,

8 Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki dan Tangan Paling Cepat

Pernah menderita kapalan, pasti rasanya nyebelin banget yah? Gak sedep banget dipandang mata, kaya melihat pantat burik. Buat kamu yang belum tahu, Kapalan merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut bagian kulit yang mengalami penebalan. Kulit-kulit yang mengalami penebalan tersebut biasanya ada di area khusus seperti telapak kaki, tumit, jari-jari tangan dan lain-lain. Kapalan menyebabkan kulit menjadi terasa kasar sehingga bagi sebagian orang kapalan tidak membawa kenyamanan dan bikin penampilan gak keren, sehingga mau gak mau harus dihilangkan.

Cara menghilangkan kapalan di kaki dan tangan paling cepat tidak harus dengan biaya mahal, misalnya dengan langkah operasi bedah kulit. Karena masih ada cara unik mengatasi kapalan permanen yang bisa dilakukan dengan mudah, murah dan tentunya aman untuk dilakukan dirumah. Cobain deh kalau gak percaya, dijamin kulit makin bertambah mulus dan montok 😀

1. Kopi dan Minyak Zaitun

Pernah luluran gak? Buat cowok pasti merasa aneh, tapi kalau cewek mah sudah hobi yang namanya luluran. Nah cara menggunakan kopi berpadu minyak zaitun ini tak jauh berbeda. Cukup kita campur dan buatlah menjadi lulur scrub tanpa menambahkan bahan lain seperti air.

Masukkan ke dalam wadah botol, dan lulur kopi ini bisa kamu gunakan kapan saja. Banyak loh orang-orang yang sudah membuktikan khasiat lulur kopi dan minyak zaitun untuk membasmi kulit kapalan membandel.

cara menghilangkan kapalan

2. Air lemon dan cengkeh

Lemon merupakan salah satu buah yang dikenal memiliki banyak khasiat penting untuk kesehatan tubuh. Begitupun halnya dengan lemon, cengkeh juga merupakan produk perkebunan dan obat-obatan yang mempunyai senyawa yang dapat mengusir penyakit di dalam tubuh. Karena itulah bagi kamu yang bermasalah dengan kapalan dan ingin menghilangkan kapalan dengan cepat, menggunakan lemon dan cengkeh merupakan pilihan yang tepat.

Langkah-langkah untuk menghilangkan kapalan dengan cepat, kamu bisa menyiapkan air lemon yang digunakan untuk merendam cengkeh. Kamu tidak perlu merendam cengkeh dalam air lemon terlalu lama, cukup 15 sampai 20 menit saja.

Setelah cengkeh direndam selama kurun waktu tersebut di dalam air lemon, cengkeh harus dikeluarkan. Ramuan pun siap digunakan dengan cara mengoleskannya pada kulit yang menebal. Ingat jangan kasar-kasar waktu mengoleskannya dan ini juga harus dilakukan secara rutin setiap hari.

3. Baking soda

Siapa yang tidak kenal baking soda. Bahan pembuat kue yang satu ini ternyata juga ampuh untuk menghilangkan kapalan dengan sangat cepat. Caranya adalah dengan mencampur baking soda dengan segelas air hangat.

Campuran air hangat dengan baking soda tersebut kemudian digunakan untuk merendam kaki atau tangan yang kapalan selama 15 menit. Agar hasilnya lebih baik dan optimal, kamu harus menggosok lembut-lembut tangan atau kaki yang kapalan dengan batu apung untuk mengikis kulit yang kapalan tersebut.

Atau kalau kamu malas dan pengen yang lebih praktis, cukup merendam kaki ke air baking soda. Sediakan baskom ukuran sedang kemudian tuangkan air hangat kuku, lalu masukkan 5 sampai 6 sendok makan baking soda. Setelah itu cukup rendam kaki sambil kamu tinggal menonton TV, kira-kira sampai 25 menit angkat kaki kapalan kamu..Lihatlah sekarang sudah benar-benar matang!

4. Kulit lemon

Tidak hanya perasan airnya yang efektif untuk mengikis kapalan, kulit lemon ternyata juga terbukti sangat ampuh untuk “mengikis kulit tebal kapalan”. Pasalnya, senyawa yang terdapat dalam kulit lemon juga mampu menghilangkan kapalan pada kulit.

mengobati kapalan

Cara alami menghilangkan kapalan pada kulit dengan menggunakan kulit lemon sangat mudah, yaitu dengan cara menggosokkan kulit lemon pada kulit yang mengalami kapalan atau penebalan. Namun, perlu diperhatikan bahwa proses penggosokan kulit yang kapalan menggunakan kulit lemon ini harus dilakukan dengan rutin agar kapalan semakin memudar.

5. Cuka dan bawang putih

Jika kamu kesulitan untuk menemukan buah lemon, maka cuka dan bawang putih adalah solusi alternatif pengganti. Pasalnya, cuka dan bawang putih memang dikenal sebagai bumbu masak yang sering digunakan sehingga banyak terdapat di mana-mana, gak repot untuk mencarinya.

Namun, sebelum digunakan, cuka dan bawang putih tersebut harus diracik sedemikian rupa terlebih dahulu agar bisa menghilangkan kapalan. Caranya adalah dengan menghaluskan bawang putih terlebih dahulu kemudian hasilnya dimasukkan ke dalam sebuah wadah misalnya mangkuk. Setelah itu, tambahkan cuka.

Sebelum dioleskan pada kulit yang kapalan, campuran cuka dan bawang putih tersebut harus dijemur agar terkena sinar matahari. Penggunaannya adalah setiap sebelum tidur yaitu dengan cara dioleskan pada kulit dan biarkan saja sampai bangun di pagi hari.

6. Teh Chamomile

Teh Chamomile ini emang udah ngetop banget sebagai herbal alami untuk kesehatan tubuh. Biasanya banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan seperti nyeri haid atau kram perut berkepanjangan. Sedangkan untuk masalah penyaki,t Teh Chamomile ini juga terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit eksim, insomnia, ruam popok bayi, sariawan, diare serta meredakan stress dan depresi berat.

Sebagai obat ampuh penghilang kapalan, cara menggunakan teh chamomile ini sama seperti rendaman baking soda. Biarkan kurang lebih 15 sampai 25 menit, setelah itu akan terlihat jelas noda-noda membandel yang keluar dan selanjutnya kamu tinggal mencucinya dengan air bersih. Mudah banget yah?

7. Kulit Nanas

Tentang manfaat Nanas, sudah pasti yang digunakan dalam “pengobatan kapalan” ini bukanlah nanas muda hehehe. Cukup menggunakan kulitnya, sementara buahnya kamu boleh makan lalu rendamlah kulit nanas tersebut ke dalam air hangat di baskom selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu ambil kuli nanas yang sudah lunak, kemudian tempel ke bagian kaki, tumit atau tangan kita yang mengalami kapalan.

Agar kulit nanas tidak mudah terlepas, rekatkan saja dengan plester luka atau boleh juga dengan dibalut kain perban. Langkah selanjutnya kamu tinggal tidur saja, dan besok pagi baru dilepas. Cukup lakukan langkah pengobatan kapalan ini sehari sekali saja dan lakukan secara rutin selama seminggu. Lihatlah pasti ada perubahan kulit kapalan semakin menipis dan lama-lama menghilang.

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki dan Tangan

8. Vitamin E atau A

Vitamin E atau A juga bisa digunakan untuk mengikis kulit tebal yang kapalan yaitu dengan cara dioleskan pada kulit yang kapalan. Namun, kamu harus membungkus kaki atau tangan kamu saat melakukan aktivitas agar vitamin tersebut meresap dan kulitmu lama kelamaan menjadi lunak.

Semoga cepat sembuh yah. Ingat jangan sekali-sekali nekat memotong kulit kapalan dengan silet atau pisau, karena bisa menyebabkan infeksi, radang, gangguan syaraf ataupun tetanus meskipun kamu yakin benda tajam yang kamu gunakan sudah steril. Lebih baik melakukan langkah operasi ke dokter bedah atau kecantikan, gak mahal-mahal banget kok biayanya, percaya deh 😀

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video: Seleb Cowok Indonesia Terkece Menurut Cewek Korea Selatan

Gelar Perkara Ahok Secara Terbuka Tak Punya Dasar Hukum