,

7 Hal Sepele yang (Sadar) Engga Sadar Bisa Mengurangi Ibadah Puasa Kamu

Udah masuk puasa hari kedua aja nih, Kawan Muda. Niat kamu buat terus nahan hawa dan nafsu masih kuat engga? Atau jangan-jangan udah mulai kendor?

Ngejalanin ibadah dan ngelakuin hal baik emang engga mudah, apalagi di bulan Ramadhan kayak gini. Di sepanjang prosesnya, pasti ada aja tantangan yang harus kamu hadapin, mulai dari hal yang serius dan berat banget sampai hal yang terkesan sepele tapi ngegoda banget.

Nah, ngomongin hal-hal yang sepele, biasanya orang-orang tuh suka cenderung (sadar) engga sadar kalau sebenarnya hal-hal itulah yang harus lebih mereka waspadain. Dengan kata lain, banyak orang terkesan lebih ngegampangin atau ngeremehin hal-hal tertentu yang kelihatannya remeh. Berikut ini adalah 7 di antara sekian banyak hal sepele yang berpotensi mengurangi nilai ibadah puasa kamu:

1. Postingan #foodporn

Mud and Chocolate Hazelnut Ice Cream on a Hong Kong Waffle

A post shared by LUCHEE 🙆 (@lucheefood) on

Lagi nge-scroll feed Instagram, eh tiba-tiba ada postingan #foodporn. Awalnya sih niatnya emang cuma mau buka akunnya buat ngecek lebih lanjut soal restorannya. Tapi, pas udah ngelihat postingan makanan dan minuman lainnya, kamu malah langsung ngebayangin kayak gimana rasanya dan akhirnya nelen ludah. Padahal mah bedug buka puasa udah tinggal 5 menit lagi tuh.

2. Ngeludah

Engga cuma nelen ludah, ngeludah pun pada dasarnya bisa jadi hal yang engga baik dan ngebatalin puasa kamu. Coba aja kamu lagi naik motor terus ngeludah dan ternyata ludahnya malah (sorry to say) ada yang nyisa di mulut kamu terus kamu jilat atau seruput lagi. Kalau engga, coba aja kamu tarik ulur ludah kamu, dijamin sedikit banyak pasti bakal ketelen dan akhirnya ngurangin nilai puasa kamu

3. Macet

Kamu mungkin udah engga perlu dikasih tahu kalau hal yang satu ini memang bisa nguji kesabaran kamu. Namun demikian, sekedar ngingetin lagi, macet sebenarnya engga cuma bisa nguji kesabaran kamu, tapi juga ketahanan mata dan nafsu kamu. Misalnya aja kalau pas lagi macet tiba-tiba ada cewek cantik pakai rok lewat terus roknya ketiup angin, kamu yakin bisa tahan buat engga nengok dan buru-buru ngalihin perhatian?

4. Tidur

Selain bisa jadi salah satu pilihan kegiatan buat nunggu waktu buka puasa, tidur juga bisa jadi salah satu bentuk ibadah kamu selama puasa. Meski begitu, kamu tidurnya sama siapa, di mana, dan mikirin atau mimpiin apa nih, Kawan Muda? Kalo tidurnya sama lawan jenis yang bukan muhrim, di hotel, terus ngebayangin yang engga-engga, ya itu mah jelas bakal batal.

5. Nonton ‘Uttaran’

(Sumber: kenapa.xyz)

Lah, kok nonton ‘Uttaran’ aja bisa bikin batal puasa? Ya bisalah kalau kamu nontonnya nafsu banget. Apalagi kalau ada yang berniat buat ngeganti saluran TV atau ngumpetin remot TV-nya terus kamu langsung murka sampai mau ngambil parang segala, itu namanya engga berkurang lagi, tapi batal puasa.

6. Galau

Galau dalam batas wajar sih sebenarnya masih sah-sah aja. Yang engga wajar itu adalah kalau kamu galau keingat mantan dan kemudian mutusin buat ngeringkuk di bawah shower sambil mangap buat nelenin airnya. Iya sih kamu emang haus gara-gara puasa. (Tapi, engga usah sampai segitunya juga kali).

7. Berhitung

Selama puasa kamu memang engga dilarang buat berhitung, apalagi ngerjain pr atau tugas yang berbau hitung-hitungan kayak matematika dan fisika. Oleh karena itu, berhitung yang bisa ngurangin nilai puasa di sini adalah kalo saat ngabuburit kamu ngitungin berapa lama lagi waktu buka puasa sambil ngopi atau ngemil gorengan. Itu mah sama aja bohong, Kawan Muda! He-he.

Source : genmuda

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Aplikasi Wajib Ini Harus Ada di Ponselmu Agar Puasamu Semakin Barokah

Waduh! Polwan berjilbab ditampar pemilik hotel saat razia sabu