, ,

Pria Ini Kaya Raya Hanya Karena Jualan Batu (Tapi Bukan Batu Akik)

Membaca judul di atas mungkin kamu akan langsung mengernyitkan dahi. Bagaimana mungkin seseorang menjadi kaya raya hanya dengan berjualan batu? Namun ketika yang kita bicarakan adalah seorang Gary Ross Dahl, maka semuanya jadi mungkin untuk terjadi.

Baca Juga : 8 Pandangan Mitologi yang Unik dan Aneh Tentang Datang Bulan

Pria yang bekerja sebagai marketer dan juga penulis ini berhasil menghasilkan jutaan dolar lewat kreasi uniknya bernama Pet Rock. Benar sekali, selain menjualnya Dahl juga menyuruh para pembeli untuk merawat batu tersebut layaknya hewan peliharaan. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Simak ulasannya berikut.

1. Awal Mula Ide Berjualan Batu

Pada suatu malam di pertengahan tahun 70an, Dahl tengah asik menikmati segelas minuman di sebuah pun. Ia pun terjebak dengan obrolan orang-orang di sekitarnya tentang bagaimana sulitnya merawat hewan peliharaan. Mulai dari memberi makan, membersihkan kotoran hingga mengajak jalan-jalan.

Dahl dan Pet Rock-nya [Image Source]
Dahl dan Pet Rock-nya [Image Source]

Tiba-tiba Dahl pun terinspirasi sesuatu, lalu kemudian ia menyeletuk sambil mengatakan dirinya sama sekali tidak pernah mendapatkan masalah dengan hewan peliharaan. “I have a pet rock,” ungkapnya dengan lantang. Sejak saat itu, ide untuk membuat batu sebagai ganti dari hewan peliharaan yang tidak menyusahkan mulai tersusun rapi di otaknya.

2. Desain Unik Pet Rock

Dahl sangat serius dengan bisnis ini, hingga akhirnya ia menemukan dua orang investor yang mau mendanai ide gilanya ini. Kemudian mulailah ia memborong satu boks batu dari sebuah pantai di Meksiko dengan harga beberapa penny saja. Kalau hanya menjualnya begitu saja, mungkin bisnis ini hanya akan berakhir sebagai tertawaan. Lalu satu hal yang disadarinya, ia harus mengemas batu ini secantik mungkin agar bisa dijual dengan harga yang mahal.

Dikemas dengan unik, membuat Pet Rock bernilai lebih dari sebuah baru [Image Source]
Dikemas dengan unik, membuat Pet Rock bernilai lebih dari sebuah baru [Image Source]

Dahl mencoba banyak sekali desain kemasan untuk peliharaan unik ini. Setelah banyak sekali melakukan trial and error, ia menemukan desain yang benar-benar pas yaitu sebuah cardboard dengan handle di bagian atasnya. Tak lupa ia juga memberi lubang-lubang di beberapa sisi cardboard tersebut agar kesannya seperti lubang udara untuk si peliharaan tersebut bernapas.

Agar makin menarik, Dahl juga menaruh sebuah sarang yang terbuat dari serat kayu sebagai alas. Paling menarik tentu adalah kata-kata yang ia tulis di bagian luar kotak cardboard tersebut. “This box contains one genuine pedigreed” padahal isinya hanyalah sebuah batu.

3. Manual Book Membuat Batu Ini Jadi Berharga

Di sisi paling atas cardboard Dahl juga menuliskan kalau jangan memindahkan si batu tanpa membaca buku instruksi terlebih dahulu. Pria yang juga seorang novelis ini ternyata membuat sebuah manual book tentang bagaimana cara merawat batu ini. Uniknya, ia mengemas kata-kata di dalamnya dengan sangat menarik dan lucu.

Manual Book unik membuat Pet Rock diminati [Image Source]
Manual Book unik membuat Pet Rock diminati [Image Source]

Akan banyak orang yang penasaran dengan manual book tersebut. Bagaimana tidak, kenapa kita memerlukan sebuah buku hanya untuk menjaga sebuah batu? Guyonan Dahl yang tertuang di dalam buku tersebut membuat si batu ini bukan lagi sekedar benda padat yang tidak ada artinya.

4. Strategi Waktu Dahl Sangat Tepat

Ketika kita sudah mempunyai produk yang unik dan punya kemasan bagus, satu hal lagi yang harus diperhatikan. Tunggu waktu yang pas untuk meluncurkannya. Dalam hal ini Dahl juga benar-benar memperhitungkan hal tersebut.

Pet Rock jadi hiburan orang-orang Amerika setelah dampak perang Vietnam [Image Source]
Pet Rock jadi hiburan orang-orang Amerika setelah dampak perang Vietnam [Image Source]

Ketika itu adalah masa di mana Perang Vietnam berakhir. Tentu saja warga Amerika, khususnya para anggota militernya berada di kondisi psikis yang buruk. Ini waktu yang tepat untuk merilis Pet Rock, ungkap Dhal. Mungkin banyak orang yang akan menganggap batu ini sebagai lelucon belaka. Namun semua orang pasti akan tertawa begitu melihat box berisi batu dan manual book yang lucu itu.

Hasilnya pun benar-benar sesuai dugaan Dahl. Hanya dalam waktu beberapa bulan, hampir sebanyak 1,5 juta batu terjual dengan harga $3.95 saat itu. Permintaan akan batu ini pun makin meningkat seiring dengan dampak yang dibawanya.

5. Berlimpah Kekayaan Hanya Gara-Gara Batu

Melihat animo masyarakat yang antusias terhadap Pet Rock, tentu saja hal ini membawa dampak yang bagus untuk Dahl. Sehingga tidak mengherankan beberapa bulan kemudian pria ini meninggalkan rumah lamanya untuk menempati bangunan baru. Ia juga menukar mobil Honda lamanya dengan sebuah Mercedes terbaru.

Pet Rock pun akhirnya sukses membuat hidup Dahl lebih mapan [Image Source]
Pet Rock pun akhirnya sukses membuat hidup Dahl lebih mapan [Image Source]

Kepopuleran Pet Rock tidak hanya seperti trend saat ini yang sekali melejit akan berangsur menghilang. Popularitas si batu peliharaan cukup lama bertahan dan membuat Dahl menjadi orang yang benar-benar mapan secara finansial.

6. Efek Batu Berimbas kepada Orang Lain

Popularitas Pet Rock ternyata menginspirasi banyak orang. Tidak lama setelah benda unik ini jadi fenomena, banyak para pebisnis yang memanfaatkannya. Tentu tidak serta merta menjiplak, mereka justru membuat Pet Rock jauh lebih berharga.

Pet Rock juga menginspirasi banyak orang untuk membuatnya
Pet Rock juga menginspirasi banyak orang untuk membuatnya “level up” [Image Source]

Misalnya aja ketika seseorang menawarkan program perkuliahan untuk si batu dengan harga $3 untuk setingkat sarjana dan $10 untuk Ph. D. Namun akhirnya bisnis Dahl mulai menurun seiring dengan gugatan yang ia terima dari para investor soal pembagian hasil.

Baca Juga : 10 Orang Ini Jadi Kaya Raya Berkat Youtube

Lewat kisah Dahl bisa kita ambil pelajaran kalau sebuah ide bodoh sekalipun bisa menghasilkan ketika dikemas dengan baik. Siapa sih yang mau membeli sebuah batu dengan harga $3.95? Tapi, ketika si batu dipermak sedemikian rupa dan juga ditambah pernik yang mendukung, ia pun bisa laku keras. Jadi, sepertinya ketika memulai bisnis sepertinya cukup bijak untuk memperhitungkan ide yang sifatnya remeh sekalipun.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 Pandangan Mitologi yang Unik dan Aneh Tentang Datang Bulan

9 Foto Yang Menunjukkan Jika Bahagia Itu Sederhana