,

9 Mumi Misterius Paling Menggemparkan Dalam Sejarah

Dimasa kuno, adalah hal yang lumrah jika ritual pemakaman berlangsung sangat aneh dan menyeramkan bagi kita masyarakat modern. Contohnya proses mumifikasi, dimana jenazah manusia akan diawetkan dan mengalami keabadian karena jaringan tubuhnya tidak akan bisa mengalami pembusukan, seperti 9 penemuan mumi misterius paling menggemparkan dalam sejarah ini. Aneh tapi nyata! Tubuh mereka ternyata masih tetap utuh dan awet muda tanpa mengalami kerusakan sedikitpun, meski sudah termakan waktu hingga berabad-abad lamanya.

1. Evita Peron

Pernah mendengar lagu Don’t Cry for Me Argentina? Ya lagu ini memang diciptakan khusus sebagai penghormatan untuk Evita Peron istri dari Presiden Argentina Juan Peron. Semasih hidupnya Evita Paron dikenal baik hati dan sangat dekat dengan rakyatnya.

mumi misterius

Saat ia meninggal dunia akibat penyakit kanker, rakyat Argentina meminta jenazahnya diawetkan agar bisa dikenang sepanjang hidup. Tubuh sang ibu negara yang sudah menjadi mumi kemudian dipamerkan ke publik dan seluruh rakyat mendekatinya untuk mengucapkan salam penghormatan terakhir.

Tapi pada bulan April tahun 1955 terjadi makar anti pemerintahan Presiden Peron yang ditenggarai oleh kelompok ekstrimis. Mereka merampok mumi Evita Peron dan keberadaan mumi itu baru berhasil ditemukan pada 15 tahun kemudian dalam keadaan tubuh yang tidak lagi sempurna. Sebagian kulit wajah hancur dan tulang rahangnya bengkok serta jari-jari kaki yang tidak lengkap.

penemuan mumi misterius

Setelah mumi sang ratu dibawa kembali ke rumah oleh Raja yang saat itu sudah memiliki permaisuri baru bernama Isabel. Rumor yang beredar di masyarakat Argentina mengatakan kalau Isabel sering kali tidur bersama di kotak mayat Evita Peron untuk menyerap aura kecantikannya.

Terlepas dari kebenaran cerita ini, gara-gara rumor tersebut mumi Evita Paron akhirnya dikembalikan ke keluarganya dan sudah dikuburkan di ruang bawah tanah rumah mereka.

2. Mumi Firaun Tutankhamun

Sahabat kejadiananeh.com, misteri Mumi Firaun Tutankhamun akan selalu tetap menjadi teka-teki tak terpecahkan hingga saat ini, karena banyak keanehan dan keganjilan yang terjadi.

Howard Cater adalah pemimpin ekspedisi yang berjasa menemukan keberadaan Mumi Firaun Tutankhamun di tahun 1922, di sebuah lembah para Firaun (Valley of the Kings). Tutankhamun yang juga dijuluki dengan Firaun Tut ini adalah mumi paling berpengaruh sekaligus dianggap bertuah di Mesir.

Semasa zaman masyarakat mesir kuno sosoknya begitu diagung-agungkan setara dengan Osiris, Dewa Maut sang penguasa alam baka. Sejak ia masih hidup sampai kematiannya, namanya masih tetap disegani, siapapun orang yang berani mencela namanya diyakini akan mendapatkan kutukan bertuah yang sangat mengerikan.

mumi firaun

Anehnya, saat tubuh Mumi Firaun Tutankhamun pertama kali ditemukan, Howard Cater beserta timnya merasakan keganjilan dengan kondisi fisik sang firaun tersebut. Seluruh kulitnya tertutup lapisan tebal cairan hitam yang membuat sebagian mayatnya tiba-tiba terbakar saat peti makam dibuka.

Keanehan tidak berhenti sampai disini saja, organ jantungnya didapati dalam keadaan hilang dan konyolnya organ kemaluan sang Raja masih tetap berdiri tegak 90 derajat. Entah zat apa yang membuat burung sang Raja masih sekeras kayu meski terbilang sudah uzur setelah kematiannya di periode 1333 sampai 1324 SM.

3. Mumi Perawan La Doncella

Masa lalu sering menyimpan kisah mengerikan dibaliknya. Salah satu bukti tradisi mumi menyeramkan pernah terjadi pada seorang gadis perawan berusia 15 tahun dari Suku Inca di Benua Amerika. Dirinya tewas karena menjadi tumbal persembahan bagi para dewa-dewa sekitar 500 tahun lalu.

penemuan mumi paling menggemparkan

Mumi Perawan bernama La Doncella ini ditemukan pertama kali pada tahun 1999 bersamaan dengan dua mayat anak kecil lain disampingnya. Setelah ilmuwan melakukan penelitan lebih lanjut, La Doncella diketahui semasa hidupnya menginap penyakit TBC atau infeksi kronis pada pernafasan paru-parunya.

Bukti ini didapat dari hasil kandungan zat alkohol dan daun koka pada jaringan tubuhnya. Daun koka memang sudah menjadi hal yang lazim bagi suku inca untuk menggunakannya sebagai obat kesembuhan.

4. Biksu Dashi-Dorzho Itigilov

Penemuan mumi aneh yang pernah menggemparkan dalam sejarah selanjutnya dialami oleh biksu bernama Dashi-Dorzho Itigilov dari Biara Anninsky Datsan di Buryatia. Biksu Dashi-Dorzho Itigilov dilahirkan pada tahun 1852 dan sudah mengikuti panggilan Buddha sejak ia masih berusia 16 tahun. Menjelang akhir kehidupannya di dunia biksu dashi memilih untuk melepaskan diri dari keterikatan dunia dengan cara menempuh jalan moksa.

mumi menyeramkan

Pada malam di tahun 1927, Biksu Dashi mengucapkan salam perpisahan kepada teman-temannya sebelum ia bermeditasi bersama mereka. Aneh tapi nyata, selang beberapa hari bermeditasi ia pun meninggal dunia. Teman-temannya pun kemudian mengubur sang Biksu dalam posisi meditasi lotus, tubuhnya pun berbalut kotak pinus yang melindunginya.

Seratus kemudian, ketika keadaan zaman sudah bergantu para pakar arkeologi melakukan penelitian sejarah ke biara Anninsky Datsan dan menemukan mumi sang biksu. Anehnya kondisi jasadnya masih sangat bagus, tetap awet bahkan seolah tidak habis dimakan usia zaman. Ia yang sudah meninggal 100 tahun lalu, tampak terlihat baru meninggal 36 jam saja, ajaib bukan?

5. Mumi Ekspedisi Franklin

Diawal tahun 1845 banyak para penjelajah laut yang mencari keberadaan dunia baru. Naas menimpa 3 orang pria bernama John Torrington, John Hartnell, dan William Braine yang sedang melakukan perjalanan ke rute asia.

Dikabarkan mereka hilang tanpa jejak tanpa diketahui apakah sudah mati atau belum. Namun setelah 5 tahun kemudian, ekspedisi kapal lain menemukan keberadaan makam misterius yang bertuliskan nama John Torrington, John Hartnell, dan William Braine di papan nisannya.

Sejak peristiwa itu 100 tahun kemudian tepatnya pada 1984. Sekelompok ahli antropolog melakukan penelitian untuk uji forensik pada ketiga makam misterius yang sudah terbungkus lapisan es salju, apakah benar itu jenazah dari ketiga orang yang hilang secara misterius dari ekspedisi kapal Franklin.

mumi menyeramkan

Melalui pengambilan sample DNA lewat kuku, kulit dan rambut ternyata jenazah itu memang terbukti benar. Tapi keanehan yang terjadi justru kondisi jenazah mereka masih baik dan awet tanpa mengalami kerusakan sedikitpun, padahal proses kematian mereka hanya dikubur secara alami dan bukan mumifikasi.

Para ahli forensik menduga, mayat mereka tetap segar karena banyak terdapat permafrost di tundra di sekitar wilayah tersebut. Sedangkan penyebab kematian mereka dikarenakan zat pneumonia dan tuberculosis yang terkandung didalam tubuh mereka.

6. Kasus Bayi Mumi Membatu di dalam perut

Proses dekomposisi tubuh manusia alias mumifikasi tidak hanya dilakukan pada orang dewasa saja, namun juga anak kecil hingga bayi. Namun kasus penemuan mumi ini terbilang sangat aneh tapi nyata sekaligus menyeramkan.

Di tahun 1955 seorang ibu bernama Zahra Aboutalib bergegas datang ke rumah sakit karena sudah mendapati tanda-tanda akan melahirkan. Namun sudah beberapa jam persalinan Dokter menyerah dan memutuskan untuk melakukan operasi caesar.

Konyolnya sang ibu menolak untuk menjalankan operasi caesar dengan alasan takut. Hingga janin bayi itu pun meninggal di dalam perutnya. Dan ia pun tidak mau mengeluarkan mayat bayi tersebut dari dalam perutnya.

mumi bayi membatu

Lebih dari 46 tahun lamanya, mumi bayi itu sudah tinggal didalam perutnya hingga suatu waktu Zahra Aboutalib mengalami sakit perut luar biasa. Ketika Tim Dokter melakukan diagnosa Sinar Rontgent, betapa kagetnya mereka mendapati tumor yang sangat besar di perutnya.

Ketika dikeluarkan baru diketahui ternyata itu adalah mayat sang bayi yang sudah membatu. Ukurannya pun bertambah besar 2 kali lipat, dengan lapisan keras menyerupai batu yang melindungi seluruh tubuhnya.

7. Rosalia Lombardo, The Sleeping Beauty of the Capuchin Catacombs

Peti mayat kaca transparan menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi gadis kecil asal Italia bernama Rosalia Lombardo. Ia tak sempat lama merasakan indahnya dunia akibat menderita penyakit pneumonia. Di tahun 1920 Rosalia meninggal dunia dan sang ayah tidak bisa menerima kenyataan lantas memohon kepada Dr Alfredo Salafia agar mau mengawetkan tubuh putrinya.

Kemudian Dr Alfredo melakukan penyuntikan formalin bercampur zat asam salisilat, gliserin, garam seng dan alkohol sebelum melakukan proses pembalseman dan mengeluarkan organ-organ tubuhnya agar tetap dalam keadaan kering dan mencegah pembusukan.

Setelah itu Mayat Rosila diabadikan ke dalam peti mayat kaca dan sampai kini kita masih bisa menjumpainya di Biara Capushin Catacombs di Palermo, Italia. Disebut-sebut mumi gadis kecil ini sebagai Sleeping Beauty of the Capuchin Catacombs yang memiliki mata biru dan senyum terindah di dunia. Wajahnya benar-benar seperti gadis kecil yang sedang tertidur pulas.

misteri mumi membuka mata

Rumor mengerikan yang beredar, katanya para pengunjung biara terkadang suka melihat mumi bocah perempuan ini membuka mata dan mengedip-ngedipkan matanya seolah-olah dia masih hidup. Namun menurut penjelasan Dario Piombino-Mascali, kurator dari Katakomba Capuchin, Itu hanya ilusi optik yang dihasilkan dari cahaya yang tersaring lewat jendela samping terutama saat di siang hari.

8. Mumi Cantik Bangsawan dengan Kondisi Tubuh Sempurna

Meski tampak menyeramkan bagi kita untuk melihatnya. Namun para peneliti mengklaim bahwa mumi bernama Xin Zhui ini memiliki kondisi tubuh paling sempurna saat pertama kali ditemukan di Provinsi Hunan, China. Mumi yang diperkirakan berparas sangat cantik ini sudah berusia 2100 tahun yang hidup di era Dinasti Han sekitar 200 sampai 220 SM.

mumi tercantik

Mayatnya tidak kaku dan mengeras, dan masih fleksibel untuk digerakkan. Bahkan organ tubuhnya masih utuh, masih mempunyai lidah, kulit yang lembut serta rambut dan bulu mata. Adapun kematian Xin Zhui diduga akibat obesitas, hingga berdampak pada penyakit tekanan darah tinggi, diabetes dan mengalami kegagalan jantung.

Mumi wanita ini berasal dari bangsawan kaya raya, terlihat dari peti mayat, pakaian beserta perhiasan emas yang sangat mewah di dalam kuburan besar dengan luas lebih dari 15 meter. Bahkan di dalam kuburan tersebut terdapat lemari yang berisi 100 pakaian sutra mahal, serta 182 guci porselin yang berlapis batu giok. Selain itu terdapat juga patung manusia dari kayu cendana sebanyak 162 buah yang pernah mengabdikan diri sebagai penjaga makamnya.

9. Mumi Bhiksu Berlapis Emas 24 Karat

proses mumifikasi

Atas jasa-jasa besarnya sebagai ahli agama Buddhisme, umat Buddha di Tiongkok membalut jenasah Biksu Fu Hou dengan lapisan emas 24 karat sebagai tanda penghormatan. Bhiksu Fu Hou mungkin menjadi satu-satunya mumi di zaman modern. Ia meninggal di usia 94 tahun pada 2012 kemarin.

Umat Buddha Tiongkok sangat merasa kehilangan sosok Fu Hou yang dikenal sangat baik dan bijaksana. Sejak usia beliau 17 tahun, ia sudah mengabdikan dirinya seumur hidup di Kuil Chongfu.

mumifikasi

Jasad sang Biksu setelah kematiannya kemudian dilakukan proses mumifikasi oleh dua orang ahli. Tubuhnya yang sudah berlapis emas kemudian ditaruh dalam lemari kaca yang terus dijaga ketat oleh para biarawan Kuil Chongfu untuk menghindari kasus pencurian mumi.

Mumi Misterius Paling Menggemparkan Dalam Sejarah

Namun untuk para pengunjung Kuil Chongfu masih diperbolehkan melihat penampakan mumi berlapis emas ini, tentu pada jam-jam tertentu saja. Sahabat kejadiananeh.com itulah 9 penemuan mumi misterius sepanjang sejarah yang pernah menggemparkan dunia antropologi, sains, ahli forensik, arkeologi dan para ilmuwan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sering Browsing Lewat Ponsel, Kan? Begini Caranya Supaya Internetan Tetep Lancar Tanpa Gangguan

Didoakan SBY, Agus Optimis Hadapi Debat Kedua