,

Bingung Sama Fenomena “United Airlines”? 16 Meme Ini Bisa Menjelaskannya (Sejelas-Jelasnya)

Popularitas “United Airlines,” sebuah maskapai penerbangan Amerika Serikat meroket tajam karena sering diomongin berbagai media, sejak 9 April waktu Chicago, AS. Kebalikan dari popularitasnya, harga saham perusahaan itu justru terjun bebas. Kenapa? Karena ketenaran maskapai itu diperoleh setelah nonjok penumpang.

Kronologinya gini. Dokter David Dao bersama istrinya sudah duduk dengan tenang di dalam pesawat United Airlines, Flight 4311, keberangkatan Chicago-Louisville, Minggu malam (9/4). Tiba-tiba, pengumuman di pengeras suara berbunyi.

Dijelaskan kalo pesawat itu kelebihan muatan. Maskapai nawarin uang 400 dollar, fasilitas nginep di kamar hotel, dan tiket pulang esok paginya untuk empat orang yang bersedia turun dari pesawat. Sebagai gantinya, empat staf penting maskapai bakal duduk di bangku yang kosong.

Suasana mulai tegang.

Panggilan pertama engga ada yang nyaut. Panggilan kedua berkumandang dan tawaran uangnya naik jadi 800 dolar. Ternyata, engga ada juga yang mau turun. Akhirnya, manajer penerbangan di hari itu naik ke pesawat untuk milih acak empat penumpang yang harus turun.

Orang pertama dan kedua terpilih setuju untuk turun dan menerima ganti ruginya. Orang ketiga merupakan istri Dokter Dao. Dia juga setuju turun. Orang keempat yang terpilih adalah sang dokter yang menolak diturunin. Doi bilang perlu buru-buru ke Louisville karena ada janji sama salah satu pasien.

Tanpa berusaha milih orang lain atau menaikkan tawaran ganti rugi uang jadi 1.350 dolar (sesuai ketentuan maskapai penerbangan itu), pihak maskapai maksa Pak Dao hingga bawa-bawa tiga petugas keamanan. Setelah itu, suasana kacau. Pak Dao jadi bulan-bulanan petugas keamanan pesawat, kemudian diseret keluar.

Penjelasan versi meme

Di balik peristiwa “United Airlines,” ada banyak aspek dan fakta penting yang lebih luas daripada sekedar “penumpang dipukuli,” “maskapai kriminal,” atau “insiden United Airlines.” Uniknya, makna-makna tersirat pada peristiwa itu justru terjelaskannya lewat meme, misalnya aja 16 meme di bawah ini.

1. “Kronologi yang lebih singkat”

(Sumber: Istimewa)

2. “Sesimpel ini kok permasalahannya”

(Sumber: Istimewa).

Ya, kan.

3. “Saat kau harus siap-siap naik United Airlines….”

Kenapa meme-nya gitu? Karena kasus kekasaran United Airlines terhadap penumpang pernah terjadi sebelumnya.

4. “Tambahkan kolom ini”

Seharusnya, tiga kolom tambahan itu ada di tiap pesawat “United Airlines.”

5. “Solusi mencegah kepenuhan kursi”

(Sumber: Istimewa)

Mungkin emang aksi tonjok-tonjokan ini dilakukan sebagai taktik mencegah kepenuhan kursi. Mana ada yang mau naik pesawat dengan kru yang hobinya mukulin penumpang.

6. “Thor juga engga punya kekuatan”

Meme yang diambil dari cuplikan trailer “Thor: Ragnarok.” (Sumber: Istimewa).

Kenapa Pak Dao diibaratkan sebagai Thor? Karena harusnya doi punya keistimewaan atau dipertimbangkan secara khusus. Doi kan dokter yang ada janji mengobati pasien. Kalo pasiennya kenapa-kenapa, emang United Airlines mau tanggung jawab sama keluarga pasiennya? Kan engga.

7. “beats”

(Sumber: Istimewa)

Kenapa meme ini bagus? Karena orang Amerika sukanya Beats (merk headset/headphone), beats (kekerasan dalam rumah tangga), dan beats (kekerasan secara umum). Ini jokes yang kasar banget. Engga semua orang AS segalak itu, kok.

8. “Standar ganda”

Dari meme ini, kamu pasti tau kan isu paling sensitif yang ada di AS. (Sumber: Istimewa)

9. “Ramah di udara”

(Sumber: Istimewa)

United Airlines punya maskapai yang intinya berarti “keramahan di atas udara.” Yah, seramah caption di meme ini.

10. “Fasilitas ekstra”

(Sumber: Istimewa).

Supaya tetep memenuhi kebutuhan penumpang, mungkin mbak pramugari juga perlu nawarin helm tinju ini ke penumpangnya.

11. “Meme ala berita hoax”

(Sumber: Istimewa)

Sekali dayung, dua pulau terlampaui. Meme ini sukses ngatain “United Airlines” dan fenomena berita hoax yang ada di AS. Darimana berita hoax-nya? Dari caption dalam meme. Format judul seperti itu adalah standar berita-berita palsu yang tujuannya cuma buat di-klik doang. Kenapa captionnya harus 8 juta dolar AS? Yah, karena Pak Dao sah-sah aja menuntut pihak maskapai segitu besarnya atas kekerasan yang doi terima.

12. “Engga jadi pilihan”

(Sumber: Istimewa)

13. “Di galaxy nun jauh di sana….”

(Sumber: Istimewa)

Yup. Sediktator itu kah United Airlines dan para petugas keamanannya.

14. “Meramal masadepan”

(Sumber: Istimewa).

Saat butuh empat kursi aja sampai ada pemukulan, gimana saat semua penumpangnya dibatalin terbang. FYI, meme sadis ini adalah cuplikan salah satu game “Call of Duty” ketika misi harus menghabisi semua penumpang bandara supaya semua penerbangannya dari dan ke bandara itu batal.

15. “Seharusnya….”

(Sumber: Istimewa)

16. “Sehari setelah kejadian United Airlines….”

(Sumber: Istimewa).

Dokternya kan lagi dirawat di rumah sakit juga. (sds)

Source : genmuda

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Istri Andi Lala Akhirnya Buka Suara Soal Pembunuhan di Medan. Katanya…

5 Negara yang Kesengsem dengan Senjata Produksi Indonesia