,

Kampus Keren Saingan Harvard, Meski Berada di Tengah Gurun Pasir

Memperoleh pendidikan yang bagus dan punya nama adalah salah satu dari banyak hal yang pasti diinginkan setiap orang. Nah, kalau ngomongin pendidikan tinggi sepertinya pas banget kalau memunculkan nama Harvard di sana. Yup, kampus tempat para CEO dunia drop out ini emang terkenal akan kualitasnya. Sehingga nggak heran kalau untuk masuk di tempat ini terkenal cukup susah.

Selalu ada alternatif lain kalau kamu bener-bener niat. Nah, kalau kamu pengen kuliah di Harvard dan merasa ini adalah hal yang mustahil, mungkin kamu bisa pilih Deep Spring. Asal kamu tahu, tempat ini juga nggak kalah dari Harvard soal menghasilkan lulusan keren. Namun, kuliah di sini jauh lebih menantang karena kamu bakal tinggal di daerah gurun pasir dan juga bekerja mengurus peternakan.

Tapi, kebanggaan dan value of learning yang kamu dapatkan di sini tentu nggak sama seperti di kampus lain termasuk Harvard. Nah, ada hal keren apa aja sih di Deep Spring? Cari tahu lewat ulasan menarik ini.

1. Lokasi Kuliah Anti Mainstream

Jika kebanyakan kampus terletak di pinggiran kota-kota besar, maka Deep Spring ini benar-benar berbeda. Seperti namanya, kampus ini terletak di lembah Deep Spring Valley yang berada di komplek gurun pasir California. Bisa dibayangkan gimana rasanya kuliah di tempat ini? Pasti bakal gerah dan suasananya nggak enak banget.

Lokasi kuliah yang nggak mainstream malah bikin Deep Spring jadi rebutan [Image Source]
Lokasi kuliah yang nggak mainstream malah bikin Deep Spring jadi rebutan [Image Source]

Well, menurut banyak orang mungkin begitu. Tapi, faktanya tempat ini justru diburu banyak calon mahasiswa karena keunikan tempatnya. Di samping tempatnya yang cukup jauh dari keramaian, membuat Deep Spring jadi tempat belajar yang sempurna.

2. Belajar Sekaligus Jadi Penjaga Peternakan

Berbeda dengan kampus lainnya yang hanya mewajibkan mahasiswanya belajar, di sini kamu juga dituntut untuk melakukan hal lain. Yup, jadi tukang jaga peternakan alias farmer. Kamu bertanggung jawab atas semua hewan ternak di sini. Mulai dari sapi sampai ayam.

Nggak cuma belajar, para mahasiswa juga bekerja menjaga peternakan [Image Source]
Nggak cuma belajar, para mahasiswa juga bekerja menjaga peternakan [Image Source]

Nggak cuma itu, kamu harus memastikan mereka tetap sehat dan menghasilkan. Semua sistem di sini dilakukan secara mandiri. Jadi apa pun yang terjadi terhadap kelancaran di sini menjadi tanggungan para mahasiswanya sendiri. Pasti berat banget tuh, nggak hanya harus belajar tapi juga harus merawat ternak.

3. Hanya Menerima 12 Mahasiswa

Fakta unik lain dari tempat ini adalah ternyata tiap tahunnya mereka hanya menerima 12 orang mahasiswa aja. Terlebih, hanya ada dua angkatan di tempat ini. Praktis, seluruh beban peternakan dan kampus ditanggung oleh 24 orang aja. Pasti jadi hal yang memberatkan tuh.

Hanya 12 orang aja yang boleh belajar di sini [Image Source]
Hanya 12 orang aja yang boleh belajar di sini [Image Source]

Udah tahu bakal sangat berat ketika kuliah di sini, tapi ternyata banyak banget lho yang apply. Pertahunnya Deep Spring menerima 200an pelamar. Kemudian dari jumlah tersebut benar-benar diseleksi untuk akhirnya jadi yang terpilih dan menjalani kehidupan ala mahasiswa, tapi farmer untuk dua tahun berikutnya.

4. Menghasilkan Lulusan yang Luar Biasa

Tertempa dengan beban berat ternyata berpengaruh positif terhadap lulusannya. Survey menyatakan 90 persen alumni Deep Spring sangat mudah diterima kerja di mana pun. Jumlah ini lebih keren dari pada Harvard dengan persentase sebanyak 81 persen.

Meskipun cuma 12 orang, tapi lulusan Deep Spring sangat berkualitas [Image Source]
Meskipun cuma 12 orang, tapi lulusan Deep Spring sangat berkualitas [Image Source]

Meskipun berat, mahasiswanya mengaku sangat enjoy menjadi salah satu bagian Deep Spring. Nggak hanya belajar dan bekerja aja, mereka juga lebih bisa menghargai arti hidup. Tempatnya yang keren ini sendiri juga mempengaruhi para lulusan secara emosional. Nggak heran kalau Deep Spring ada di puncak daftar kampus impian.

Butuh rekomendasi tempat kuliah yang nggak biasa? Mungkin kamu bisa coba melamar beasiswa di tempat ini. Asalkan tahan dan bisa menyesuaikan diri, kamu tinggal pilih deh mau bekerja di mana pun. Asiknya lagi kamu bisa makan daging dan minum susu tiap hari dengan kondisi paling segar.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Lho Beberapa Mitos Soal Gula yang Sering Bikin Orang Bingung

Selain Karimunjawa, di Sini Kamu Juga Bisa Bermain dengan Anak Hiu, Liar Pula