,

Posisi Tidur dan Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ketika beranjak tidur, mengganti-ganti posisi supaya tidur menjadi lebih nyaman merupakan rutinitas yang seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang. Saya yakin sahabat juga pernah melakukannya. Dan ternyata, terlepas dari rasa nyaman dan tidak nyaman, posisi-posisi tertentu saat tidur, bisa berpengaruh pada kesehatan kita lho..
Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan bagikan beberapa informasi mengenai beragam posisi tidur sehari-hari yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Oke, langsung aja yuk disimak ulasan lengkapnya.
• Terlentang dengan posisi tangan di samping
Tidur dengan posisi terlentang dan tangan berada di samping, merupakan posisi tidur yang terbaik. Posisi ini bukan hanya membantu menjaga kesehatan tulang belakang melainkan juga bagus untuk leher dengan catatan, kamu tidak menggunakan banyak bantal sebagai penyangga kepala. 
Tidur terlentang memiliki manfaat yang sama ketika anda melakukan gerakan yoga “savasana” atau berbaring lurus “death pose”. Manfaat lain mengambil posisi tidur terlentang adalah bisa memperbaiki postur tubuh, memulihkan energi, mengurangi gejala insomnia serta mengurangi sakit kepala. 
Meski baik untuk kesehatan, namun tidur dengan posisi ini bisa membuat kecenderungan mendengkur menjadi lebih tinggi.

• Terlentang dengan posisi tangan diatas
Posisi tidur ini disebut pula dengan posisi “satrfish “. Posisi terlentang dengan posisi tangan di atas, baik untuk menjaga kesehatan punggung. Selain itu, posisi tidur yang demikian juga bisa mencegah keriput serta mencegah datangnya jerawat. 
Sama seperti posisi tidur yang telah dibahas di nomor satu, posisi tidur untuk kesehatan yang satu ini membuat kecenderungan mendengkur menjadi lebih tinggi. Selain itu, posisi tidur dengan posisi tangan ke atas bisa membuat tekanan pada bahu sehingga memicu timbulnya rasa nyeri.

• Tengkurap
Tidur dengan posisi tengkurap bagus untuk memelihara kesehatan pencernaan namun tidak bagus bagi kesehatan leher. Posisi tidur yang satu ini, tidak bagus untuk leher, karena bisa memberikan tekanan pada bagian tersebut.
Saat kita tengkurap, posisi kepala tentu akan menoleh pada salah satu sisi. Alhasil wajah akan menempel di bantal dan menyebabkan pernapasan menjadi kurang lancar. Bukan hanya masalah pernapasan, namun posisi ini juga tidak baik bagi kesehatan punggung kita.

• Tidur miring ke kiri 
Posisi tidur yang satu ini bagus untuk membantu melancarkan peredaran darah pada area jantung. Selain itu, posisi tidur miring ke kiri juga bisa menghindari tekanan langsung pada liver. Banyak ahli kandungan yang menganjurkan posisi tidur ini untuk dibiasakan ibu hamil.
Posisi tidur miring ke kiri bagi ibu hamil, dipercaya bagus untuk sirkulasi gizi pada bayi melalui ari. Posisi tidur miring kekiri memang salah satu posisi yang paling nyaman bagi banyak orang, namun sayangnya, posisi ini juga bisa memicu sakit pada leher dan punggung.
Terlebih saat lengkungan dari tubuh cenderung ekstrim, maka kesulitan saat bernapas bisa saja terjadi.

• Tidur miring ke kanan
Satu lagi posisi nyaman untuk tidur adalah dengan memposisikan diri tidur dengan miring ke kanan. Posisi tidur yang satu ini bisa meningkatkan resiko asam lambung menjadi naik dan memicu datangnya insomnia serta rasa tidak nyaman di bagian perut.
Untuk keperluan kesehatan, sebaiknya kita mengganti posisi kita ke kiri atau ke kanan secara bergantian di malam hari. Dan hal yang perlu dicatat adalah bagi penderita asam lambung sebaiknya menghindari/ mengurangi posisi tidur yang satu ini.
Unik tapi itulah kenyataannya menurut pandangan medis bahwa posisi tidur sehari- hari seseorang ternyata memiliki pengaruh yang begitu besar dalam kesehatan. Dengan pola tidur yang baik, maka jaminan kesehatan kita pun akan lebih terjaga. Semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Karaoke bareng mantan pacar di Smule, wanita ini menangis

8 Penyebab Keringat Berlebihan di Malam Hari