, , , ,

Robot Humanoid Mirip Manusia Asli, Bikin yang Lihat Jadi Merinding Aneh

Robot adalah salah satu bukti kemajuan ilmu pengetahuan manusia yang tiada batas. Mulanya robot adalah sebuah mesin sederhana hingga akhirnya berkembang dengan sangat pesat. Bahkan robot bisa diberi semacam kecerdasan buatan hingga mampu mengerjakan suatu hal dengan baik. Beberapa robot bahkan digunakan untuk mengerjakan hal berbahaya yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia.

Baca Juga :15 Hal Gila yang Hanya Dapat Ditemukan di Jepang

Robot biasanya berupa kumpulan mesin yang nampak aneh. Kalau pun dibentuk mirip sesuatu pasti penuh dengan besi dan rangkaian kabel. Namun seorang peneliti dari Jepang membuat sebuah robot nyaris menyerupai manusia. Robot dibuat sedemikian rupa hingga memiliki wajah dan bentuk tubuh manusia.

Seperti yang dipamerkan pada sebuah acar di Shanghai China. Seorang pembuat robot modern bernama Hiroshi Ishiguro membuat robot yang disebut humanoid bot. Robot ini tak hanya memiliki wujud seperti manusia tapi juga memiliki kemampuan merespon tindakan. Misal kita memegang tangannya, maka secara otomatis robot akan menawarkan tangannya untuk kita salami. Hal lain yang membuat robot ini hebat adalah kemampuannya dalam berbicara hingga bernyanyi meski suaranya yang keluar sedikit kaku.

Hiroshi Ishiguro dan Robot kembaranya [image source]
Hiroshi Ishiguro dan Robot kembaranya [image source]

Ishiguro bekerja sama dengan seorang peneliti dari Shanghai Shenqing Industry atau SSI untuk membuat sebuah robot baru yang diberi nama Yang Yang. Robot dengan penampakan seorang wanita ini terlihat sangat cantik. Robot ini mirip sekali dengan salah satu pembuatnya yang bernama Song Yang.

Dalam pameran di Sanghai, Song Yang menunjukkan kemampuan Yang Yang di depan publik. Saat Song Yang hendak memeluk robot maka dengan cepat robot  memberikan respon dengan memeluk wanita berkacamata itu. Hal ini membuat para pengunjung terkesan. Mereka belum pernah melihat robot dengan bentuk sangat mirip manusia langsung di depan matanya.

Pameran ini diadakan untuk memperlihatkan jika saat ini perkembangan robot sudah sangat maju. Bahkan sebentar lagi peran manusia akan banyak digantikan oleh robot. Seperti pekerjaan perawat, pelayan, hingga pekerjaan sebagai aktris dan grup idola. Robot mirip manusia ini diharapkan akan mempermudah pekerjaan manusia di masa yang akan datang.

Baca Juga :5 Alasan Jepang Sedang di Ambang Kepunahan

Apapun perkembangan robotnya, jangan sampai terjadi kekacauan seperti di film. Bahaya kalau robot canggih jadi balik menyerang kita, kan serem!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Alasan Motor Matic Rawan Dipakai Mudik

Netsmen, Baju Anti Nyamuk yang Bikin Kulitmu Nggak Bentol-bentol Lagi