,

5 Kegagalan Software yang Paling Merugikan di Dunia

5 Kegagalan Software yang Paling Merugikan di Dunia | Namanya produk manusia, pasti tidak ada yang sempurna. Akan tetapi begitu kesalahan ini terjadi sewaktu membuat supersripts dalam pemrograman sebuah perangkat lunak, maka kerugian miliaran dollar mampu terjadi kurang dari 60 detik. Simak 5 kegagalan perangkat lunak berikut ini yang dikutip dari kaskus.co.id : (Baca juga: manusia pertama yang berjalan di luar angkasa)

1. Orbiter Mars Crashes

Orbiter Mars Crashes merupakan kontraktor yang diberi tanggung jawab dalam perencanaan sistem navigasi NASA dan mendapat spesifikasi pembuat perangkat lunak. Namun bukannya memakai sistem metrik, sang kontraktor malah melakukan pengukuran memakai satuan imperial. Akibatnya, pesawat ruang angkasa menabrak Mars dan menelan kerugian lebih dari US$125 juta.

2. Ariane 5 Flight 501

Mesin satelit ini jauh lebih cepat daripada model-model sebelumnya tetapi mempunyai bug alat lunak yang tak terasa sebelumnya. Satelit diluncurkan dan setelah 36,7 detik mengudara, seketika rusak sendiri dan berubah jadi bola barah yang mewah. Anggaran pembuatan satelit diperkirakan meraih US$8 miliar dengan membawa muatan senilai US$500 juta dolar yang hancur seketika.

3. EDS Fails Child Support

Sekitar 6 tahun yang lalu, kontraktor EDS menciptakann sebuah sistem teknologi informasi cukup kompleks yang dipesan CSA (Child Dukungan Agency) atau Badan Support Anak di Inggris. Alat ini rupanya tidak kompatibel dengan restrukturisasi yang telah direncanakan, sehingga menyebabkan banyak kesalahan.  Diperkirakan anggaran kerugian sejak saat itu sampai sekarang ini mencapai US$1 miliar.

4. Soviet Gas Pipeline Explosion

Tahun 1982, CIA mengklaim apabila Uni Soviet sedang dalam aktifitas mencuri teknologi terpenting AS. CIA kemudian mengirim bug alat lunak ke dalam sistem yang akan bekerja sedemikian rupa, oleh karena itu terjadi lahrekayasa operasional. Akibatnya, muncul ledakan dahsyat yang tak terlupakan.

5. Black Monday

Pada tahun 1987, sebuah inspeksi menyebabkan pasar saham yang sedang naik tiba-tiba turun secara signifikan. Penyelidikan ini mempengaruhi pemegang saham untuk membuang saham mereka. Akan tetapi respon analisis komputer yang muncul, malah makin merusak sistem pasar kapital. Akibatnya, nilai pasar jatuh dengan cepat dan tak ada opsi tidak hanya untuk melikuidasi saham.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Hal Paling Ditakuti Wanita Saat Melakukan Seks

Anjing Aneh di Dunia Yang Menjelajah 1700km Dari China ke Tibet