,

8 Misteri Hilangnya Pesawat Secara Misterius

8 Misteri Hilangnya Pesawat Secara Misterius ~ Hilangnya pesawat dari pantauan radar secara misterius dan tidak berhasil ditemukan meskipun telah dilakukan pencarian besar-besaran adalah tamparan keras bagi maskapai penerbangan manapun. Meski hilangnya sebuah pesawat diyakini sebagai musibah yang tak terelakkan, toh tetap saja sebuah maskapai penerbangan bertanggung jawab sepenuhnya atas apa yang terjadi.

Tak hanya di Indonesia, hilangnya pesawat secara misterius juga pernah terjadi di beberapa negara di dunia. Bahkan hingga saat ini tidak juga ditemukan bangkai pesawat atau tanda-tanda keberadaannya. Berikut ulasan tentang 8 misteri hilangnya pesawat secara misterius yang terangkum dalam sejarah.

1. Malaysia Airlines MH370

8 misteri hilangnya pesawat secara misterius

Misteri besar dalam sejarah penerbangan terjadi pada 8 Maret 2014 yaitu hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang membawa 239 penumpang dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju ke Beijing, China. Pesawat tersebut hilang tanpa jejak meski telah dilakukan pencarian intensif yang melibatkan belasan negara dengan berbagai peralatan canggih hingga menelisik ke wilayah Samudera Hindia.

Setelah pencarian 4 bulan tanpa hasil, dilakukan pencarian kembali dengan peralatan yang lebih canggih dari sebelumnya dengan melibatkan sonar, sensor bahan bakar pesawat dan video kamera. Namun tanda-tanda kejelasan pesawat tak juga ditemukan.

Pencarian di kawasan terpencil yang berjarak sekitar 1.800 km dari Australia itu berawal dari data satelit yang menyebutkan tentang perubahan arah terbang pesawat dan perhitungan lokasi perkiraan dimana pesawat kehabisan bahan bakar. Berbagai spekulasi muncul seperti cuaca buruk, serangan teroris hingga teori konspirasi, namun tak ada yang bisa memastikan penyebabnya sampai puing pesawat tersebut berhasil ditemukan.

2. Amelia Earhart

8 misteri hilangnya pesawat secara misterius

Misteri hilangnya pesawat secara misterius selanjutnya adalah pesawat Amelia Earhart. Amelia adalah wanita pertama yang terbang melintasi samudera Atlantik namun kemudian pesawat Amelia Earhart hilang secara misterius dekat pulau Howland di Samudera Pasifik pada 2 Juli 1937.

Seperti biasa, beberapa spekulasi pun muncul mengenai hilangnya pesawat Amelia Earhart diantaranya kehabisan bahan bakar dan jatuh ke laut hingga diperkirakan Amelia adalah mata-mata Franklin D. Roosevelt yang kemudian ditangkap oleh Jepang. Meski pencarian besar-besaran dilakukan dengan menghabiskan jutaan dollar, namun pesawat Amelia Earhart tak kunjung ditemukan hingga saat ini.

3. Adam Air 574

8 misteri hilangnya pesawat secara misterius

Ingatkah Anda dengan tragedi penerbangan Nusantara yang menghilang secara misterius tahun 2007 lalu? Ya, Adam Air 574 jurusan Jakarta – Surabaya – Manado jawabnya. Pesawat yang lepas landas dari Bandara Juanda Surabaya pada siang hari tanggal 01 Januari 2007 diketahui putus kontak dengan Pengatur Lalu Lintas Udara Bandara Hasanuddin Makassar pada posisi 85 mil barat laut Makassar dengan ketinggian 35.000 kaki.

Pesawat yang membawa 96 orang penumpang terdiri dari 85 penumpang dewasa, 7 anak-anak dan 4 bayi termasuk 3 orang warga negara Amerika Serikat menghilang secara misterius dan tidak diketemukan tanda-tanda keberadaannya meski telah dilakukan pencarian secara meluas di perairan yang ditunjuk. Tidak ada kejelasan mengenai posisi tepat jatuhnya pesawat yang diperkirakan jatuh di dalam laut ini hingga sekarang.

4. Uruguayan Air Force Flight 571

8 misteri hilangnya pesawat secara misterius

Penerbangan yang membawa sekitar 45 penumpang ini direncanakan menuju Santiago, Chili namun ternyata pesawat tersebut jatuh di pegunungan Andes. Musibah yang terjadi tahun 1972 ini menewaskan sebagian besar penumpang karena lambatnya pencarian dan bantuan yang dilakukan pemerintah setempat. Yang membuat miris adalah hanya 16 orang yang berhasil bertahan hidup, itu pun karena memakan mayat penumpang lain yang telah membusuk.

5. Star Dust dan kode morse

8 misteri hilangnya pesawat secara misterius

Pesawat penerbangan sipil, Star Dust hilang secara misterius pada tahun 1947 saat terbang dari Buenos Aires, Argentina menuju ke Santiago, Chili. Pesawat milik British South American Airways ini sebenarnya diterbangkan oleh seorang pilot profesional yaitu Reginald Cook. Pesawat disinyalir hilang ketika terbang di wilayah pegunungan Andes dan tidak pernah sampai ke tujuan.

Namun uniknya, pesawat tersebut mengirimkan sebuah kode morse ‘STENDEC’ sebelum akhirnya hilang kontak. Berbagai spekulasi muncul seiring hilangnya pesawat secara misterius mulai dari teori alien hingga sabotase. Hingga 50 tahun kemudian dua pemanjat tebing asal Argentina menemukan reruntuhan pesawat yang berumur setengah abad itu. Banyak yang menduga mayat-mayat penumpang korban jatuhnya pesawat telah terkubur jauh di bawah salju pegunungan Andes.

6. Flying Tiger 739

8 misteri hilangnya pesawat secara misterius

Satuan militer Lockheed Super Constellation menyewa pesawat Flying Tiger 739 pada bulan Maret 1962 untuk melakukan penerbangan dari Guam menuju ke Filipina. Namun kemudian pesawat tersebut diketahui menghilang secara misterius dan tak pernah terlihat lagi. Bahkan puing-puing pesawat tidak pernah ditemukan hingga sekarang. Sebanyak 107 penumpang pesawat dinyatakan hilang dan diperkirakan tewas seiring menghilangnya pesawat naas tersebut.

7. Flight 19

8 misteri hilangnya pesawat secara misterius

Misteri hilangnya pesawat Flight 19 ini terjadi pada 5 Desember 1945. Pesawat latihan milik militer yang dipimpin instruktur penerbangan Charles Taylor sedianya bertolak dari Fort Lauderdale, Florida. Namun satu setengah jam setelah misi latihan dimulai, pilot pesawat melaporkan bahwa mereka mengalami disorientasi sehingga tidak bisa mengenali lagi batas-batas wilayah di bawahnya.

Melalui komunikasi di radio, Taylor menginformasikan kepada Naval Air Station di Fort Lauderdale bahwa 2 kompas pesawat tidak berfungsi. Selang beberapa waktu, pesawat menghilang dari komunikasi dan tidak bisa ditemukan hingga sekarang. Diperkirakan 14 orang tewas dalam musibah hilangnya pesawat tersebut. Anehnya, pesawat PBM Mariner yang mengangkut 13 awak dalam misi pencarian Flight 19 juga dinyatakan hilang tanpa jejak.

8. Star Tiger

8 misteri hilangnya pesawat secara misterius

Salah satu pesawat milik British South American Airways ini diperkirakan hilang di wilayah Segitiga Bermuda pada 30 Januari 1948 silam. Membawa 25 orang penumpang termasuk legenda perang dunia kedua, Sir Arthur Coningham, Star Tiger melakukan perjalanan selama 12 jam menuju daratan Amerika Serikat dalam kondisi prima tanpa gangguan apapun dan bahan bakar yang cukup. Namun pesawat tersebut sempat mengalami gangguan komunikasi sebelum akhirnya menghilang dari peredaran.

Disinyalir, Star Tiger menghadapi cuaca buruk saat melintasi perbatasan Segitiga Bermuda dan mendadak hilang dari radar serta putus kontak setelah beberapa saat berkomunikasi bahwa keadaan mereka baik-baik saja. Badai yang seringkali terbentuk secara tiba-tiba di wilayah Segitiga Bermuda diduga sebagai penyebab utamanya.

Itulah 8 misteri hilangnya pesawat secara misterius yang sempat terekam dalam sejarah. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seminggu Setelah Kematian Irma “Bule”, Kepolisian Sudah Amankan Pawang Ular

Adam Levine Rilis MV ‘Go Now’ Untuk Soundtrack Film ‘Sing Street’