,

5 Cara Sukses Mendapatkan Keberkahan Ramadan

Tentu kita tidak ingin Ramadan tahun ini hanya dilewati begitu saja tanpa memanfaatkannya sebaik mungkin, sebagai ladang amal untuk memperbanyak pahala.

Selain ibadah wajib seperti shalat, puasa dan zakat, tentu kita harus mengetahui amalan-amalan lainnya agar kita mendapatkan keberkahan bulan suci Ramadan,  seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah berikut ini.

1. Puasa Ramadan Dengan Kesungguhan

Tak ada yang bisa menilai kualitas ibadah seseorang dan pahala yang didapatkan, kecuali Allah SWT sendiri. Termasuk juga dalam hal ibadah puasa di bulan ramadan, Allah telah menjanjikan pahala yang besar dan berlipat di bulan ini, bagi kaum muslimin yang sungguh-sungguh berpuasa.

Puasa dengan sungguh-sungguh
Puasa dengan sungguh-sungguh [ImageSource]

Tentu kita tidak ingin hanya mendapatkan rasa lapar dan haus saja bukan? Oleh karena itu, sebaiknya kita memperhatikan bagaimana ibadah puasa yang baik seperti yang diajarkan oleh Rasulullah. Selain itu, kita juga menghindari perbuatan-perbuatan buruk yang justru akan merusak ibadah.

2. Memperbanyak Ibadah

Tak hanya ibadah wajib seperti puasa, shalat dan zakat yang harus kita lakukan, tapi juga sunah-sunah Rasulullah. Ada banyak sekali ibadah sunah yang bisa kita kerjakan, salah satunya yang hanya bisa dikerjakan di bulan ramadan adalah shalat terawih.

Ibadah shalat
Ibadah shalat [ImageSource]

Tentu orang yang mengerjakannya dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan pahala yang besar dan ampunan dari Allah SWT. Ibadah lain seperti Umrah dan bershadaqah juga sebaiknya dilakukan.

3. Perbanyak Berdoa

Bulan ramadan adalah bulan penuh berkah bagi semua umat muslim di dunia ini. Ibadah-ibadah dan perbuatan mulia di bulan ini diganjar dengan pahala yang berlipat ganda, lalu apakah Anda masih mau menyia-nyiakan waktu istimewa di bulan ini? Kita belum tentu bisa merasakan bulan ramadan tahun depan, karena tidak ada yang tau kapan seorang manusia akan meninggal.

Berdo'a
Berdo’a [ImageSource]

Dan salah satu aktifitas yang tidak membutuhkan kekuatan fisik seperti puasa adalah berdo’a. Kita dianjurkan untuk senantiasa berdoa setiap waktu, apalagi di bulan ramadan yang merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk memperbanyak zikir, do’a dan istighfar.

4. Menuntut Ilmu dan Berdakwah

Setiap aktifitas baik yang kita lakukan di bulan ramadan akan diganjar dengan pahala yang berlimpah, bahkan tidur pun juga bisa disebut ibadah. Alangkah lebih baiknya jika momen bulan ramadan dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu pengetahuan, lebih-lebih jika bisa menyampaikannya kepada orang lain.

Berdakwah
Berdakwah [ImageSource]

Kondisi tubuh, baik hati dan pikiran saat bulan ramadan dipercaya lebih jernih dan sehat. Sehingga seseorang akan lebih mudah menerima ilmu. Ba’da shubuh, ba’da dhuhur dan menjelang berbuka adalah waktu-waktu yang tepat untuk menuntut ilmu dan juga berdakwah menyampaikan ilmu tersebut.

5. Mencari Lailatul Qadar

Allah SWT masih menambahkan kemuliaan di bulan ramadan yaitu adanya lailatul qadar di salah satu malam di bulan tersebut. Keistimewaan yang didapatkan oleh orang yang beramal shaleh pada malam lailatul qadar akan mendapatkan pahala amal yang sebanding dengan amal yang dilakukan selama seribu bulan.

Mencari malam lailatul qadar
Mencari malam lailatul qadar [ImageSource]

Karena malam tersebut sangat istimewa, maka waktu datangnyapun dirahasiakan oleh Allah SWT. Sebaiknya kita tetap melakukan amal kebaikan di seluruh malam bulan ramadan.

Itulah amalan-amalan shaleh yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dalam berusaha mendapatkan kebaikan di bulan ramadan yang penuh berkah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 Roller Coaster Paling Gila yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup Anda

Roller Coaster Ini Mampu Melesat Secepat Mobil Balap F1!