, ,

Mengurai Peta Kekuatan Militer Korea Utara VS Amerika Serikat yang Bagai Daud Melawan Goliat

Kian hari perseteruan antara Korut dan Amerika Serikat cenderung semakin berbelok ke arah yang mengkhawatirkan. Teranyar, pihak Amerika Serikat menguji coba rudal antar benua, Minuteman 3, yang berakhir sukses sesuai ekspektasi mereka. Tak mau kalah, Korea Utara juga menggelar latihan militer skala besar untuk menunjukkan kesiapan mereka seandainya perang kadung tak terhindarkan.

Sulit menyebutkan siapa atau apa penyulut pasti perseteruan antar kedua negara ini. Namun, seandainya kedua negara ini tak kunjung berdamai, dunia sepertiya harus siap dengan salah satu perang terbesar yang akan terjadi abad ini. Lalu, berbicara soal kekuatan militer, mana yang paling unggul antara AS dan Korut? Untuk lebih jelasnya, simak uraian singkat berikut ini.

Jumlah personel aktif AS jauh mengungguli Korut

Kita mulai perbandingan keduanya dari aspek yang paling esensial. Jumlah prajurit. Dari total populasi penduduknya yang berjumlah 323 juta jiwa, Amerika Serikat punya kuota 1,4 juta personel yang siap dikerahkan kapanpun jika dibutuhkan.

Soal personel, Korut tak akan kalah mudah dari AS. [Image Source].

Bagaimana dengan Korea Utara? Meski jumlah populasi penduduknya sangat sedikit, 25 juta, namun jangan anggap remeh, mereka punya personel aktif sebanyak 700 ribu tentara. Bahkan, lebih banyak dari personel aktif negara kita yang berjumlah sekitar 460 ribu orang.

Keberadaan pasukan khusus yang akan sangat berperan vital

Dari sekian personel yang aktif, kedua negara yang tengah uring-uringan satu sama lain ini punya beberapa unit atau satuan khusus yang kemampuannya di atas rata-rata. Amerika sudah tak perlu dipertanyakan lagi, mereka punya Navy Seal sebagai penguasa lautan, Delta Force yang ditakuti oleh para teroris di Timur Tengah, hingga unit-unit spesial lainnya.

Pasukan khusus Korea Utara. [Image Source].

Lalu bagaimana dengan Korut? Apa negara ini punya semacam unit khusus dengan kemampuan superhuman? Ternyata ada. Namanya adalah North Korean Special Operation Force. Pasukan ini terdiri dari segerombolan prajurit paling elit dengan perlengkapan senjata paling mutakhir. Tujuan pembentukan pasukan ini adalah untuk melancarkan serangan militer, politis, hingga psikologis terhadap musuh Korea Utara.

Persaingan ketat bakal terjadi di daratan

Dengan gelontoran dana hingga $587 miliar setiap tahunnya, tak heran jika Amerika sangat superior dalam aspek militer dan bahkan menduduki peringkat pertama di dunia. Amerika punya 5.884 tank serta, artileri gerak 1.934, kendaraan tempur lapis baja 41.062, hingga peluncur roket multipel sebanyak 1.331.

Amerika Serikat tengah melakukan latihan mileter. [Image Source].

Sedangkan Korea Utara, meski hanya punya anggaran pertahanan yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan AS, US$7,5 miliar, namun mereka ternyata unggul dan nyaris menyaingi dalam beberapa nomor alutsista darat. Mereka punya 5.025 tank, 2.250 artileri gerak, 4.100 kendaraan lapis baja, dan bahkan 2.400 kendaraan peluncur roket multipel.

Tak ada kesempatan bagi Korut untuk melibas wilayah laut

Bagaiman di medan laut? Siapa yang berkuasa? Mari kita bandingkan. Amerika Serikat punya 8 kapal perang kecil sedangkan Korea Utara punya 11 unit, AS punya 63 kapal penghancur sedangkan Korut tak punya sama sekali.

Siapa yang berani melawan Navy SEAL? [Image Source].

AS punya 13 Kapal patroli berbanding jumlah luar biasa Korit sebanyak 438, AS punya 70 kapal selam berbagai jenis berbanding 76 kapal selam milik Korut, dan terakhir, Amerika punya 19 kapal induk berbanding nol besar milik Korut.

Meski Amerika kalah dalam beberapa kategori, tetap saja mereka unggul dalam kategori yang paling penting. Lagipula, Korut juga masih waras untuk tidak menyerang AS secara langsung melalui jalur laut.

Lewat udara, AS bakal dengan mudah menumbangkan Korut

Dan terakhir, alutsista udara. Langsung saja kita bandingkan, AS punya 13.762 kendaraan udara berbanding 944 milik Korut, untuk Helikopter AS punya 6.065 unit berbanding hanya 202 milik Korut, lalu ada 947 Helikopter tempur milik AS berbanding 20 unit saja milik Korut.

Korut kembali menguji coba rudal buatannya. [Image Source].

AS punya 2.296 pesawat tempur berbanding dengan 458 milik Korut, AS punya 2.831 pesawat latih berbanding 169 milik Korut, dan terakhir, AS punya 5.739 pesawat pengangkut berbanding dengan 100 unit saja milik Korut. Sepertinya, kita jadi tahu ke mana mayoritas dana militer AS digelontorkan.

Senjata Rahasia: NUKLIR

Inilah kartu AS yang dimiliki oleh masing-masing negara. Kita tahu, Amerika memang sangat berpengalaman soal urusan senjata nuklir. Lihat saja rekam jejak mereka yang telah dua kali menjatuhkan bom atom di dua kota Jepang. Belum lagi uji coba bom atom paling gila yang pernah mereka lakukan bernama Castle Bravo dengan daya ledak 15 juta TNT.

Korea Utara dalam uji coba rudalnya. [Image Source].

Korea Utara? Inilah yang unik dari negara ini. Meski kerap menggembar-gemborkan kekuatan mereka, namun tak ada yang tahu pasti sebesar apa kekuatan militer yang pernah mereka mili. Sama halnya soal bom nuklir. Bahkan, rudal-rudal seperti Nodong, Musudan, hingga yang paling kuat, Taepodong 2, belum diketahui pasti kekuatannya. Konon, mereka tinggal selangkah lagi untuk memiliki teknologi bom hidrogen yang kekuatannya jauh lebih dahsyat ketimbang bom nuklir.

Itulah uraian singkat mengenai peta kekuatan militer antara Korea Utara dengan Amerika Serikat. Berbeda dengan Amerika Serikat yang sudah independen soal militer, Korut sepertinya harus meredam egoisme mereka dengan menjalin persahabatan atau kongsi dengan negara-negara lainnya untuk menyatukan kekuatan militer seandainya perang antar kedua negara ini terjadi. Itupun jika Korut tak mau luluh lantak dalam waktu sekejap.

Source : Boombastis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Panggil Sayang-Sayangan, Ridho DA2 dan Billa Barbie Resmi Pacaran?

Mulai dari Cerita Kolosal, Sampe Alien, Semuanya Ada di Daftar 10 Drama Korea yang Tayang Bulan Mei