,

Keluhan Gusi Bengkak yang Menyiksa, Ternyata Bisa Disembuhkan Dengan Mudah Menggunakan Cara Ini

Hampir semua orang pastinya akan mengeluh ketika mengalami pembengkakan pada gusi. Pasalnya, hal tersebut bisa menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa mirip seperti sakit gigi. Bahkan, jika terus dibiarkan dapat mengeluarkan nanah ketika terjadi infeksi berlanjut.

Untuk mengatasi gusi bengkak, kita dapat menggunakan berbagai macam obat yang banyak tersedia di pasaran. Namun, jika tidak menginginkan adanya efek samping yang bisa bikin hidup tambah menderita, sebaiknya kita menggunakan pengobatan alami untuk mengatasinya.

Sebelum membahas mengenai cara tersebut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab dari gusi bengkak yang kita alami.

Penyebab gusi bengkak

• Konsumsi makanan yang kurang sehat
• Kurang menjaga kebersihan mulut
• Penggunaan kawat gigi
• Kekurangan vitamin
• Berada dalam masa kehamilan

Cara mengobati gusi bengkak hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami

keluhan busi bengkak

• Pasta Gigi Sensodyne

Ini adalah pengalaman pribadi saya yang sering mengalami gusi bengkak dan sakit gigi. Percaya gak percaya, tapi sudah banyak orang yang membuktikannya termasuk saya. Setelah mengganti pasta gigi (odol) saya dengan merek Sensodyne jenis Repair & Protect, ternyata keluhan gusi bengkak dan sakit gigi saya sudah sangat jarang sekali kambuh.

Padahal gigi saya banyak sekali yang bolong, dan dulu paling takut untuk makan cokelat, es krim ataupun gorengan panas, pasti gigi akan terasa ngilu dan ujung-ujungnya sakit gigi kambuh kembali.

Maaf yah ini bukan promosi pasta gigi sensodyne, karena saya tidak mendapatkan bayaran sama sekali dari pembuat odol tersebut. Ini hanya sebuah testimonial pribadi, kalau sensodyne benar-benar seperti pahlawan dalam hidup saya. Sekarang bisa bebas makan apa saja tanpa takut ngilu apalagi sakit gigi, mudah-mudahan awet terus sampai matek hahaha.

Sebenarnya sih banyak merek odol lain yang tak kalah bagus seperti Sensodyne, tapi lupa atuh namanya. Btw tetap untuk pengobatan terbaik harus rajin melakukan perawatan ke Dokter Gigi yah, kecuali malas kayak saya hehehe.

• Minyak Cengkeh

Pengobatan gusi bengkak secara alami dengan minyak cengkeh sangat mudah untuk diterapkan di rumah. Kamu hanya perlu mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada gusi yang bengkak secara merata dan lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

• Kulit Andong

Bagian kulit dari tanaman andong juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk gusi bengkak. Pertama, bersihkan kulit andong dengan cara mencucinya. Lalu, kunyah perlahan dan tambahkan dengan sedikit garam. Setelah halus, tempelkan ramuan tersebut pada bagian gusi yang bengkak.

• Baking Soda

Selain untuk bahan dasar pembuatan kue, baking soda juga berkhasiat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Salah satunya yaitu untuk mengobati gusi bengkak secara alami.

Baking soda terbukti mampu mengurangi rasa nyeri akibat adanya pembengkakan pada gusi serta mencegah terjadinya penyebaran bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi.

• Jeruk Lemon

Jeruk lemon juga termasuk salah satu pengobatan alami gusi bengkak. Caranya yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air hangat sebanyak setengah gelas. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur sebanyak 2 kali dalam sehari.

• Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan zat yang mampu mengatasi pembengkakan. Pengobatan gusi bengkak dengan bahan alami yang satu ini dapat dilakukan dengan menghaluskan bawang merah terlebih dahulu. Lalu, oleskan ramuan tersebut pada bagian gusi yang bengkak.

• Daun Sirih

Pengobatan gusi bengkak secara alami kali ini sangatlah mudah. Siapkan daun sirih sebanyak 10 lembar, garam, dan kunyit. Rebus semua bahan tersebut dalam setengah liter air. Tunggu sampai mendidih lalu saring airnya. Minum atau gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur secara teratur.

• Asam Jawa

Asam jawa memiliki khasiat untuk mengobati karang gigi yang menjadi penyebab pembengkakan pada gusi.

Pengobatan alami gusi bengkak ini cukup mudah untuk diterapkan. Pertama, siapkan asam jawa secukupnya kemudian sangrai selama beberapa menit. Tumbuk asam jawa yang telah disangrai sampai halus dan oleskan pada karang gigi.

cara mengobati gusi bengkak

• Madu

Mengobati berbagai macam penyakit dengan madu tentu sudah populer di kalangan masyarakat. Bahan alami dengan rasa manis dan bertekstur kental ini mampu mengatasi gusi bengkak dengan ampuh serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

• Air Garam

Pengobatan gusi bengkak yang sangat ampuh selanjutnya adalah menggunakan air garam, dimana khasiatnya sangat baik untuk melawan kuman penyebab masalah tersebut. Gunakan air garam untuk berkumur sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari dan lanjutkan dengan berkumur menggunakan air bersih.

• Daun Krokot

Cara membuat ramuan untuk pengobatan alami gusi bengkak kali ini yaitu dengan merebus tanaman krokot dalam air sebanyak 3 gelas. Biarkan mendidih sampai air hanya tersisa 1 gelas. Minum saat ramuan tersebut sudah dingin dan lakukan secara teratur.

Itulah beberapa cara pengobatan gusi bengkak dengan bahan alami yang tentunya aman dan dapat kamu coba dirumah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beredarnya Mie Bikini Bihun Kekinian yang Tak Senonoh di Bandung

Ini ucapan Roy Suryo yang bikin Bonek tersinggung