,

Budaya Paling Unik dan Mematikan yang Berasal Dari Suku-Suku di Indonesia

Budaya Paling Unik dan Mematikan yang Berasal Dari Suku-Suku di Indonesia | Sahabat serbaunik.net, ada beragam suku bangsa yang mendiami Indonesia tentunya membuat negara ini kaya akan berbagai macam budaya. Setiap suku tentunya punya keunikan budayanya masing-masing. Salah satunya ialah budaya pertarungan ala ksatria yang malah sudah mereka perbuat secara turun temurun. Tradisi yang sudah dijaga dan dilestarikan tersebut tentunya mengundang para wisatawan untuk melihatnya. Apakah anda penasaran tradisi pertarungan seperti apa sajakah itu?

Berikut telah kami rangkum informasinya, semoga sobat terhibur.

1# Tradisi Perang Pandan, Bali

Tradisi Perang Pandan Bali

Sahabat serbaunik.net, pulau Bali memang telah terkenal hingga ke manca negara sebab etnik budaya dan estetika alamnya yang amat menakjubkan. Salah satu tradisi budaya Bali yang sering mengundang wisatawan untuk berkunjung ialah tradisi perang pandan di Desa Tenganan Bali. Perang pandan atau juga disebut makere-kere ialah sebuah tradisi yang dilaksanakan setahun sekali di desa Tenganan Bali. Tepatnya pada bulan lima almanak desa, tradisi ini dilaksanakan dengan mengoleksi banyak pria di sebuah tanah yang lapang.

Diikuti iringan gambelan khas Bali, dua orang pemuda melakukan pertarungan dengan senjata daun pandan berduri, dilengkapi tameng sebagai pelindung. Cara pertarungannya ialah dengan memukulkan atau menggosokan pandan berduri ke bagian tubuh lawan. Yang telah terdesak, serta tak dapat melanjutkan pertarungan pun dinyatakan kalah.

Lebih uniknya lagi, tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun untuk menghormati Dewa Indra yang dalam mitologi Hindu merupakan Dewa Perang ini tak menimbulkan kemarahan dari para pesertanya, kendatipun badan mereka sudah terluka sebab goresan pandan berduri. Dengan ramuan yang dibuat khusus, luka para petarung justru bisa sembuh dalam sejumlah hari saja.

2# Tradisi Sigajang Laleng Lipa, Bugis

Tradisi Sigajang Laleng Lipa, BugisTradisi Sigajang Laleng Lipa, Bugis

Sahabat serbaunik.net, tahukah anda jika penduduk Bugis juga mempunyai suatu tradisi unik dalam menuntaskan permasalahan antara dua buah keluarga. Apabila ada dua keluarga bermusuhan dan jalan damai tak mampu ditemukan, maka dilakukanlah tradisi pertarungan yang disebut Sigajang Laleng Lipa.

Biasanya setiap kategori yang bersengketa akan mengirim satu petarung yang bakal saling adu kekuatan fisik dan senjata di dalam sarung. Tapi keseringan tradisi ini berakhir dengan hasil seri, keduanya bisa sama-sama hidup atau malah kebalikannya.

3# Tradisi Peresean, Masyarakat Lombok

Tradisi Peresean, Masyarakat Lombok

Sahabat serbaunik.net, tradisi peresean dikenal sebagai suatu tradisi budaya yang telah dilaksanakan masyarakat suku Sasak sejak puluhan tahun lalu. Tradisi yang dilakukan dengan menarungkan dua orang pria ini dilakukan untuk melatih ketangkasan dalam melawan penjajah Belanda yang menjajah masyarakat Lombok. Semua pemuda bakal dilatih bagaimana bertarung dengan memakai kayu menjalin panjang dan sebuah tameng.

Dengan sudah merdekanya negara Indonesia, tradisi pertarungan suku Sasak ini sekarang hanya dilaksanakan dalam rangka menyambut tamu ataupun untuk memboyong wisatawan berkunjung ke wilayah Lombok. Dalam perkembangannya yang menjadi sebuah permainan, tradisi ini dilaksanakan dalam lima ronde. Tapi, jika di ronde awal ada salah satu telah berdarah pada bagian kepalanya, ia bakal dinyatakan kalah dan lawan pun memenangkan laga.

Baca juga: Lukisan Paling Misterius Dan Pembawa Kutukan Di Dunia

4# Tradisi Pasola, Penduduk Sumba

Tradisi Pasola, Penduduk Sumba

Sahabat serbaunik.net, setiap tahun ketika menjelang musim tanam, di wilayah Sumba pun terdapat suatu tradisi unik yang disebut dengan pasola. Dan Pasola sendiri ialah pertarungan yang dilakukan oleh kelompok penunggang kuda yang berasal dari penduduk Sumba. Dengan mengendarai kuda, mereka saling melempar lembing kepada penunggang kuda dari kelompok lain.

Semakin banyak mampu menjatuhkan dan melukai lawan, maka kategori tersebutlah yang akan menjadi pemenangnya. Masyarakat Sumba yakin jika yang mereka perbuat tersebut ialah suatu pengorbanan kepada Sang Pencipta. Apabila telah ada darah yang menetes ke tanah, maka pengorbanan bakal diterima dan dipercaya akan menjadi kesejahteraan yang akan datang, panen melimpah ruah, serta masyarakat pun terhindar dari mara bahaya.

Demikianlah artikel Budaya Paling Unik dan Mematikan yang Berasal Dari Suku-Suku di Indonesia semoga anda terhibur. Salam.

Baca juga: Misteri Aneh Belum Terpecahkan Di Indonesia Yang Membuat Dunia Tercengang

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gilak, 5 Artis Indonesia Ini Konon Jadi Pelaku KDRT!

Hot di Bandara, Nikita Mirzani Disebut ‘Kakaknya Awkarin’