,

5 Cara Jitu Mengusir Kantuk Tanpa Harus Minum Kopi

Ngantuk atau mengantuk adalah sebuah keinginan dari diri kita untuk segera tidur. Biasanya rasa kantuk itu datang karena kurang tidur, kurang olahraga ataupun lelah beraktifitas. Biasanya, saat mengantuk kebanyakan orang akan mencari segelas kopi untuk mengusir rasa kantuk tersebut.

Baca Juga :  13 Hal Penangkal Ngantuk di Hari Kerjamu yang ‘Genting’

Tapi bagaimana yaa jika ternyata persediaan kopi habis? Atau kamu tipe orang yang tidak menyukai kopi? Jangan khawatir, karena masih banyak cara lain untuk mengusir rasa kantuk itu. Seperti yang sudah team Boombastis rangkum di bawah ini.

1. Makanan Pedas

Makanan pedas ternyata bisa mengusir rasa kantuk dan membuat kita tetap terjaga nih. Karena saat makan makanan dengan rasa pedas, itu dapat meningkatkan debaran pada jantung kita. Selain itu tubuh kita juga akan terasa segar, karena rasa pedas bisa merangsang sirkulasi darah.

Sambal Terasi, Nikmat Dan Menggugah Selera - (c)janetdeneefe
Sambal Terasi, Nikmat Dan Menggugah Selera [ImageSource]

Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan rasa ini. Apalagi jika kamu termasuk orang yang tidak tahan dengan rasa pedas atau kamu penderita penyakit maag. Karena takutnya, justru kesehatan kamu yang akan bermasalah nantinya.

2. Cokelat

Cara menghilangkan kantuk selanjutnya adalah dengan makan cokelat. Siapa yang tidak menyukai cokelat, rasanya yang manis dan lembut itu sering membuat kita ketagihan. Tapi, saat ini pilihlah cokelat yang berwarna gelap, atau biasa disebut dengan “dark cokelat”.

Dark Chocolate Yang Mengandung Sedikit Gula
Dark Chocolate Yang Mengandung Sedikit Gula [ImageSource]

Cokelat hitam dapat mengangkat hormon-hormon bahagia dalam diri kita. Kita pun akan kembali bersemangat setelah memakannya. Kenapa harus cokelat hitam? Karena kandungan kakao di dalamnya lebih banyak dibanding kandungan gula. Jadi, kita tidak usah khawatir akan bahaya kencing manis.

3. Buah Apel

Buah apel, selain nikmat dan mengandung banyak vitamin juga dapat menghilangkan rasa kantuk pada diri kita loh. Buah berwarna merah ini mengandung fruktosa, yang tidak lain adalah gula alami. Zat itulah yang dapat membuat tubuh kita tetap segar dan terjaga saat beraktifitas.

Apel sehat dan menyegarkan
Apel sehat dan menyegarkan [ImageSource]

Rasa manisnya dapat menyegarkan tubuh kita, mulai dari mulut, kerongkongan, otak hingga mengalir keseluruh ubuh kita. Selain itu, buah apel memang sangat nikmat bukan. Kita bisa memakannya begitu saja atau dibuat jus tanpa gula. Membayangkannya saja sudah terasa kesegarannya.

4. Air Putih

Salah satu penyebab rasa kantuk adalah dehidrasi, yakni kekurangan cairan pada tubuh. Dan cairan yang paling baik untuk tubuh adalah air putih. Dan sudah banyak yang merasakannya, bahwa kesegaran air putih dapat menghilangkan rasa kantuk pada diri kita.

Air Putih, Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh
Air Putih, Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh [ImageSource]

Saat terlalu sibuk beraktifitas, kita memang sering kali lupa untuk minum. Jangan pernah lupa untuk sering minum air putih. Rutinlah untuk minum air putih, terutama saat baru bangun dan saat akan tidur. Saat mengantuk? cobalah juga air putih ini. Dijamin rasa kantuk akan segera pergi.

5. Permen Karet

Cara terakhir adalah dengan memakan permen karet. Memang tidak terlalu sehat, karena seperti yang kita tahu dalam sebuah permen mengandung banyak zat gula. Tapi untuk sekali-sekali, rasanya tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.

Bola-Bola Permen Karet
Bola-Bola Permen Karet [ImageSource]

Permen karet memang bisa mengusir rasa kantuk. tetapi sebenarnya bukan permennya, akan tetapi aktifitas kita saat mengunyah permen itulah yang membuat kita tidak jadi mengantuk. Mulut, gigi dan otot rahang yang bergerak-gerak itu membuat kita tetap segar dan terjaga.

Baca Juga :  7 Pekerjaan Ini Bisa Dicuri Robot dari Kita

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan rasa kantuk selain dengan meminum kopi. Sangat mudah bukan? Akan tetapi ada yang lebih mudah, bukan menghilangkan rasa kantuk akan tetapi mencegah datangnya rasa kantuk. Dengan cara apa? Sebelum memulai beraktifitas, rutinlah untuk melakukan sarapan dengan gizi seimbang dan hindari kafein. Selamat mencoba.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Museum Diubah Jadi Kolam Bola Plastik, Malah Banyak Pengunjungnya

Bus Mira terguling di Madiun, seorang pemudik tewas