,

Kisah Menyeramkan di Balik Labu Halloween

Kisah Menyeramkan di Balik Labu Halloween | Halloween selalu identik dengan labu yang diukir khas. Labu bernama Jack-o’-lanterns sudah jadi ikon seluas dunia.

Seperti dikutip dari apakabardunia.com, Halloween berasal dari Festival Samhain kaum Celtic kuno (wilayah Irlandia) dan kisah Jack-o’-lanterns mempunyai cerita legenda yang menyeramkan. Jack merupakan nama seorang petani yang sering mabuk. Suatu sewaktu, dalam keadaan mabuk dia berniat menipu setan akan tetapi justru dirinya yang terpedaya. Akibatnya, dia terombang-ambing tidak pasti ketika mati di antara gerbang surga dan neraka.

Jack tidak memiliki pilihan lain kecuali berkelana di alam kegelapan, di sekitar wilayah barah penyucian. Jack membuat lentera dari lobak, barah diperolehnya dari batu bara yang dilemparkan iblis dari neraka. Jack memakai lentera lobak ini untuk memandu jiwanya hilang.

Demikianlah, kisah tersebut yang mendasari kepercayaan negara Celtic yang pada akhirnya dibuatlah labu, diisi dengan lilin, dan diletakkan di luar rumah setiap 31 Oktober. Fungsinya untuk membantu arwah-arwah yang tersesat di malam itu kembali pulang. Halloween (atau Samhain) adalah waktu sewaktu roh-roh banyak berkeliaran.

Lobak diukir menyeramkan juga untuk menakut-nakuti roh-roh supaya segera pergi. Negara Celtic juga mengenakan kostum seram sehingga roh-roh dursila tak mampu membedakan antara manusia dan hantu.

Ketika kelaparan melanda Irlandia tahun 1846, banyak orang yang mengungsi ke Amerika. Tradisi Halloween tetap mereka bawa ke benua baru ini. Karena lobak susah didapat di Amerika, maka labu dipergunakan sebagai pengganti. Siapa sangka, labu malah menjadi amat populer hingga saat ini.

Baca artikel sebelumnya: saat dongeng berubah jadi patung

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dena Rachman Jadi Penyebab Runtuhnya Rumah Tangga Aming-Evelyn?

Kakak Angkat Ahok Ditolak Karena Dilarang Undang-undang