunya cara efektif yang bisa dilakukan agar fungsi jari-jari yang lain tidak terganggu akibat kemunculan jari tambahan yang tidak diundang tersebut.

Sahabat kejadiananeh.com, Polydactylism tidaklah sama dengan penyakit manusia kepiting atau lobster claw syndrome yang sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya. Karena Polydactylism bertambahnya jumlah jari sedangkan lobster claw syndrome jarinya hanya sedikit, berjumlah 4, 2 sampai 1 jari saja.

Argyria Syndrome

Argyria merupakan penyakit yang disebabkan karena terlalu sering terkena senyawa perak ataupun kelainan genetika. Gejala paling buruk dari penyakit Argyria Syndrome yaitu kulit akan berubah menjadi biru, perak kebiruan, nila atau warna ungu. Meskipun langka, penyakit argryria syndrome sebenarnya tidak berbahaya.

Karena terbukti penderitanya bisa hidup sampai usia delapan puluhan tahun. Langkah pengobatan sinar laser dipercaya dapat membantu mencerna perak walaupun di beberapa kasus, berakhir pada kematian.

Sindrom Proteus (Beckwith–Wiedemann syndrome)

Sindrom Proteus atau yang juga dikenal dengan Sindrom Wiedemann menyebabkan pertumbuhan kulit, tulang, otot, jaringan lemak, limfa, pembuluh darah yang tidak normal dan berlebihan pada tubuh manusia. Saat berjalannya waktu, si penderita akan mulai tumbuh tumor serta pertumbuhan kulit dan tulang yang tidak pada tempatnya, misalkan pada bagian tengkorak kepala. Resiko kematian dari Sindrom Proteus sangat tinggi dan minim untuk mendapatkan kesembuhan.

Dalam kasus penderita bernama Joseph Merrick, ia mati tercekik oleh berat kepalanya sendiri ketika sedang tertidur. Tak banyak jumlah angka penderita dari Sindrom Proteus, dari laporan yang ditemukan hanya ada 200 orang konfirmasi positif mengidap penyakit Sindrom Proteus dari seluruh dunia.

Tim dokter di Australia telah menguji sebuah obat untuk membantu para pasien yang terkena Sindrom Potreus dan inilah yang telah menjadi pilihan pengobatan paling efektif untuk sekedar meringankan penderitaan.

Sindrom Manusia Serigala (werewolf syndrome, Hypertrichosis)

Sindrom Manusia Serigala yang banyak dikenal dengan istilah Hypertrichosis merupakan penyakit dengan tumbuhnya rambut pada seluruh bagian tubuh hingga menyerupai hewan serigala. Ada dua tipe sindrom yang diketahui yaitu keseluruhan dimana rambut akan menutupi semua badan dan tipe yang hanya akan menutupi area tertentu saja seperti wajah.

penyakit langka manusia

Tidak ada obat untuk penyakit ini tapi dokter bisa mengendalikan gejala pada pasien dengan langkah pengobatan medis untuk sekedar menghentikan pertumbuhan hormon rambut atau bulu berlebih.

Porphyria

Sakit pada daerah perut, mual, neuropathy dan tenganggunya mental cenderung menjadi gejala paling umum pada penderita Porphyria. Legenda tentang Vampir atau mamang drakula, menurut penelitian medis kesehatan adalah disebabkan juga oleh penyakit Porphyria. Si penderita Porphyria akan memiliki masalah saat terpapar sinar matahari, penanganan yang mungkin bisa dilakukan satu-satunya seperti pada pengidap lupus.

Sindrom Wajah Singa (Leontiasis ossea, Lion Face Syndrome)

Penyakit sindrom wajah singa atau bahasa kerennya Leontiasis ossea memiliki karakteristik dengan pertumbuhan tulang wajah dan tengkorak yang berlebihan, contohnya gigi yang tumbuh di langit-langit mulut atau tumbuh di dalam rongga hidung.

Ukuran wajah yang melebihi batas normal akan menghalangi kemampuan mulut, hidung dan mengalami sinus. Hilangnya penglihatan total sangatlah umum terjadi sebab syaraf optik rusak karena terdesak tulang yang tumbuh atau membesar. Sampai kini penyakit aneh Sindrom Wajah Singa belum ada obatnya.

Progeria (Hutchinson-Gilford progeria syndrome)

Progeria, kesalahan kode genetik (mutasi) sangatlah langka dan terjadi pada 1 per 8 juta angka kelahiran manusia. Kelainan genetik yang langka ini akan berpengaruh pada usia yang mana penderita akan terlihat lebih tua dari umurnya.

Contohnya bayi atau anak kecil penampilan fisiknya akan terlihat seperti orang dewasa atau kakek-kakek, misalkan kulitnya keriput, tidak tumbuh gigi, kepala membesar, penyusutan otot wajah, berat badan menurun drastis, dan rambut mengalami botak permanen seperti orang dewasa.

Sahabat kejadiananeh.com, belum ada pengobatan yang terbukti efektif untuk menyembuhkan penyakit Progeria sampai saat ini. Kebanyakan pengobatan hanya berfokus untuk mengurangi gejala lanjut penderitaan saja seperti timbulnya aterosklerosis progresif yakni penyumbatan pembuluh darah yang jika tidak dilakukan penanganan cepat akan menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung yang berujung pada kematian.

Penyakit Hailey-Hailey (Hailey–Hailey disease, familial benign chronic pemphigus)

Penyakit Hailey-Hailey dikenal dengan ciri khas luka dan ruam yang muncul di kulit. Hal tersebut biasanya hilang dan muncul tanpa meninggalkan bekas luka. Setelah masa pubertas, penyakit Hailey-Hailey akan mulai terlihat adanya lecet dan luka pada permukaan kulit. Gejala dapat terjadi pada umur berapa pun. Tidak ada antibodi yang ditemukan untuk atasi penyakit kelainan genetik yang mustahil disembuhkan ini.

Cronkhite-Canada syndrome

Sindrom Cronkhite-Canada adalah penyakit langka nomor satu di dunia dimana para penderitanya akan menderita kehilangan indra perasa, munculnya polip pada usus, rontoknya rambut dan masalah pertumbuhan kuku. Sindrom Cronkhite-Canada rata-rata terjadi pada orang yang lanjut usia, sekitar umur 59 tahun ke atas.

Dalam laporan jurnal kedokteran pada 50 tahun terakhir, hanya ada 400 kasus yang didokumentasikan, khususnya jumlah angka penderita Cronkhite-Canada syndrome paling banyak ditemukan di negara Jepang.

Sindrom Parry-Romberg (atrofi hemifacial progresif)

Sindrom Parry-Romberg adalah sebuah kelainan yang para Dokter pun masih belum paham bagaimana para pasien bisa mendapatkan penyakit paling langka dan aneh tersebut. Biasanya gejala umum akan terlihat sebelum umur 20 tahun. Gejala tersebut termasuk kulit dan jaringan lunak pada sebagian wajah mulai menyusut sehingga wajah penderita akan terlihat tidak simetris.

Dengan kata lain penyusutan bertingkat dan mengalami degenerasi jaringan di bawah lapisan kulit dan hanya terjadi pada satu sisi wajah (atrofi hemifacial). Penyakit langka ini juga biasanya disertai dengan gejala gangguan syarat berat pada anatomi mulut, hidung dan mata. Lagi-lagi penyakit ini belum berhasil ditemukan obatnya sampai sekarang.

Lamprey Disease, Penyakit Belut Lamprey atau Kulit bolong yang Bikin Merinding (Lamprey Disease)

Sahabat kejadiananeh.com, kamu tahu Trypophobia? Ituloh phobia berlebihan terhadap lubang-lubang kecil yang hampir rata-rata semua orang menderitanya, termasuk saya hehehe. Jadi Trypophobia ini adalah ketakutan atau cemas berlebihan jika melihat objek gambar berlubang misalkan melihat sarang tawon, biji bunga, gelembung atau lubang-lubang di sebuah permukaan seperti pori-pori kulit, luka yang dipenuhi lobang-lobang dan belatung.

Padahal gambar tersebut hanyalah sebuah editan. Tapi dijamin si penderita Trypophobia ini akan mengalami mual, keringat dingin, perasaan tidak nyaman, bulu kuduk merinding sampai pingsan.

Penyakit aneh dan langka manusia yang belum ada obatnya

Mirip seperti kasus Phobia lubang-lubang kecil, pernah dilaporkan ada fenomena penyakit aneh dan langka Lamprey Disease atau penyakit belut Lamprey, dimana si penderita bagian bola matanya akan tumbuh gigi-gigi kecil seperti pada mulut belut Lamprey.

Sangat menyeramkan dan bikin bulu ketek kita merinding disko melihatnya. Terlebih penyakit ini dikabarkan belum ditemukan obatnya sama sekali, dan hanya dalam waktu hitungan bulan saja si penderita akan meninggal dunia. Tapi untungnya kabar tentang penyakit langka Belut Lamprey ini cuma Hoax saja hehehe 😀

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wapres: Polri Harus Tuntaskan Kasus Ahok

9 Rahasia Terbesar Kenapa Mi Instan Buatan Burjo Selalu Lebih Maknyus Dibanding Buatan Sendiri