,

Inilah 5 Negara Paling Berbahaya di Benua Afrika

Selama keserakahan akan uang, dan kekuasaan tidak habis maka perang tidak akan berhenti. Perang akan terus berjalan hingga kesengsaraan menjadi hal yang biasa. Kemanusiaan lama-lama luntur, bahkan habis.

Zaman modern tidak membuat perang usai. Seperti yang terjadi di negara-negara Afrika berikut ini. Nyaris setiap hari terjadi perang. Keamanan adalah hal yang langka. Bahkan Global Peace Index mengatakan negara Afrika ini termasuk negara paling berbahaya. Berikut daftar negara Afrika tersebut.

1. South Sudan

South Sudah terletak di Benua Afrika bersebelahan dengan Sudan dan Ethiopia. Sejak 2011 silam South Sudan memasuki fase baru dalam pemerintahan. Negara ini menjadi independen. Hal ini terjadi karena adanya konflik internal dalam pemerintahan.

South Sudan [image source]
South Sudan [image source]

Kekerasan antar etnik menjadi hal biasa di South Sudan. Para Suku nomaden bertarung dengan suku yang lain. Kekuasaan diperebutkan. Hal ini membuat keamanan South Sudan tidak terjamin. Bahkan warga asing dilarang masuk ke negara ini.

2. Somalia

Somalia mengalami perang sipil sejak tahun 1991. Perang antar warga ini terus bertahan selama puluhan tahun, bahkan sekarang. Gerakan perang dimulai sejak rezim Siad Barre pada tahun 1980. Sekarang anak-anak dari organisasi Siad memulai misinya sendiri-sendiri.

Somalia [image source]
Somalia [image source]

Yang diperebutkan di Somalia adalah pengaruh untuk negara. Atau bahasa sederhanannya, perebutan kekuasaan. Yang berkonflik tidak hanya dua kelompok etnik atau klan, tapi banyak. Semua menginginkan hal yang sama, dan tidak memedulikan keselamatan warganya.

3. Sudan

Sama halnya dengan South Sudan. Negara Sudan mengalami konflik internal. Kekuatan negara digerogoti dari dalam dan membuat seluruh warganya sengsara. Perang sipil antar kelompok warga berjalan selama bertahun-tahun. Dan sampai sekarang tidak ada penyelesaiannya.

Sudah [image source]
Sudah [image source]

Selain itu, Hak Asasi Manusia di Sudan tidak begitu diperhitungkan. Orang seperti tidak memiliki nyawa atau hak apapun. Selain itu isu pemusnahan membuat semuanya kian mencekam dan mengerikan.

4. Democratic Republic of Congo

Negara ini sebenarnya kaya akan hasil bumi. Namun keadaan politiknya kacau. Tidak pernah stabil. Selain itu budaya korupsi yang mendarah daging membuat Congo semakin rusak parah. Perang sipil terjadi pada tahun 1996 hingga sekarang.

Democratic Republic of Congo [image source]
Democratic Republic of Congo [image source]

Tercatat ada sekitar 5,4 juta warga meninggal dunia dalam suasana perang. Hal ini terjadi pada tahun 1996-1998. Sekitar 90% kematian diakibatkan malaria, diare, pneumonia. Hal ini terjadi karena warga mengungsi ke daerah yang memiliki kondisi sanitasi buruk.

5. Nigeria

Meski termasuk negara yang kaya akan hasil tambang minyak. Nigeria dikenal sebagai negara dengan isu sosial yang tinggi. Hak Asasi manusia di sana benar-benar tidak ada sama sekali. Negara ini juga dikenal sebagai negara korup. Bahkan hampir seluruh pemerintahannya pasti korup.

Nigeria [image source]
Nigeria [image source]

Hal lain yang mengerikan di Nigeria adalah tatanan sosialnya. Pemerkosaan terjadi di sepanjang jalan. Penyiksaan dan eksploitasi seksual anak-anak juga terjadi. Bahkan yang parah, di Nigeria sering terjadi diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, etnik dan agama. Benar-benar negara yang sangat kacau.

Meski Indonesia tidak seperti negara di atas. Tapi indonesia juga dikenal sebagai negara yang korup. Perebutan kekuasaan juga kerap terjadi di Indonesia. Kita harus waspada dan menjaga diri agar hal mengerikan seperti di atas tidak terjadi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 Benda Tergila yang Pernah Ditemukan Petugas Bandara

Barang-Barang Ini Awalnya Dibuat Untuk Tujuan yang Berbeda