,

Cara Mengadukan Copaser Youtube yang Merubah Isi Artikel Blog Menjadi Suara Video (Slideshow, Narasi)

Sahabat kejadiananeh.com, kamu suka menonton video-video di Youtube? Pasti pernah menemukan sebuah video yang hanya berisi cuplikan gambar sambil disertai suara presenter wanita/pria yang menjelaskan keterangan dalam video slide show tersebut. Terasa janggal bukan, saat kita mendengarnya? Seperti bukan suara manusia sungguhan, kata-katanya terlalu datar dan seperti tidak ada ‘penjiwaan’ sama sekali dalam membacakan isi narasi video.

Yups jelas saja, suara tersebut memang bukanlah ‘asli’ tapi ROBOT, ulah dari pemilik akun Youtube yang mengupload videonya. Berbekal google translate dan aplikasi lain yang membuat artikel menjadi suara video (narasi atau slideshow). Para copaser Youtube ini seenak jidatnya mengcopy paste mentah-mentah hasil karya para pemilik blog/website orang lain.

Lalu apa dampaknya bagi seorang pemilik blog jika artikel-artikelnya nya sampai dirubah menjadi video slideshow kemudian diupload ulang ke laman Youtube? Yups tentu saja, artikel mereka yang awalnya berhasil meraih page google akan menurun peringkatnya, bahkan sering ditemukan hilang sama sekali dari keyword pencarian (enggak tahu sedang berlibur kemana itu si artikel).

Padahal jelas-jelas mereka adalah korban copy paste, dan tentu saja hal ini bisa mempengaruhi trafik pengunjung blog, yang bisa menurun drastis.

Berbagai reaksi pemilik blog ada yang anteng-anteng saja, tapi banyak juga yang marah termasuk saya hehehe. Kok saya harus marah kayak anak kecil aja? Biariiinnn daripada jadi orang dewasa tapi otaknya kecil, suka mencuri hasil karya orang lain tanpa merasa malu.

Kalau kebetulan kamu seorang blogger (pemilik web/blog) seperti saya dan gak tahu bagaimana cara mengadukan tukang copas Youtube yang sudah jelas-jelas merampok hasil karya artikel kamu, tunggu apalagi laporkan segera ke pengaduan Youtube, jangan cuma bisanya ngambek, ngeluh sama Tuhan trus jadi gak semangat lagi nulis artikel.

Ingat! Tuhan memang Maha Mendengar, dia tidak pernah pelit menolong hamba-hambanya, tapi ada bagian yang juga harus kamu ikut andil dan bukan hanya duduk diam doang, berdoa setiap hari tapi kamunya gak ambil tindakan, karena pasrah bukanlah sama dengan duduk diam berpangku tangan. Bagian kamu ya itu tadi mengadukan video Youtube yang bermasalah.

Dan jangan takut kalau kamu merasa video, isi artikel atau foto itu sepenuhnya milikmu. Pasti akan ditanggapi dengan cepat oleh pihak Youtube, percaya deh Youtube itu sangat sensitif.

Jangankan mengupload ulang video milik orang lain, satu foto pun misalnya foto pacar, atau foto anak kamu tampil dalam tayangan video akan segera diambil tindakan penghapusan video sampai banned akun Youtube si tukang copas.

Cara Melaporkan Video Youtube Bermasalah, Copas Menjadi video Slideshow dan Narasi Video

cara mengadukan copaser youtube

Lihat tanda panah berwarna ungu diatas, kamu cukup klik tulisan lebih banyak, kemudian klik tombol laporan dibawah bagian deskripsi video. Selanjutnya akan dibawah ke laman berikutnya seperti gambar dibawah ini.

Disana kamu bisa memilih kategori apa yang ingin kamu laporkan, setelah lanjut tombol ‘Kirim’. Dan nanti kamu wajib memberikan informasi tentang pelanggaran dokumen, artikel atau foto pribadi (masalah privasi) yang merasa dirugikan. Jika ingin mengadukan tentang artikel pilih pilihan yang lain atau yang tidak ada di daftar kategori.

Melaporkan Video Youtube Bermasalah

Tahap terakhir kamu wajib memberikan informasi nama lengkap, alamat, email, dan nomor telepon. Tenang saja identitas pribadi kamu akan dirahasiakan oleh pihak Youtube terutama nomor telepon.

Hanya email saja yang diperlihatkan, gunanya agar si pelanggar video alias tukang copas bisa mengirimkan permohonan klaim hak cipta dicabut. Sampai disini terserah kamu, mau dimaafkan atau sekalian dibikin kapok, gak usah diladeni sama sekali biar gak kebiasaan hehehe.

Pengalaman saya, jika melaporkan video Youtube bermasalah pada hari ini, besok atau paling lambat 3 harian, pokoknya gak sampai seminggu video copaser tersebut sudah dijamin terhapus.

Tapi ingat kamu pun harus siap siaga, kalau-kalau pihak Youtube memerlukan informasi tambahan, misalkan dia ingin kamu memberi contoh/bukti untuk meyakinkan bahwa kamu adalah pemilik sah content, foto atau video.

Misalkan foto kamu ada copyright trademark (logo nama), atau cukup screen capture foto pribadi kamu yang tanggalnya lebih dulu diunggah ke Facebook atau media sosial lainnya. Dan khusus bagi pemilik blog yang artikelnya dirubah menjadi suara google translate, biasanya para tukang copas ini akan menyalin mentah-mentah isi artikel kamu ke bagian deskripsi videonya.

Lalu bagaimana jika video copas tersebut tidak ada tulisan deskripsi artikel kita? Tetap adukan selama artikel-artikel kamu dirubah menjadi bentuk narasi alias suara video. Meskipun gambar-gambar sudah diganti total dan tidak ada tulisan deskripsi sama sekali. No picture = Hoax?

Yess saya akan memberikan bukti capture gambar video saya yang dicopas, tanpa deskripsi dan tanpa suara sama sekali yang diunggah oleh si tukang copas Youtube. Kok bisa? Yailah yang dicopas foto anjing peliharaan saya pribadi, cari sampai ujung dunia pun juga gak bisa ditemukan gambar sama, mulai dari anjingnya sampai latar belakang backgroundnya.

Sudah jelas bukan?, apalagi kalau foto pribadi pacar kamu yang sampai muncul, masa iya pacar kamu ada kembaran identik yang sama persis di belahan dunia lain hehehe. Sampai saat ini sudah lebih dari 13 video slide show yang saya laporkan karena mengcopas artikel blog saya.

Contoh Pengisian Informasi Laporan Video Youtube Bermasalah 

Merubah Isi Artikel Blog Menjadi Suara Video Slideshow Narasi

Dampak Akun Tukang Copas Youtube (pelanggaran Video) jika Menerima Teguran Hak Cipta

Mengutip dari laman Pedoman Komunitas Youtube, Jika Anda menerima teguran hak cipta sebanyak tiga kali :

– Akun Anda akan dihentikan
– Semua video yang diupload ke akun Anda akan dihapus
– Anda tidak dapat membuat akun baru

Jenis karya apa saja yang tunduk pada hak cipta?

– Karya audio visual, seperti acara TV, film, dan video online
– Rekaman suara dan komposisi musik
– Karya tulis, seperti kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
– Karya visual, seperti lukisan, poster, dan iklan
– Video game dan perangkat lunak komputer
– Karya drama, seperti sandiwara dan drama musikal
– Dan keterangan selanjutnya, Jika teman Anda atau orang lain, mengupload video, gambar, rekaman yang menampilkan diri anda TANPA IZIN, dan anda merasa konten dalam video tersebut melanggar privasi atau keamanan, anda dapat mengajukan keluhan privasi.

Contoh laporan Pengaduan Youtube yang sudah dihapus, dokumentasi foto anjing saya yang dijadikan video Slideshow sama orang bule, padahal HANYA SATU GAMBAR dan tidak ada copas artikel, bunyi suara ataupun keterangan deskripsi sama sekali. Tetap diterima keluhan kita dengan baik, emang Youtube ajib banget 😀

video youtube bermasalah

Alasan kita harus jadi Raja Tega Melaporkan Tukang Copas Video Youtube

Bagi kamu pemilik web, pasti rasanya capek yah nulis seharian untuk membuat artikel yang berkesan buat pengunjung, belum lagi periksa ulang tulisan apakah masih ada kesalahan typo, trus mengkompres gambar-gambar agar tidak membuat loading blog menjadi berat. Eehh tiba-tiba seminggu kemudian atau bisa jadi keesokan hari, si tukang copas mencret ini menyalin hasil karyamu.

Apa gak keki? Pantat panas sampai ngebul duduk seharian bikin artikel, ini si kunyuk main copas aja hahaha. Ini baru artikel, Gimana yang empunya video, sudah dandani anak sampe cantik biar penampilannya berkesan di hati para penonton Youtube, eh lagi-lagi diupload ulang sama makhluk-makhluk aneh tapi nyata hahaaha.

Alibi pembelaan mereka para tukang copas biasanya begini, ya elah pelit amat sih kayak hasil karyanya murni 100 persen saja, emang seniman apah. Palingan juga hasil terjemahan, modifikasi tulisan atau bayar jasa penulis artikel.

Eh tong kalau emang begitu kenapa lo gak mengambil langkah yang sama, katanya mudah, katanya gampang? Lu pikir juga kalau bayar penulis artikel pun emang gak pake duit, cukup bakar menyan gitu?

Copy paste = mencuri, dan tidak ada satupun manusia di dunia ini mendapati seorang pencuri yang masuk ke rumahnya nyelonong wae tanpa izin dengan memperlakukan dia baik-baik seperti memberi makan atau ajak nonton TV bareng. Hanya ada 2 jawaban, diteriaki maling kemudian dipukuli massa atau nasibnya sedikit baik langsung diserahkan ke kantor polisi.

Namun untuk sesama pemilik blog alias blogger, saat mereka menyalin hasil karya orang lain biasanya cukup mencantumkan sumber link aktif yang mengarah ke artikel asli. Tapi ingat tidak semua karakter pemilik blog seperti ini, banyak juga yang sudah mencantumkan sumber link tapi tetap diadukan oleh mereka ke Google DMCA, Jangan Tanya Kenapa?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fakta Ilmiah Ini Menjelaskan Kalau Cowok Sejatinya Memang Mata Keranjang. Cewek yang Sabar Ya

Momen Memalukan, Miss Italia Dipanggil Maju 16 Besar Miss Earth 2016, Miss Indonesia Yang Maju