,

Fenomena Hujan Es dan Pelangi Kembar di Jakarta, Pertanda Apakah Ini?

Masa iya ada hujan es di Jakarta? Padahal saya orang Jakarta, lokasi di Jakarta Timur lagi, apa gara-gara kelamaan tidur jadi gak sempat melihat :D. Tapi menurut kesaksian teman-teman yang tinggal di belahan dunia lain Jakarta, fenomena aneh hujan es ini memang benar-benar terjadi dan bukan gosip murahan.

hujan es jakarta

Yang lebih aneh dan mengejutkan, bukan hanya turun butiran-butiran es salju saja, tapi juga tampak kemunculan pelangi kembar yang gambarnya baru-baru ini menjadi viral di medsos. Sahabat kejadiananeh.com, Apakah ini sebuah pertanda alam tentang nasib Kota Jakarta di masa yang akan datang? Tapi daripada kita mati suntuk mikiran hal-hal yang gak masuk akal, sebenarnya fenomena hujan es batu ini dapat dijelaskan secara sains.

Penjelasan Hujan Es di Jakarta dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Mengutip dari detik.com, Menurut penjelasan Bapak Hary Tirto Djatmiko, selaku Kabag Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan es yang sedang melanda beberapa wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan sekitarnya memang benar kalau pihaknya sudah mendapatkan laporan dari warga Ibu kota. Dan potensi hujan es salju dari Pasar Rebo serta Pasar Minggu ini bisa saja bergeser ke beberapa wilayah Jakarta lainnya seperti di daerah sektor Bintaro, Pesanggrahan dan Bumi Serpong Damai.

Gambar hujan es batu

Berawal dari hujan petir, angin kencang yang cukup dahsyat diatas langit, awan-awan membentuk gumpalan partikel parsel udara. Kemudian terjadi proses konvesi aktivitas tinggi hingga merubah air menjadi butir-butir es. Jika proses konvetik tersebut semakin kuat, maka komponen es salju yang turun ke bumi akan semakin bertambah besar. Jadi tak heran kalau kita pun bisa mengambil butiran-butiran hujan yang mirip sekali dengan bongkahan es batu sebesar biji kelereng tersebut.

Kejadian aneh hujan es ini biasanya sering terjadi pada pergantian musim pancaroba dari kemarau ke musim hujan, begitupun sebaliknya. Ketika di malam hari, suhu udara akan berubah secara ekstrim, yang biasanya dingin akan berubah menjadi gerah serta lembab. Kemudian esok paginya dilangit akan mulai muncul penampakan awan kumulonimbus (gumpalan awan hitam atau berwarna abu-abu mirip gambar bunga kol), terkadang disertai dengan fenomena pelangi kembar.

Gambar Butiran Salju Hujan Es dan Penampakan Pelangi Kembar di Langit Jakarta

pelangi kembar di jakarta

Dan terakhir, detik-detik turunnya hujan es akan disertai perubahan suhu yang menjadi dingin disekitar kita, lalu mulai angin yang berhembus kencang kemudian turunlah hujan deras secara tiba-tiba. Meski tak semua hujan yang jatuh dari awan kumulonimbus tersebut tak selalu berbentuk butiran-butiran es salju. Kejadian ini hanya fenomena wajar dari Alam, dan kita tak perlu mengkhawatirkannya apalagi menyangkutkannya dengan pertanda ghaib, mitos dan sejenisnya. Bukankah sebelumnya hujan es juga pernah melanda Kota Surabaya, ungkap Hary Tirto Djatmiko.

Ini Videonya cuy, Gilak Horor Bener kaya Es Batu Beneran!! Gimana Endingnya tuh Kalo Kena Tempurung Kepala? 

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Messi Diskorsing Empat Laga, Argentina Tumbang di Kandang Bolivia

Penyihir Ramai-ramai Santet Donald Trump