,

Asal Mula Donat Bolong di Tengah, Tau Gak Kenapa?

Kenapa Donat bolong di tengah? Ya iyalah, kalau gak bolong gak bisa dimasukkin..Yee ngasal!!. Jadi begini, ternyata kue donat yang kita kenal sekarang ada sejarahnya kenapa semuanya harus berlubang dibagian tengahnya, padahal dulunya enggak lohh. Asal mula kue donat berlubang ada 2 versi cerita menurut para ahli sejarawan. Mereka satu pendapat kalau kue donat ini pertama kali dikenal sekitar abad pertengahan 18 sampai abad 19.

Di jaman tersebut, kue donat dijuluki dengan nama Olykoes, berasal dari makanan kuliner Belanda. Kue Olykoes ini biasanya selalu ditempeli (diisi) dengan selai Kismis, Plum, custard, jelly atau Apel dibagian tengahnya tapi tidak berlubang sama sekali. Diperkenalkan oleh para Imigran asal Belanda yang saat itu mereka banyak berpetualang ke negara lain. Ok, sahabat kejadiananeh.com, langsung saja kita garukk informasi selengkapnya tentang si Donat Bulat menggemaskan ini 😀

Sejarah Kue Donat Pertama Kali Berlubang

Asal Mula Donat Bolong di Tengah

Adalah Hanson Crockett Gregory seorang Kapten Kapal Laut berkebangsaan Belanda. Pada tahun 1847 Hanson pulang ke rumahnya dan mendapati ibunya Ibu Elizabeth Gregory sedang asyik memasak kue Olykoes. Sang Ibu memang dikenal sebagai penjual kue Olykoes paling enak di kotanya.

Resep kelezatan kuenya selalu diberikan dengan sedikit buah pala dan kenari (hazelnut) dan diberi nama dengan Dough-Nuts yang artinya kue dengan adonan kacang-kacangan. Sejak itu lama-lama julukan Olykoes lebih populer dengan nama Doughnuts atau Donuts.

Lanjut ke cerita Hanson, saat ia ingin berlayar kembali ke laut. Sang ibunda membekali Hanson beberapa kue donat. Di tengah perjalanan, Kapten Hanson Crockett Gregory mengalami kesulitan mengemudikan kapalnya.

kenapa donat berlubang

Sebab tangan kanannya memegang kemudi sambil memakan donat dengan tangan kirinya. Kuatnya arus ombak membuat Kapten Hanson terpaksa menancapkan donatnya ditengah-tengah kemudi kapal. Sejak itulah kue donat berlubang di bagian tengahnya hehehehe.

Penyebab Donat Bolong di Tengah

Versi cerita kedua lebih masuk akal dan masih seputar tentang Ibunya Elizabeth Gregory si penjual Donat. Kapten Hanson sangat menyukai kue buatan Ibunya, namun ada bagian yang dianggap mengganjal alias kurang enak bagi Hansen yaitu dibagian tengah kue donat seperti tidak matang dimasak karena memang dibagian tersebut ada kacang kenari.

Hingga ia selalu membuang kenari itu. Kemudian saat Ibunya memasak, Kapten Hanson melihat mengapa matangnya tidak rata, pada bagian pinggirnya sudah terlihat garing kecokelatan, namun di bagian tengahnya masih lembek alias tidak matang.

Ibunya menjawab, kalau bagian tengah ini memang susah untuk matang, itu sebabnya ia selalu melapisinya dengan kacang kenari. Hanson pun berkata lagi, kalau begitu buang saja bagian tengahnya biar cepat matang agar tidak menghabiskan waktu memasak.

Saran itu kemudian di coba oleh Ibunya, benar saja donat-donat buatannya cepat sekali matang ketika bagian tengahnya dilubangi. Sejak itu juga Elizabeth Gregory selalu membuat donat bolong.

sejarah kue donat

Lama-kelamaan kuenya semakin populer saja dan banyak orang lebih menyukai tampilan baru kue donat yang bolong di tengah-tengah karena selain matangnya merata, bentuk tersebut membuat tekstur donat terasa lebih crispy dan bisa dipadukan dengan cokelat, keju, vanilla ataupun selai kue lainnya 😀

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tak Disangka! Jodohku Ternyata Teman TK dan Baru Bertemu di Usia 33 Tahun

14 Isyarat Tangan Terlarang dan Dianggap Tidak Sopan di Negara Lain