,

7 Foto Misterius Yang Pernah Tertangkap Kamera

Sebuah foto memang memiliki cerita sendiri di dalamnya. Banyak kenangan yang bisa diambil hanya dengan satu foto. Tak jarang, orang-orang dulu menyimpan kumpulan foto-fotonya dengan rapi dalam sebuah album foto. Bukan hanya foto personal, kejadian-kejadian besar juga banyak diabadikan oleh para fotogafer dimasanya dan tersimpan didalam sebuah museum.

Baca Juga : 10 Makam Misterius Dan Paling Berhantu di Dunia

Seperti foto-foto dibawah ini. Merupakan serangkaian foto yang diambil dari beberapa kejadian di masa lalu. Namun foto-foto tersebut memiliki cerita misterius yang masih belum terpecahkan hingga sekarang.

1. Pertempuran Antietam, Foto Alexander Gardner

Jika kamu ingat Pertempuran Antietam ditahun 1862, pasti kamu juga tahu foto seperti apa dibawah ini. Pertempuran yang terjadi di Sharpsburg, Maryland ini merupakan pertempuran paling berdarah dalam sejarah Amerika. Moment pertempuran ini juga diabadikan oleh seorang fotografer terkenal yang bernama Alexander Gardner.

Pertempuran Antietam, Foto Alexander Gardner
Pertempuran Antietam, Foto Alexander Gardner [Image Source]

Nampak dalam foto tersebut beberapa tentara mati dalam medan perang. Namun fakta mengejutkan datang di tahun 1893 yang mengatakan foto tersebut hanyalah rekayasa. Gardner sengaja mengumpulkan beberapa mayat tentara dan mengambilkan gambarnya seolah banyak korban yang mati agar terlihat lebih dramatis.

2. Pertemuan Ronald Reagan dan Vladimir Putin, Foto Peter Souza

Ya, sekitar tahun 1988 Presiden Ronald Reagan melakukan perjalanan ke Moskow dan mengunjungi Red Square. Reagan berkunjung dengan beberapa orangnya dan sempat tertangkap kamera berjabat dengan seorang anak muda. Foto tersebut diabadikan oleh fotografer yang sekarang bekerja di gedung putih, Peter Souza.

Pertemuan Ronald Reagan dan Vladimir Putin, Foto Peter Souza
Pertemuan Ronald Reagan dan Vladimir Putin, Foto Peter Souza [Image Source]

Didalam foto tersebut ternyata mengundang misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan. Sesosok orang dibelakang anak kecil dengan baju kaos serta memiliki rambut pirang ini sedikit familiar. Ya, banyak yang menyebutkan bahwa foto lelaki itu mirip dengan Vladimir Putin. Namun Peter Souza menyangkal, ia mengatakan bahwa lelaki itu hanyalah turis biasa.

3. Khmer Rouge, Foto Tidak Diketahui

Sekitar tahun 1960-an hingga 1970-an, Khmer Rouge atau Khmer Merah merupakan sebuah partai komunis yang berada di Kamboja. Partai yang dipimpin oleh Pol pot ini berhasil menggulingkan kekuasaan dan menjadi pemimpin Kamboja. Siapa sangka akibat kepemimpinannya, beberapa pejabat tinggi dan kaum intelektual menjadi korban pembunuhan massal.

Khmer Rouge, Foto Tidak Diketahui
Khmer Rouge, Foto Tidak Diketahui [Image Source]

Mereka menggunakan sekolah untuk dijadikan pusat introgasi. Sebanyak 17.000 orang dalam empat tahun masuk ke dalamnya dan kurang dari 10 orang selamat dari tempat tersebut. Para tawanan disiksa selama berhari-hari, dipukuli sampai mati dan dibuang di kuburan massal. Sekitar 6.000 foto para korban ditemukan namun tidak diketahui siapa pemiliknya.

4. Orang Pertama di Kamera Pertama, Foto Louis Daguerre

Siapa yang tidak kenal dengan Louis Daguerre. Ialah seniman dan kimiawan asal Perancis yang terkenal dengan Fotografi Daguerreotype-nya. Ketika bereksperimen dengan temuannya, Louis mengambil sebuah gambar dijalanan Paris. Tak disangka foto pertamanya ini memiliki cerita misterius didalamnya.

Orang Pertama di Kamera Pertama, Foto Louis Daguerre
Orang Pertama di Kamera Pertama, Foto Louis Daguerre [Image Source]

Louis menangkap sebuah jalan di Paris dimana terdapat seorang lelaki yang tidak ia kenal. Pada kamera pertama, foto pertama dan orang pertama menjadi sebuah kenangan yang tidak bisa Louis lupakan. Hingga saat ini tidak diketahui siapa orang yang menjadi model Louis saat itu.

5. Tipuan Foto Kapal CSS Georgia

Sebuah kapal perang konfederasi disebutkan tidak pernah difoto oleh siapapun. Namun sekitar tahun 1980-an, seseorang yang bernama John Potter mengaku pernah melihat foto kapal tersebut dijual. Namun John gagal membeli foto berharga tersebut karena tidak memiliki uang yang cukup sampai penjual dan fotonya menghilang.

Tipuan Foto Kapal CSS Georgia
Tipuan Foto Kapal CSS Georgia [Image Source]

Tahun 2014 lalu, seseorang ingin membantu mencari pemilik foto. Tapi cukup mengejutkan, bulan April lalu John Potter mengatakan kepada media bahwa ia berbohong tentang foto Kapal CSS Georgia. Dilain pihak, teman Potter mengatakan gambar tersebut memang ada dan berada ditangan Potter. Dia mengklaim, bahwa ini adalah strategi Potter untuk mendapatkan harga yang tinggi atas foto tersebut.

6. Foto Berwarna Yang Pertama, Foto Levi Hill

Tahun 1851, Levi Hill mengklaim bahwa dirinya berhasil menciptakan gambar berwarna. Ia menggunakan perangkat yang dikenal dengan hillotype. Levi juga mengaku telah memilii 45 foto berwarna lainnya selain foto dibawah ini.

Foto Berwarna Yang Pertama, Foto Levi Hill
Foto Berwarna Yang Pertama, Foto Levi Hill [Image Source]

Menurut seorang ahli Daguerreotype, foto-foto Levi diasumsikan sebagai penipuan. Mengingat bahwa Levi Hill bukanlah orang ahli didalam ilmu terbut. Setelah dianggap sebagai penipu, Levi menghilang secara misterius dan tidak pernah terdengar lagi.

7. Korban Pembunuhan Berantai

Bukan hanya seorang fotografer saja yang bisa mengabadikan moment berharga, seorang pembunuh berantai asal California ini juga tidak mau kalah dengan adanya kamera. Lonnie Franklin membunuh sekitar 11 wanita dalam 25 tahun dan diyakini telah membunuh puluhan orang yang lain.

Korban Pembunuhan Berantai
Korban Pembunuhan Berantai [Image Source]

Setelah tertangkap pada tahun 2009 lalu, polisi menemukan lebih dari 180 foto wanita darinya. Namun foto-foto tersebut masih misterius. Polisi belum mengetahui apa yang tejadi pada mereka. Sekitar 38 foto wanita dikatakan hidup, dibius, sadar atau meninggal dan tidak tahu apa yang sedang terjadi.

Baca Juga : 4 Kasus Penjelajahan Waktu Paling Misterius dan Belum Terpecahkan

Sebuah foto bisa saja memiliki ribuan arti didalamnya. Tergantung siapa disana, apa yang dilakukan, siapa yang melakukan dan siapa yang melihat. Semua yang dilihat kadang menipu sehingga tak jarang kejahatan dalam dunia fotografi ditemukan. Well, foto mana yang paling misterius menurut mu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknologi Futuristik Yang Ternyata Sudah Tercipta

Wahana Roller Coaster Terbesar Dari Kayu Asal China, Berani Naik?