,

Bubo Sumatranus, Burung Hantu Cantik yang Dipercaya Punya Kemampuan Sakti

Di antara banyak makhluk yang sering dikaitkan dengan mistis, burung hantu bisa dibilang yang paling kental dengan itu. Tak hanya bisa dilihat dari nama saja, banyak mitos-mitos yang bersinggungan dengan burung yang bisa berputar kepala ini. Mulai dari jadi tanda kematian, munculnya hantu dan lain sebagainya.

Lazimnya burung hantu memang identik dengan klenik-klenik negatif. Tapi, ternyata tidak semua jenis dari burung ini yang diperlakukan seperti itu. Bubo Sumatranus, burung hantu jenis ini justru dianggap memiliki hal-hal sebaliknya. Alih-alih jadi tanda kematian, burung unik itu malah sering diasumsikan sebagai penanda hal-hal yang baik dan bahkan dipercaya juga memiliki kesaktian.

Lantaran punya pamor yang bagus, tak heran kalau burung ini pun banyak dicari. Selain karena bentuknya memang cukup sangar. Lebih jauh tentang si Bubo, berikut beberapa fakta unik dari burung unik satu ini.

 

Bubo, Raja dari Semua Burung Hantu

Bukan melebih-lebihkan, tapi beginilah pamor Bubo di masyarakat. Burung ini memang sering dianggap memiliki kelas yang berbeda dari kebanyakan jenisnya. Kenapa bisa begini sebabnya ada dua. Pertama adalah karena tampilannya yang memang beda dari burung hantu lainnya. Coba perhatikan bentuk tubuh terutama kepalanya. Sangat unik dengan alis memanjangnya yang agung. Tak hanya itu, ukuran tubuh Bubo sendiri cenderung lebih besar dari kebanyakan burung hantu.

Bubo raja burung hantu [Image Source]

Alasan kedua kenapa Bubo dijuluki raja burung hantu, tak lain adalah tuah-tuah yang dimilikinya. Seperti yang disebutkan di bagian pembuka, Bubo dipercaya memiliki banyak magic. Ia juga kental sebagai simbol keberuntungan.

Bubo Bisa Bikin Santet Melempem

Berbicara soal tuah, ada banyak orang yang percaya jika burung satu ini memiliki kekuatan khusus. Salah satunya adalah kekuatannya untuk menangkis semua serangan gaib, dalam hal ini termasuk santet dan semua jenisnya. Caranya sendiri sangat gampang dan tak perlu melakukan hal yang macam-macam.

Burung penangkal santet [Image Source]

Ya, kata para pakar, cukup pajang burung ini di teras rumah. Maka santet pun takkan bisa mendarat di sana. Kehadiran Bubo semacam membikin tameng atau perisai sehingga santet pun bakal melempem. Uniknya, banyak yang katanya sudah mempraktikkan ini dan mendapati manfaat tersebut.

Bubo Bisa Bikin Kaya

Tak hanya bisa dipercaya bisa menangkal santet, Bubo juga diyakini bisa mendatangkan rezeki melimpah. Beberapa orang percaya jika burung hantu eksotis ini bisa membuat dagangan laris bahkan memudahkan deal-deal bisnis. Caranya sendiri tak perlu pakai jampi-jampi, cukup melakukan hal-hal super simpel.

Burung pembawa keberuntungan [Image Source]

Caranya yakni cukup pasang si Bubo di toko atau di tempat-tempat di mana bisnis berjalan. Keberadaannya di situ akan membuat segalanya lancar. Benar atau tidak, memang tidak diketahui dengan pasti. Tapi, banyak orang yang meyakini hal tersebut.

Burung Bubo Banyak Diburu dan Harganya Lumayan Mahal

Lantaran bentuknya yang unik serta punya mitos yang luar biasa, burung Bubo pun akhirnya cukup banyak dicari. Tak mudah mencari burung satu ini di alam lantaran jumlahnya diketahui tak terlalu banyak. Teritorialnya pun terbatas alias hanya ada di beberapa daerah khusus di Indonesia. Di beberapa negara juga ada sih, tapi juga tak mudah pula menemukannya.

Eksistensi Bubo [Image Source]

Soal harga, burung ini bisa dibilang cukup mahal. Untuk anakannya saja setidaknya harganya mencapai satu jutaan. Kalau sudah jadi dan bagus, bisa berkali-kali lipatnya. Sama halnya seperti di alam, di pasar burung atau toko hewan, Bubo juga sangat sulit untuk ditemukan.

Inilah Bubo Sumatranus, burung eksotis yang dikenal memiliki banyak tuah. Tak seperti saudaranya yang kental dengan mistis kematian, Bubo justru dikenal karena hal-hal menyenangkan macam penangkal santet sampai simbol keberuntungan. Sayangnya, gara-gara ini burung cantik itu banyak diburu. Alhasil, eksistensinya di alam pun makin sedikit.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Begini Kesaksian Nelayan dalam Sidang Ahok

Sebelum Geruduk Rumah SBY, Mahasiswa Dikasih ‘Bekal’ oleh Antasari Azhar