,

5 Kasus Malpraktek Yang Terjadi Di Dunia Mengerikan

5 Kasus Malpraktek Yang Terjadi Di Dunia Mengerikan ~ Banyak orang merasa takut untuk memeriksakan diri ke rumah sakit, apalagi jika harus melakukan operasi akibat penyakit yang dideritanya. Rasa takut tersebut cukup beralasan mengingat banyaknya kasus malpraktek yang terjadi hampir setiap hari di seluruh dunia. Kesalahan medis tersebut sangat mengerikan bahkan tak jarang harus dibayar dengan nyawa.

Berikut ini daftar 5 kasus malpraktek yang terjadi di dunia mengerikan dan mengkhawatirkan.

1. Transplantasi jantung yang salah

5 kasus malpraktek yang terjadi di dunia mengerikan

Jessica Santillan, seorang gadis asal Mexico yang berumur 17 tahun, harus meregang nyawa 2 minggu setelah operasi transplantasi jantung yang salah. Mereka yang bertanggungjawab akan hal ini adalah para dokter dari Duke University Medical Center. Mereka ternyata gagal melakukan diagnosa kompatibilitas golongan darah sebelum operasi tersebut dimulai.

Gadis yang sengaja datang ke Amerika Serikat 3 tahun sebelumnya demi mencari pengobatan untuk jantungnya itu akhirnya menghadapi kematian karena menerima jantung dari donor yang salah. Golongan darahnya adalah tipe O, sedangkan donor memiliki golongan darah tipe A. Berdasarkan kasus ini, rumah sakit harus membayar ganti rugi yang cukup banyak namun tidak disebutkan berapa jumlah pastinya.

2. Operasi otak yang salah

5 kasus malpraktek yang terjadi di dunia mengerikan

Seorang wanita berusia 82 tahun, pada bulan Nopember 2007 harus menjalani operasi di Rhode Island Hospital karena pendarahan pada otaknya. Pada rangkaian operasi tersebut, dokter mengebor kepala kanannya meski jelas-jelas dalam CT scan tergambar pendarahan terjadi pada otak bagian kiri. Untung saja, dokter segera menyadari kesalahannya tersebut.

Namun yang menjadi masalah adalah, kejadian seperti itu tidak hanya sekali terjadi. Bahkan tercatat dalam setahun para dokter di Rhode Island Hospital telah melakukan kesalahan dalam operasi sebanyak 3 kali. Dalam salah satu kasusnya, pasien pun harus kehilangan nyawa akibat malpraktek yang dilakukan. Atas kesalahannya tersebut pihak RS hanya dikenakan ganti rugi sebesar 50 ribu dollar saja.

3. Benda asing tertinggal sepanjang 33 cm

5 kasus malpraktek yang terjadi di dunia mengerikan

Donald Church, seorang pria berusia 49 tahun, pada bulan Juni 2000 terpaksa melakukan operasi pengangkatan tumor di perutnya. Operasi tersebut dilakukan di University of Washington Medical Center, Seattle. Tumornya memang berhasil diangkat, namun pasca operasi, Church malah merasakan sakit yang luar biasa di perutnya.

Hasil foto sinar-x menemukan bahwa sebuah peralatan kesehatan yang disebut retractor sepanjang 33 cm tertinggal dalam perutnya. Mirisnya kejadian ini bukan yang pertama terjadi di RS tersebut. Tercatat selama 3 tahun terakhir, telah ada 4 kasus serupa. Untungnya tidak ada pasien yang mengalami kematian akibat kelalaian para dokter tersebut. Meski demikian, pihak RS tetap harus membayar biaya ganti rugi kepada Donald Church sebesar 97 ribu dollar.

4. Salah amputasi

5 kasus malpraktek yang terjadi di dunia mengerikan

Salah satu dari 5 kasus malpraktek yang terjadi di dunia mengerikan adalah salah amputasi. Seorang pasien bernama Willie King berusia 52 tahun harus kehilangan salah satu kakinya yang masih sehat akibat kesalahan prosedur amputasi di bulan Pebruari 1995. Salah amputasi ini akibat dari kesalahan demi kesalahan pada prosedur operasi.

Kasus ini bermula dari kesalahan perawat dalam membuat laporan dan kealpaan dokter mengecek ulang hasil laporan. Ketika di tengah operasi, dokter pun menyadari telah membuat kekeliruan namun sudah terlambat.

Akibat malpraktek ini, tim dokter dan perawat yang bertugas pada saat itu dibebastugaskan dari jabatannya serta harus membayar biaya ganti rugi sebesar 250 ribu dollar. Sedangkan pihak RS sendiri harus membayar ganti rugi sebesar 900 ribu dollar kepada pasien.

5. Membuang organ yang salah

5 kasus malpraktek yang terjadi di dunia mengerikan

Tahun 2014 kemarin, terjadi malpraktek yang mengerikan di Queen’s Hospital di Essex. Seorang ibu muda berusia 32 tahun, Maria de Jesus sedang hamil 20 minggu namun harus melakukan operasi darurat karena penyakit usus buntu yang dideritanya. Karena hari tersebut adalah hari libur dan dokter senior tidak ada di tempat, operasi pun dilakukan oleh seorang dokter muda.

Alih-alih mengoperasi usus buntunya, dokter muda ini malah membuang indung telur ibu yang sedang hamil ini. Malpraktek ini pun baru ketahuan setelah 3 minggu kemudian, ketika sang ibu merasakan sakit luar biasa karena usus buntunya yang memang belum ditangani.

Namun sayang, dua hari setelah dibawa kembali ke RS tersebut, ibu muda itu pun meninggal di meja operasi. Anehnya, dokter muda itu masih juga bekerja di sana meskipun telah melakukan malpraktek mengerikan!

Itulah 5 kasus malpraktek yang terjadi di dunia mengerikan! Jadi, bukan salah pasien jika ketakutan dengan serangkaian operasi, namun justru petugas medis yang seharusnya menanyakan pada diri sendiri, sudahkah Anda berkompeten menjalankan tugas ini karena kesalahan Anda adalah nasib buruk bagi seseorang selamanya.

 

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Bullying Siswi SMAN 3 Jakarta Dipaksa Merokok Dan Pakai Bra

Inilah Sifat Wanita yang Lahir di Bulan Mei