,

Aneh! Kadal Berdarah Hijau Prasinohaema dari Papua Nugini

Layaknya ayam cemani, spesies kadal Prasinohaema juga memiliki jaringan tubuh berwarna hijau . Mulai dari lidah, sebagian anatomi, tulang serta darahnya benar-benar asli hijau. Fenomena kadal aneh ini bukanlah hasil rekayasa ataupun faktor kelainan genetik. Tapi memang sudah mencari ciri khas unik dari bawaan spesiesnya.

Berhabitat asli di kepulauan Papua Nugini, kadal berdarah hijau Prasinohaema ini pertama kali mulai populer saat para ahli biologi dari Louisiana State University beserta Christopher Austin dengan tim penjelajah National Geographic melakukan studi khusus penelitian di Papua Nugini setelah pertama kali mengetahuinya dari jurnal Science di tahun 1969.

Foto Prasinohaema, Kadal Aneh Berdarah Hijau dari Papua Nugini (image by forums.srellim.org)

kadal berdarah hijau

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli biologi berhasil mengungkapkan beberapa fakta menarik, apa yang menyebabkan tubuh kadal “Prasinohaema” ini bisa mengandung darah hijau pekat, dan bukan merah seperti pada keluarga kadal lain yang biasa ditemui.

Menurut penjelasan Austin dari Tim National Geographic, kenapa kadal ini bisa hijau sekali warna darahnya? Diketahui bahwa dalam tubuh kadal aneh tersebut memiliki konsentrasi pigmen empedu biliverdin yang sangat tinggi sekali.

Gambar Kadal Prasinohaema (image by Christopher Austin via nationalgeographic.com)

Prasinohaema

Pigmen empedu biliverdin ini sendiri berasal dari oksigen di dalam darah yang dibawa oleh hemoglobin berwarna merah. Kemudian saat hemoglobin mengalami kerusakan. Kandungan zat nya akan terus dibawa sampai ke hati untuk kemudian dipecah-pecah menjadi molekul seperti biliverdin dan bilirubin, proses kimiawi ini semua bisa terjadi bukan hanya pada hewan tapi termasuk manusia juga.

Biliverdin mempunyai warna khas hijau sehingga ketika senyawa berpigmen ini diekskresikan dengan empedu saat berada di dalam usus. Akan tampak area hijau di sekitar memar yang sedang mengalami proses penyembuhan dalam tubuh. Warna zat inilah penyebab kadal Prasinohaema memiliki warna hijau, dari darah, jaringan lunak, lidah sampai tulangnya pun berwarna hijau.

Perbandingan warna darah hijau pada Kadal Prasinohaema (bawah) dengan darah kadal biasa (atas)

Kadal Berdarah Hijau Prasinohaema

Dampak perbedaannya pada manusia dengan kadal berdarah hijau ini ketika tubuh mengandung biliverdin adalah manusia walaupun mengandung sedikit biliverdin, kesehatan tubuhnya bisa dipastikan mengalami sakit kuning akibat mengalami kerusakan hati.

Berbeda dengan kadal aneh Prasinohaema, kandungan biliverdin justru sangat berguna untuknya karena bisa sebagai proteksi tubuh untuk melawan parasit merugikan yang bernama Plasmodium. Parasit Plasmodium dikenal sebagai biang keladi dari penyakit berbahaya malaria yang ditularkan melalui si nyamuk-nyamuk nakal 😀

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MH370 Bukan Satu-Satunya Pesawat Hilang Tanpa Kejelasan. 8 Pesawat Ini Mengalami Hal yang Sama

Real Madrid Keok Di Markas Sendiri, Begini Alasan Zidane