,

Manusia Pertama Yang Berjalan di Luar Angkasa

Manusia Pertama yang Berjalan di Luar Angkasa | Berjalan di luar angkasa (Space Walk) adalah aktivitas yang dilaksanakan oleh astronot di luar pesawat sewaktu mereka sedang mengorbit di luar bumi. Dikatakan juga sebagai Extra-vehicular activity alias beraktivitas di luar kendaraan luar angkasa. (Baca juga: pernikahan paling aneh dan unik di dunia)

Tak dinyana, aktivitas di luar angkasa ini jadi kompetisi tersendiri bagi astronot-astronot sebab mempunyai tantangan dan bahaya tersendiri. Lalu, siapa sajakah yang pertama kali berjalan di luar pesawat sewaktu sedang mengelilingi  di luar bumi? Inilah daftarnya yang dikutip dari unikgaul.com

1. Alexey Leonov

Bernama lengkap Alexey Arkhipovich Leonov ini dilahirkan di Listvyanka, Kemerovo Oblast, Uni Soviet pada 30 Mei 1934. Ia pensiun dari astronot Rusia dan berpangkat terakhir Mayor Jenderal di Angkatan Udara. Pada 18 Maret 1965, Leonov jadi manusia pertama di dunia yang berjalan di luar angkasa.

Dia berada di luar pesawatnya itu selama 12 menit 9 detik. Leonov sendiri adalah satu dari 20 pilot Angkata Udara Soviet yang terpilih jadi astronot pada 1960. Perjalanannya ke luar angkasa rencananya untuk 11 misi memakai pesawat Vostok. Akan tetapi, semua itu dibatalkan dan cuma menyisakan 1 misi yang membuatnya jadi salah satu manusia paling dikenang dalam sejarah dunia penerbangan luar angkasa.

2. Edward Higgins White

Edward Higgins White merupakan Manusia kedua yang berjalan di luar angkasa lewat misi Gemini 4. Meskipun manusia kedua, tetapi dalam sejarah penerbangan luar angkasa Amerika, ia merupakan manusia pertama yang berjalan di luar pesawatnya saat mengorbit di atas bumi pada 3 Juni 1965. Pria kelahiran 14 Nopember 1930 ini adalah teknisi sekalian perwira Angkatan Udara Amerika Serikat Berpangkat Letnan Kolonel. Meskipun begitu, umurnya tak panjang.

Dia meninggal pada kecelakaan ujian pra-peluncuran misi Apollo di Tanjung Kennedy pada 27 Januari 1967. Ia meninggal bersama teman astronot Amerika Serikat lainnya, yakni Gus Grissom dan Roger Chaffee. Atas prestasinya dalam bidang penerbangan luar angkasa, White mendapat Medali Pelayanan Terhormat NASA atas penerbangan Gemini 4 dan penghargaan anumerta Medali Kehormatan Kongres Luar Angkasa.

3. Eugene Cernan

Terlahir 14 Maret 1934, Eugene Andrew Cernan adalah pensiunan perwira Angkatan Bahari Amerika Serikat dan eks astronot dan teknisi NASA. Cernan sudah bepergian ke luar angkasa sebanyak 3 kali, yakni pada Juni 1966 sebagai pilot Gemini 9A, pilot modul bulan di Apollo 10 pada Mei 1969, dan pada Desember 1972 sebagai komandan Apollo 17 . Cernan turut membantu anggota kru untuk misi Gemini 12, Apollo 7, dan Apollo 14. Lulusan Teknik Elektro ini, adalah manusia ketiga dalam sejarah manusia yang berjalan di luar angkasa sewaktu pesawatnya sedang mengorbit jauh di atas bumi.

4. Michael Collins

Warga Amerika kelahiran Roma, Italia, 31 Oktober 1930 ini, adalah eks astronot Amerika dan pilot. Michael Collins terpilih sebagai bagian dari 3 group yang terdiri atas 14 astronot pada 1963. Collins sendiri sudah terbang ke luar angkasa sebanyak 2 kali. Penerbangan pertamanya bersama Gemini 10 dan ia berjalan di luar angkasa sewaktu 2 pesawat luar angkasa yang berbeda mencoba manunggal di atas bumi.

Kemudian perjalanan keduanya ke luar angkasa sewaktu ia jadi komando pilot modul untuk Apollo 11. Saat ia mengorbit di atas bulan, Neil Armstrong bersama Buzz Aldrin membuat sejarah dengan berjalan di atas permukaan bulan. Collins sendiri adalah satu dari 24 manusia yang pernah terbang di atas bulan.

5. Richard F. Gordon, Jr.

Richard F Gordon merupakan pensiunan astronot NASA ini dilahirkan pada 5 Oktober 1929 dan berpangkat kapten yang menjadi salah satu dari 24 orang yang terbang di atas bulan. Pada Oktober 1963, dia terpilih sebagai astronot dan terpilih sebagai pilot cadangan pada penerbangan Gemini 8.

September 1966, Gordon melakukan penerbangan pertama kali sebagai pilot untuk Gemini 11. Pada penerbangannya tersebut, Gordon kemudian berjalan di luar pesawatnya yaitu di atas permukaan bumi sebanyak 2 kali. Gordon pensiun dari NASA pada Januari 1972.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fakta-fakta menarik dan foto-foto kedatangan Raja Salman di Indonesia

7 Benda Paling Berbahaya Jika Dibuang di Toilet