,

Misteri Air Mancur Awet Muda Fountain of Youth

Pernah mendengar cerita Fountain of Youth di St Augustine Archeological Park Florida? Ternyata air mancur ini memiliki banyak mitos dan kisah sejarahnya tersendiri lho. The Fountain of Eternal Youth atau air mancur awet muda merupakan sebuah pemandian air mancur ajaib yang diyakini siapapun orang yang berhasil mandi dan minum di pancuran tersebut bisa kembali muda, tahan lama dan abadi.

Jadi dulunya, misteri air mancur awet muda Fountain of Youth ini hanya sekedar rumor di lingkungan istana kerajaan Spanyol saja. Namun seiring waktu berlalu, kisah tersebut kian melegenda dan menjadi salah satu mitos sejarah yang paling terkenal di kalangan rakyat Eropa.

Air Mancur Awet Muda Fountain of Youth

Usut punya usut, kisah pencarian air mancur awet muda Fountain of Eternal Youth ini merupakan inspirasi dari sebuah lukisan seniman terkenal bernama Titian (Tiziano Vecelli) dengan karyanya yang berjudul Titian’s Love Sacred and Profane Love.

Lukisan Sacred and Profane Love adalah sebuah karya seni yang menggambarkan Laura Bagarotto, seorang janda berpakaian serba putih bak pengantin. Ia duduk bersama Cupid atau dewa cinta bersama dengan Dewi Venus di depan sebuah kolam air yang diyakini sebagai Fountain of Eternal Youth.

Nah, inspirasi dari lukisan ini sendiri konon didapatkan Titian dari gambaran kehidupan masyarakat Spanyol di masa lampau yang tengah digemarkan dengan air mancur awet muda tersebut, dimana mereka saling berlomba mencari air kehidupan abadi ini. Jika melihat dari rangkaian sejarahnya, ternyata kisah penemuan Fountain of Eternal Youth ini punya banyak versi cerita berbeda.

Sejarah Juan Ponce de Leon Mencari Air Mancur Fountain of Youth

air mancur awet muda

Pencarian air mancur awet muda diawali pertama kalinya oleh seorang penjelajah bernama Ponce de Leon yang diutus oleh Raja Ferdinand dari Spanyol. Penemuan ini dinyatakan dalam sebuah dokumentasi sejarah Decade de Orbe Novo yang menceritakan bahwa ada sebuah mata air ajaib di luar sana yang bisa membuat siapapun menjadi muda dan abadi.

Selain itu, adanya Fountain of Eternal Youth juga terdapat pada sebuah buku karya J Curtin dengan judul Creation Myths od Primitive Amerika dimana dalam buku tersebut diceritakan ada mata air ajaib yang mengalir menjadi dua bagian, satu bagian untuk diminum, dan bagian lainnya sebagai kolam pemandian.

Dalam buku itu juga disebutkan bahwa jika ada orang yang sudah tua keriput meminum air dan mandi di kolam itu, maka ia akan berubah ajaib menjadi remaja kembali. Mitos Fountain of Eternal Youth ini begitu masif tersebar, dan atas dasar itulah Ponce De Leon ditugaskan oleh Raja Ferdinand pada tahun 1512 untuk berekspedisi mencari keberadaan sumber pemandian air ajaib tersebut, apakah memang benar adanya atau hanya isapan jempol belaka.

Untuk menyertai perjalanan ekspedisi Ponce De Leon, Raja Ferdinand menyertakan kapal dan awak terbaik untuk menjelajah bersama Ponce De Leon. Perjalanan pertama Ponce De Leon dimulai pada tahun 1513, dimana tujuan utamanya adalah menuju ke sebuah pulau terpencil bernama pulau Hipaniola atau saat ini dikenal dengan sebuatan pulau Bimini.

Dan agar menutupi rahasia pencarian air manjur ajaib tersebut, Ponce De Leon beralibi sedang melakukan ekspedisi mencari emas dan logam. Sementara sambil mencari emas tersebut, ia dan awak kapal justru berkelana sambil mencoba meminum semua mata air yang ditemui.

Fountain of Youth

Hanya saja kenyataannya tidak ada satupun mata air yang dapat memberikan keajaiban seperti diceritakan sebelumnya. Karena terus menerus gagal, banyak dari awak kapal dan penjelajah yang ikut bersama Ponce De Leon merasa putus asa, tetapi tidak halnya pada Ponce de Leon sendiri.

Beberapa tahun kemudian, Ponce De Leon mendapat berita dari Paus Leo X bahwa tak jauh dari Hispaniola ada sebuah pulau bernama Ananeno atau Boyuca yang konon di pulau itu ada Fountain of Eternal Youth.

Tetapi Ponce De Leon tidak langsung percaya dengan kabar rumor tersebut .Ia kemudian melakukan penelitian lebih mendalam, dan menemukan bahwa jika memang Fountain of Eternal Youth itu ada maka kemungkinan besar lokasinya berada pada sungai di Florida. Ia kemudian melakukan penjelajahan ke Florida, dimana catatan perjalanannya ini tertulis dalam buku Historia General de Las Indias.

Di tengah pencarian air mancur ini, Ponce De Leon ditemukan meninggal karena diserang oleh panah Suku Indian. Namun pencarian tidak berhenti sampai disitu meskipun sang pemimpin Ponce De Leon sudah tewas, sebagian dari penjelajah yang ikut bersama Ponce De Leon masih penarasan sehingga memutuskan untuk melanjutkan perjalanan tersembunyi dimana mereka yakin bahwa misteri tentang air Mancur Awet Muda Fountain of Eternal Youth itu memang benar-benar ada.

Berdasarkan legenda rakyat Eropa, Ponce De Leon lah yang menjadi orang pertama melakukan pencarian Fountain of Eternal Youth. Tapi anehnya dalam buku catatan perjalanan Ponce De Leon sendiri, ia tidak pernah menyebutkan perihal air mancur awet muda.

Apakah ini berarti kisah pencarian Ponce De Leon itu hanya mitos dan tidak benar-benar terjadi? Ataukah ia sengaja tidak menuliskannya untuk menutupi perjalanan rahasia mencari mata air ajaib?

Belum ada yang mengetahui jawaban pastinya. Selain berdasar pada catatan sejarah Ponce De Leon, kisah lain juga menyebutkan nama Jhon de Maundeville yang katanya pernah merasakan keajaiban dari Fountain of Eternal Youth.

Juan Ponce de Leon

Saat itu Jhon sedang sekarat, dan saat ia tak sengaja menemukan sebuah tempat rahasia taman Eden, ia melihat sebuah sumur yang dikelilingi batu kristal dan emas. Disitu terdapat sebuah mata air yang mengalirkan air anggur, madu, dan susu. Setelah ia meminum air tersebut, Jhon kemudian menjadi lebih sehat dan langsung sembuh seketika.

Begitu populernya kisah air mancur mancur awet muda Juan Ponce de Leon ini, konon termuat juga dalam literatur agama kuno dan budaya penduduk Eropa serta diceritakan kembali dalam lukisan Lucas Cranach the Elder di tahun 1546.

Dalam manuskrip agama kuno diceritakan ada sebuah mata air ajaib yang bisa memberikan keabadian. Air di mata air tersebut rasanya sangat lezat tapi sayangnya bagi manusia serakah yang ingin membawa pulang air awet muda itu ia harus menebusnya dengan kematian.

Banyak versi sumber yang berbeda-beda tentang legenda pemandian air mancur ajaib Fountain of Eternal Youth ini. Ada yang berdasarkan dokumentasi petualangan Juan Ponce de Leon, hingga agama dan kepercayaan masyarakat asli setempat.

Misteri Air Mancur Awet Muda Fountain of Youth

Tidak diketahui pasti versi mana yang paling benar. Namun sampai kini keberadaan air mancur awet muda Fountain of Youth sudah menjadi tempat wisata populer yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal Florida dan Eropa.

Kita juga bisa mendatanginya yang berlokasi di St Augustine Archeological Park Florida. Sampai sekarang sebagian kecil orang masih meyakini kalau meminum air mancur tersebut memang benar bisa membuat awet muda dan menambah aura kecantikan, meskipun ini sebenarnya mungkin hanya efek sugesti diri sendiri saja :D.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lagi Asik Bikin Video Bokep, Sepasang Kekasih Digerebek Polisi, Ini Alasannya

3 Aturan seputar baterai ponsel pintar yang diklaim hanya mitos