, ,

9 Obat Dengan Efek Lebih Mengerikan dari Narkoba (Dan Dijual Bebas di Pasaran)

“Saat sakit jangan terlalu bergantung dengan obat, terlebih obat kimia, karena efek sampingnya tidak baik bagi kesehatan.” Kita kerap mendengar ungkapan seperti itu, entah dikatakan oleh orang terdekat atau bahkan seorang dokter. Hal itu ternyata benar, obat yang harusnya membuat kita sembuh dari penyakit justru membuat kita jadi tambah sakit. Efek samping dari obat bahkan lebih mengerikan dari sakit yang kita alami.

Di bawah ini ada sembilan obat yang dijual bebas di pasaran. Obat ini digunakan untuk mengobati penyakit yang biasa terjadi pada manusia. Namun, efek samping obatnya mengerikan, bahkan lebih parah dari Marijuana atau pun obat terlarang lainnya. Langsung saja kita bahas satu-satu obat mengerikan itu!

1. Oxymetazoline (Afrin)

Oxymetazonin adalah komponen utama dari obat dengan merk dagang Afrin. Obat ini digunakan untuk melegakan hidung yang terasa tersumbat akibat pilek dan penyakit lainnya. Beberapa orang yang menghirup obat ini mengalami gejala mirip halusinasi juga merasakan perubahan emosi yang drastis pada tubuh. Dokter menyarankan agar tidak menggunakan obat ini selama beberapa hari secara terus-menerus karena akibatnya kita bisa mengalami kecanduan.

Afrin [image source]
Afrin [image source]

Hanya gunakan Afrin saat diperlukan saja. Jangan gunakan setiap hari atau anda akan merasa seperti orang sakau yang butuh semprotan obat. Mengerikan bukan? Meski begitu Afrin termasuk obat biasa yang dijual bebas di seluruh dunia, hingga sekarang. Jika anda merasa pilek dan hidup mampet, jangan sekali-kali menggunakan obat ini!

2. Propylhexedrine (Benzedrex)

Masih mirip dengan Afrin, obat dengan merk dagang Benzedrex digunakan untuk melegakan hidung yang tersumbat. Namun ternyata komponen dari obat isap ini mengerikan. Bahkan digunakan oleh beberapa orang yang tidak sakit untuk keperluan senang-senang. Biasanya mereka akan menghirup kuat-kuat untuk mendapatkan efek dari obat yang menjadi sangat kuat.

Benzedrex [image source]
Benzedrex [image source]

Beberapa orang bahkan membuka kemasan dan langsung memakan cotton rod yang ada di dalamnya. Cotton rod memiliki efek seperti menggunakan narkoba jenis amfetamin, hanya saja dosisnya sangat rendah. Orang yang mengkonsumsi benda ini akan mengalami halusinasi, serangan jantung, hingga mengalami kematian yang sangat mendadak. Don’t try this at home!

3. Dimenhydrinate (Dramamine)

Dramamaine adalah obat yang sering sekali digunakan untuk orang yang akan melakukan perjalanan jauh. Obat ini akan mencegah anda mengalami mabuk perjalanan yang sering sekali dialami oleh banyak orang. Mengkonsumsi Dramamine dosis rendah tidak akan menyebabkan apa-apa, namun beberapa orang mengalami gejala susah tidur meski telah mengkonsumsinya lebih dari enam jam. Selain digunakan untuk hal yang benar, Dramamine digunakan juga oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan efek seperti narkoba.

Dramamine [image source]
Dramamine [image source]

Mengkonsumsi Dramamine dengan dosis tinggi akan membuat penggunannya mengalami halusinasi suara dan pengelihatan. Selain itu seseorang akan mengalami perubahan emosi yang sangat drastis. Orang yang kerap mengalami kepanikan dan ketakutan kerap mengkonsumsi obat ini tidak sesuai dosis. Hal ini bisa menyebabkan efek samping berupa gangguan pada hati hingga menyebabkan penyakit liver.

4. Diphenhydramine (Benadryl)

Diphenhydramine atau dengan nama dagang Benadryl adalah obat sirup yang banyak digunakan untuk memperlancar tidur. Obat ini akan mengobati alergi bagi seseorang yang mengalami bersih parah, gatal di mata, kulit gatal, dan hidup yang berair. Beberapa orang tak bertanggung jawab menggunakan obat ini dengan dosis tinggi agar mendapatkan efek yang mengerikan. Efek mengerikan yang diperoleh antara lain rasa capek yang tinggi, pusing, ingin muntah, kebingungan, hingga mengalami halusinasi.

Benadryl [image source]
Benadryl [image source]

Obat ini sangat berbahaya meski dijual bebas di pasaran seluruh dunia. Efek samping yang dapat diterima pengguna antara lain demam, tubuh kaku-kaku, perut mual karena asam lambung yang tinggi, koma, hingga kematian datang dengan cepat. Gunakan obat ini sesuai petunjuk dokter agar tubuh tidak terlalu banyak menerima efek samping, karena obat ini juga sangat buruk bagi kesehatan hati anda.

5. Kratom

Siapa yang bilang jika obat-obatan tradisional yang terbuat dari bahan herbal tidak berbahaya? Kratom atau tanaman dengan nama latin Mitragyna speciosa ini bisa memberikan efek samping mengerikan bagi penggunanya. Secara umum tanaman ini digunakan untuk obat penahan rasa sakit. Penggunaan tanaman ini secara besar-besaran telah terjadi di Amerika Serikat.

Tanaman Kratom [image source]
Tanaman Kratom [image source]

Tanaman ini dijual dalam bentuk serbuk daun. Penggunaannya bisa dilakukan dengan menyeduhnya seperti teh atau dibakar seperti rokok. Beberapa gram bubuk Kratom bisa membuat orang mengalami euforia tinggi selama 2-3 jam. Mirip sekali dengan efek narkoba jenis ganja atau marijuana. Meski dijual bebas di seluruh dunia, negara Thailand melarang penggunaan tanaman ini karena dianggap memberi efek kecanduan yang parah.

6. Kava

Kava adalah tanaman herbal lain yang memberikan efek halusinasi bagi penggunanya. Tanaman dengan nama latin Piper methysticum ini berasal dari negara di pulau-pulau pasifik seperti Hawaii, Fiji, dan Samoa. Kava dikonsumsi dengan cara dibuat teh dari tanaman yang sebelumnya dikeringkan. Dosis rendah dari kava akan membuat seseorang jadi tenang dan rileks hingga bisa tidur dengan tenang.

Tanaman kava [image source]
Tanaman kava [image source]

Dosis tinggi dari tanaman ini menyebabkan seseorang akan menjadi mabuk, dan halusinasi. Penggunaan kava dalam jangka panjang akan membuat seseorang mengalami perubahan warna kulit, kantuk yang tidak habis-habis, kerusakan hati, ataksia, hingga malnutisi. Jangan sekali-kali menggunakan kava jika tujuannya hanya untuk bersenang-senang, karena efek candunya akan membuat anda tak bisa lepas darinya.

7. Tramadol

Tramadol adalah obat hirup yang banyak digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada seseorang. Efek yang ditimbulkan dari obat ini nyaris sama dengan efek dari opium. Seseorang yang mengkonsumsi obat ini akan mengalami kecanduan jika digunakan dalam dosis besar dan memberikan efek buruk bagi tubuh terutama kesehatan organ dalam seperti hati.

TRamadol [image source]
TRamadol [image source]

Penggunaan Tramadol diawasi oleh pihak terkait di Amerika Serikat. Hanya beberapa negara bagian yang melegalkan penggunaan Tramadol secara bebas. Banyak sekali para pecandu narkoba beralih ke obat ini karena memberikan efek yang hampir sama dengan mengkonsumsi opium atau pun heroin. Mengerikan!

8. Doxylamine (Unisom)

Doxylamine atau dijual dengan merk dagang Unisom adalah obat yang digunakan untuk mengobati alergi. Selain itu, obat yang dijual bebas di seluruh dunia ini mampu memberikan efek mengobati insomnia. Penggunaan dari Unisom dicampur dengan Acetamophen atau Codein dapat memberikan efek analgesik atau penghilang rasa sakit.

Unisom [image source]
Unisom [image source]

Unisom banyak sekali digunakan oleh para orang yang tak bertanggung jawab untuk memberikan efek fly. Hal ini bisa terjadi karena harga Unisom terbilang murah dan mudah dijangkau oleh remaja sekali pun. Dosis tinggi dari obat ini dapat menyebabkan halusinasi. Efek lain yang dapat diterima pengguna adalah tubuh lumpuh hingga mengalami kadang-kadang tubuh mengalami koma.

9. Dextromethorphan

Dextromethorphan adalah komponen yang sering adalah salam obat batuk. Di Indonesia, obat ini dijual bebas dalam bentuk tablet dan juga sirup. Dextromethorphan sering sekali dipakai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memberikan efek euforia pada mereka jika mengkonsumsi obat ini dengan dosis yang sangat tinggi.

Dextrometorphan (KUmpulan Obat) [image source]
Dextrometorphan (KUmpulan Obat) [image source]

Penggunaan dextromethorphan secara berlebihan dengan jangka yang panjang dapat menyebabkan seseorang jadi depresi. Pengguna akan mengalami kebingungan, halusinasi yang parah hingga mengalami penurunan gairah untuk berhubungan badan. Efek lain yang lebih mengerikan adalah, pengguna akan mengalami kehilangan memori dalam tubuh.

Itulah sembilan obat dengan efek mengerikan yang ternyata legal dijual. Setelah membaca ini diharapkan kita bisa lebih sadar terhadap kesehatan. Karena mencegah lebih baik dari mengobati. Terlebih obatnya memiliki efek samping! Lebih baik selalu sehat!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Penyebab utama orang sakit perut pasca Lebaran

4 Hal yang Wajib Dibawa Agar Mudik Lebih Aman dan Tentram