, ,

Kurma, Buah Kesukaan Nabi untuk Berbuka Puasa

Selain berbagai macam takjil yang dijual saat menjelang adzan Maghrib, buah kurma juga begitu di nikmati untuk sajian saat berbuka puasa. Baginda Nabi Muhammad S.A.W pun berbuka puasa dengan segelas air putih dan tiga butir kurma.

Ternyata, buah kurma tidak hanya nikmat tetapi juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Maka dari itu, kita para umat muslim juga di sunnah-kan untuk memakan buah kurma saat berbuka puasa. Apa saja yaa manfaat dari buah kurma ini? Berikut penelusurannya.

1. Sejarah Kurma

Pohon kurma berasal dari sekitar Teluk Persia. Pohon tersebut adalah jenis tanaman palma dan buahnya dapat dimakan, yakni buah kurma. Tinggi pohon ini sekitar 15 – 25 meter dan panjang daunnya sekitar 3 – 5 meter. Pada tangkai daunnya yang menyirip terdapat banyak duri yang cukup tajam.

Inilah Bentuk Pohon Kurma
Inilah Bentuk Pohon Kurma [ImageSource]

Buah dari pohon yang telah dibudidayakan sejak zaman kuno ini, dijadikan menjadi anggur kurma oleh bangsa Mesir Kuno. Kemudian orang Arab menyebarluaskan buah kurma ke sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, serta bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Saat ini kurma sudah dapat ditemukan diberbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

2. Manfaat

Pohon kurma juga kaya akan manfaat, mulai dari bijinya, buahnya sampai getah pohonnya. Setiap 100 gram buah kurma segar mengandung sumber Vitamin C dan energi. Buah ini juga dapat membantu usus yang bermasalah, mengobati sakit tenggorokan, flu juga demam.

Buah Kurma, Kaya Akan Manfaat
Buah Kurma, Kaya Akan Manfaat [ImageSource]

Buah kurma juga dapat dipercaya dapat menetralkan tubuh yang keracunan alkohol. Pemanfaatan bagian lain dari pohon kurma adalah daunnya untuk dibuat tikar, getahnya yang bisa digunakan untuk membuat syrup dan berbagai produk makanan lainnya.

3. Jenis-Jenis Kurma

Kurma yang matang dikelompokkan menjadi empat golongan, yakni kimri atau kurma muda, khalal atau kurma dengan ukuran penuh, rutab atau kurma yang matang nan lembut dan tamr atau kurma yang matang lalu dikeringkan dengan bantuan matahari.

Ada Banyak Jenisnya
Ada Banyak Jenisnya [ImageSource]

Dari jenis-jenis tadi, setidaknya ada 10 kurma yang paling populer. Kurma-kurma tersebut yakni kurma Deglet Noor, kurma Halawi, kurma Amer Hajj, kurma Mozafati, kurma Thoory, kurma Umelkhashab, kurma Sekkeri, kurma Zaghloul dan yang paling populer dan menjadi favorit Nabi Muhammad S.A.W adalah kurma Ajwah.

4. Kurma Ajwah

Dari sekian banyak kurma, kurma Ajwah lah yang dipercaya menjadi favorit Nabi Muhammad S.A.W. Pohonnya tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Bentuknya cenderung bulat dan ukurannya tidak teralu besar. Di pasaran, jenis kurma ini adalah kurma dengan harga termahal.

Kurma Ajwa Atau Dikenal Dengan Sebutan Kurma Nabi
Kurma Ajwa Atau Dikenal Dengan Sebutan Kurma Nabi [ImageSource]

Kurma Ajwah mampu memberi tenaga tambahan untuk orang yang sedang berpuasa agar tidak merasa lemas. Kita dapat memakannya saat sahur dan saat berbuka puasa. Selain menyehatkan, kita pun akan mendapat pahala saat memakannya, karena ini juga merupakan  sunnah Nabi Muhammad S.A.W

5. Kreasi Kurma

Ternyata, memakan kurma bisa dengan berbagai cara loh. Jika kamu bosan, kamu bisa berkreasi dengan buah yang biasanya berwarna coklat kehitaman ini dengan mengolahnya menjadi makanan lain yang tak kalah lezat rasanya. Seperti contoh, untuk campuran cake, campuran puding atau dibuat minuman.

Milkshake Kurma Yang Lezat
Milkshake Kurma Yang Lezat [ImageSource]

Salah satu minuman dengan campuran kurma yang enak adalah milkshake kurma. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya membutuhkan susu cair, gula pasir, es serut dan beberapa buah kurma. Blender semua bahan tadi, jika sudah tercampur kamu tinggal menuangkannya ke dalam gelas. Tambahkan sedikit whipped cream jika kamu suka.

Ternyata, selain nikmat kurma juga kaya akan manfaat ya. Mulai dari pohonnya, buahnya bahkan sampai getahnya. Ditambah lagi buah ini bisa dikreasikan dengan berbagai macam resep yang ada. Kamu sendiri, biasanya suka makan kurma begitu saja atau di olah nih readers?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 Kebiasaan Makan Super Aneh yang Ternyata Ada Namanya!

5 Keuntungan Jika Kamu Punya Cewek dengan Kuku Panjang