,

Seni Bela Diri Mematikan yang Lahir dari Pertarungan Jalanan

Seni bela diri adalah sebuah cara, gerakan atau teknik mempertahankan diri dari serangan orang-orang yang bermaksud buruk kepada kita. Di dunia ini ada banyak sekali jenis seni bela diri yang dikembangkan di masing-masing negara, seperti karate, taekwondo, judo, kungfu, muay thai, dan juga bela diri tradisional khas Indonesia yaitu pencak silat.

Tapi mungkin kamu belum mengetahui atau mendengar tentang 13 seni bela diri mematikan yang lahir dari pertarungan jalanan. Teknik bela diri ini sebenarnya bukan hanya digunakan untuk melumpuhkan serangan lawan. Dalam keadaan terdesak, serangan balik mereka bisa sangat fatal dan menyebabkan kematian.

1. Marine Corps Martial Arts Program (MCMAP), Amerika Serikat

Sistem tempur jarak dekat Marine Corps Martial Arts Program diciptakan oleh para pasukan marinir Amerika Serikat sejak tahun 2001 lalu. Mengadaptasi dari berbagai jenis ilmu bela diri, MCMAP ini dikenal memiliki teknik membunuh lawan dengan sangat agresif.

seni bela diri mematikan yang lahir dari pertarungan jalanan

Keahlian merebut senjata, memukul rahang, mematahkan leher, bayonet dan penggunaan senjata api sekaligus akan diajarkan dalam seni bela diri ini. Hanya ada 2 pilihan dari petarung MCMAP ketika berhadapan dengan musuhnya, yaitu membunuh atau dibunuh.

2. Systema, Rusia

Negara Rusia yang terkenal dengan berbagai alutsista dan persenjataan modernnya ternyata juga memiliki salah satu seni bela diri yang cukup mematikan yang disebut Systema. Seni bela diri ini adalah salah satu seni bela diri wajib bagi para pasukan elite militer Rusia yaitu Spetnaz.

Teknik bela diri Systema terbilang sangat penting untuk dimiliki oleh para pasukan khusus tersebut karena memang ditujukan untuk melumpuhkan lawan dalam waktu yang cepat.

Caranya adalah dengan menyerang bagian-bagian vital anatomi tubuh dan melakukan teknik-teknik mengunci serta membanting lawan. Tak hanya menggunakan tangan kosong untuk melumpuhkan lawannya, pisau sangkur serta senjata api laras pendek juga sering dipakai.

2. Sambo, Rusia

Satu lagi seni bela diri dari Rusia yang mungkin kamu belum tahu, yaitu sambo. Seni bela diri dari Rusia ini lebih mirip dengan judo atau gulat, namun yang membedakan adalah sambo terbilang lebih brutal dan tidak memiliki aturan. Karena itu sambo sangat cocok apabila dijadikan pegangan oleh para bodyguard atau pengawal pemerintahan.

Sambo diciptakan pada tahun 1917, dengan alasan bahwa senjata-senjata modern saja tidak cukup untuk mempertahankan diri. Karena itu sambo yang berarti ‘seni pertahanan tangan kosong’ dalam bahasa Rusia muncul.

Alasan yang membuat sambo masuk ke dalam daftar seni bela diri paling mematikan adalah, jika petarung sambo berhadapan dengan musuh di jalanan mereka bisa bergulat dengan brutal untuk menyerang dari merobek sendi lawan hingga mematahkan tulang sekalipun.

3. Krav Maga, Israel

Israel yang terkenal dengan teknologi canggih senjata militernya, juga memiliki salah satu jenis bela diri yang mematikan yaitu Krav Maga.

Jika dikatakan sebagai seni bela diri sebenarnya krav maga tidak termasuk di dalamnya karena kamu tidak akan menemukan berbagai gerakan cantik dan indah seperti seni-seni bela diri pada umumnya.

Yang akan kamu temukan adalah gerakan-gerakan keras dan mantap ke daerah-daerah vital lawan seperti tendangan ke arah selangkangan, mematahkan hidung, memukul batang leher serta mencolok mata.

Logis jika jenis bela diri ini masuk ke dalam salah satu teknik bela diri paling mematikan karena langkah-langkahnya dalam menghadapi lawan yaitu hadapi, cegah lawan untuk melakukan serangan berikutnya, lumpuhkan dan bila terdesak binasakan. Untuk itu seni bela diri Krav Maga ini lebih banyak dipelajari oleh para pengawal kepresidenan.

4. Okichitaw, Indian Amerika

Seni bela diri tradisional dari suku Indian ini dikenal sejak jaman pendudukan kolonial barat di Amerika. Seni bela diri ini kemudian berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat Indian-Amerika. Ada beberapa gerakan khas bela diri yang berasal dari suku Indian pada masa lampau.

Selain itu ada beberapa alat atau senjata tambahan lainnya yang biasa digunakan dalam seni bela diri ini yaitu berupa tombak, pisau, ataupun senapan. Karena itulah seni bela diri ini bisa menjadi mematikan dan mencederai diri sendiri apabila tidak dilakukan oleh para praktisi profesional.

5. Dambe, Mesir

Selain dari wilayah Asia, Mesir yang notabenenya berada di Afrika ternyata juga memiliki seni bela diri yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Seni bela diri tersebut bernama Dambe.

Bagi mereka yang bertarung hanya ada dua kemungkinan yang bisa dialami oleh mereka yaitu menang dengan berbagai luka berat atau mati dan menanggung kekalahan. Ingin tahu apa yang menyebabkan bela diri ini begitu terkenal mematikan lawan-lawannya?

bela diri paling mematikan

Para petarung sebelumnya diharuskan untuk menggunakan besi atau kayu yang diletakkan pada kepalan tangannya dan kemudian dibungkus dengan kain.

Begitu pula pada bagian kakinya juga dilapisi logam yang dibalut oleh kain kanvas. Tentu sudah terbayang bagaimana rasanya mendapat tendangan tanpa bayangan sekaligus pukulan maut saat melakukan Dambe ini bukan?

Dan konyolnya sebelum pertarungan antar jagoan dimulai, mereka terlebih dahulu akan melakukan ritual menghisap ganja.

6. Kalari Payat, India

Seni bela diri ini tercatat sebagai seni bela diri kuno yang tertua di daratan Hindustan. Kalari Payat bahkan disebutkan menurut legenda diajarkan sendiri oleh Dewa Wisnu, Dewa Tertinggi dalam agama Hindu, manisfetasi dari Dewa Brahma dan Dewa Siwa sendiri.

Seni bela diri asal India ini bersifat sangat spiritual, karena mereka yang melakukan seni bela diri ini terlebih dahulu membaca mantra-mantra Tantra Shastra saat akan memulai latihan.

Selain berbagai kombinasi serangan tangan kosong dan teknik mengunci serta permainan gulat. Dalam seni bela diri kalari payat ini juga diperbolehkan untuk menggunakan senjata tajam dalam melumpuhkan lawan seperti pedang, gada dan chakram.

7. Jujutsu, Jepang

Jika biasanya Jepang terkenal dengan berbagai seni bela dirinya yang aman seperti Karate, dan Judo. Ternyata Jepang juga memiliki satu jenis seni bela diri yang bahkan tergolong sebagai salah satu seni bela diri yang mematikan yaitu Jujutsu (ju jitsu, atau jiu jitsu)

Jujutsu ini adalah cikal bakal dari seni bela diri Judo dan Aikido. Teknik seni bela diri ini memang tidak seberapa mematikan dibanding dengan deretan seni bela diri sebelumnya.

Teknik seni bela diri ini lebih mengarah pada bagaimana cara untuk mengakali lawan sehingga lawan dapat dilumpuhkan. Metode yang digunakan adalah dengan mengandalkan tenaga lawan untuk melakukan serangan balik.

8. Vovinam, Vietnam

Seni bela diri Vovinam asal Vietnam ini mungkin belum pernah kamu dengar sama sekali dan masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Seni bela diri Vovinam mulai berkembang pada kisaran tahun 1960-an.

Teknik yang digunakan dalam seni bela diri Vovinam ini banyak dipengaruhi oleh seni bela diri lainnya seperti wushu, karate, dan taekwondo. Pada tahun-tahun sebelumnya seni bela diri ini memang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Namun sejak tahun 2011, seni bela diri vovinam mulai dipertandingkan dalam cabang olahraga Sea Games dan mulai banyak diminati orang di seluruh dunia.

9. Lerdrit, Thailand

Selama ini seni bela diri yang paling terkenal dari Thailand adalah Muay Thai, ternyata ada satu lagi seni bela diri tradisional yang tak kalah mengerikannya dari Muay Thai yaitu Lerdrit.

Seni bela diri ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Muay Thai. Yang membedakan dan yang membuat seni bela diri ini termasuk ke dalam bela diri mematikan adalah tujuannya yaitu untuk mematikan lawan dan bukan sekedar melumpuhkannya.

Dan rata-rata praktisi yang mempelajari ilmu bela diri ini bukanlah khalayak umum tapi para pengawal kerajaan Thailand.

10. Eskrima, Filipina

Eskrima berasal dari negara Filipina. Teknik dan bentuk bela diri ini tidak berbeda jauh dengan Anggar, karena sama-sama memanfaatkan senjata lainnya dalam pertandingannya, seperti pedang, tongkat, pisau, dan juga kayu pendek.

Eskrima menjadi berbeda dengan anggar karena diperbolehkan menggunakan tendangan, serangan tangan, dan juga berbagai gerakan gulat brutal.

11. Jeet Kune Do, Bruce Lee

Lahir dan dikenal sejak tahun 1967, Jeet Kune Do (Jun Fan Gung Fu) adalah ilmu bela diri yang diciptakan oleh Bruce Lee, gabungan dari tinju, karate, arnis, judo, jujitsu serta wing chun.

Awal mulanya sebagai peneliti gaya bertarung (fighting styles) Bruce Lee merasa ada kekurangan dari semua ilmu bela diri yang pernah ia pelajari. Dan menurut Bruce Lee, Jeet Kune Do sangat efektif untuk dipakai dalam serangan jarak dekat serta memiliki pertahanan yang ketat.

12. Tarung Derajat (AA Boxer) Indonesia

Berawal dari pengalaman pahit seringnya bertarung di jalanan, Seni bela diri asli Indonesia ini akhirnya diciptakan oleh Achmad Dradjat.

Teknik khas yang diajarkan dalam Tarung Derajat adalah agresivitas dalam serangan pukul serta tendangan terhadap lawan. Namun jurus bantingan, kuncian mematikan juga disertakan dalam teknik bela diri ini.

Sejak didirikan pada 18 Juli tahun 1972, Tarung Derajat kini sudah resmi diakui sebagai olahraga bela diri nasional dan masuk dalam keanggotaan KONI.

Tak hanya ikut berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional dan Sea Games. Tarung Derajat juga dijadikan ilmu bela diri andalan para prajurit TNI AD serta Brimob POLRI.

13. Kapu Ku’ialua, Hawaii

Sama seperti Kalari Payat di India, Kapu Ku’ialua adalah seni bela diri kuno kepulauan Hawaii yang masih dipertahankan sampai kini. Teknik bela diri yang diajarkan dalam Kapu Ku’ialua bertujuan untuk membuat lawan sekarat seperti merusak sendi, membanting tubuh, melumpuhkan pusat peredaran darah serta meremukkan tulang.

teknik bela diri mematikan

Tak hanya menggunakan tangan kosong saja, dalam Kapu Ku’ialua para petarungnya diperbolehkan untuk memakai berbagai macam senjata perang. Dan untuk mempelajari ilmu bela diri mematikan ini tidak sembarang orang. Hanya para bangsawan, anggota kerajaan serta pengawal saja yang diperbolehkan dan bukan masyarakat umum.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Fakta Menarik Seputar ‘Harry Potter and the Cursed Child’ yang Wajib Kamu Tau

Kata Sains, Nyumbang ‘Uang Mentah’ Itu Lebih Baik dan Gak Bikin Orang Malas