,

Spekulasi Di Balik Tren Oleh-oleh Kekinian Artis yang Ternyata Kue Sama Pastry Semua, Menarik Nih!

Fenomena yang satu ini tentu menarik perhatianmu. Entah apa yang ada di pikiran para artis tersebut, entah siapa juga yang mendorong mereka untuk membuka usaha yang sama. Yang jelas, dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan banyak artis-artis tanah air yang merambah dunia bisnis kuliner. Yah kalau mau lebih spesifik lagi, bisnis kue atau jajanan.

Sebenarnya tak ada yang mengejutkan dari seorang artis yang mulai mengembangkan bisnis usahanya sendiri. Namun yang bikin fenomena artis jualan kue ini jadi viral adalah banyaknya artis yang mulai berjualan kue, jenis kue yang dijual serta adanya embel-embel nama daerah dari brand mereka. Hal-hal tersebut mau tak mau pasti menarik perhatianmu. Jujur saja, kalian pasti penasaran ‘kan dengan fenomena yang satu ini. Makanya Hipwee News & Feature buat ulasannya nih!

Bisnis kue tersebut tak cuma diterjuni oleh tiga atau empat artis saja. Faktanya, tiba-tiba saja ada daftar panjang artis-artis yang mulai tertarik bisnis kue manis

Dikutip dari Instagram Lambe Turah via www.instagram.com

Memang tak ada yang salah dengan artis yang bikin usaha baru. Bagus malah. Mereka sadar bahwa karier di dunia keartisan tak akan bertahan selamanya. Tapi untuk kasus artis jualan kue yang satu ini, rasanya kok agak gimana gitu ya. Bagaimana tidak, artis yang jadi penjual kue manis ini nggak cuma tiga atau empat orang. Tiba-tiba saja banyak artis berbondong-bondong membuka bisnis ‘kue khas daerah’.

Mulai dari Teuku Wisnu, Irwansyah, Zaskia Sungkar, hingga Oki Setiana Dewi dan sang adik Ria Ricis juga turut terjun ke dunia bisnis kue manis tersebut. Fakta tersebut bisa dibilang cukup mengejutkan. Bahkan mungkin bisa disebut fenomenal loh karena saking banyaknya artis yang terjun ke dunia jajanan manis tersebut.

Ada satu hal yang menggelitik dari jajanan kue yang dijual artis-artis tersebut, “sepertinya kok bentukan kuenya gitu-gitu aja, ya?”

Cuma dibolak-balik doang komposisi sponge cake sama pastry-nya via Hipwee.com

Nah dari fenomena ini ada satu hal yang menggelitik. Kamu pasti pasti sadar ‘kan kalau kue yang dijual oleh para artis tersebut, kebanyakan bentuknya nggak jauh beda. Kalau nggak pastry-nya di luar, ya pastry-nya di dalam. Ada pula yang pastry-nya diselimuti brownies atau sponge cake. Ada juga yang brownies-nya menyelimuti pastry. Udah. Gitu-gitu aja dan kesannya cuma dibolak-balik serta topping-nya doang yang diotak-atik.

Bicara soal rasa, dari kue-kue bikinan para artis ini pun juga nggak jauh beda kok. Bukan rasa khas daerah, tapi justru banyak rasa kekinian seperti matcha, red velvet, atau tiramisu.

Ditambah lagi kebanyakan artis yang jualan kue manis ini menggunakan nama daerah sebagai nama brand mereka. Ini nih yang bikin banyak orang protes…

Tuh ‘kan… via instagram.com

Khusus untuk hal yang satu ini, ada pro dan kontra yang berkembang di kalangan masyarakat. Dari banyaknya artis yang turut terjun ke dunia kue, banyak dari mereka menggunakan embel-embel nama daerah dalam brand mereka. Malang Strudel, Medan Napoleon, Surabaya Snowcake hingga Cirebon Kelana. Mungkin sebagai strategi pemasaran, brand kue milik artis-artis tersebut hampir semuanya pakai embel-embel daerah.

Sebenarnya nggak ada masalah dengan hal tersebut, toh penamaan brand juga terserah yang punya. Namun banyak pihak yang tak setuju karena kue yang dijual tak ada hubungannya sama sekali dengan nama daerah yang digunakan. Sebagai contoh. Strudel adalah kue khas Austria. Namun Teuku Wisnu selaku pemilik Malang Strudel menggunakan embel-embel ‘Malang’ sebagai nama brand miliknya. Padahal jelas-jelas Austria dan Malang itu nggak ada hubungannya. Nah cara penamaan brand yang seperti itu juga menariknya diikuti oleh artis-artis lainnya. ‘Kan nggak nyambung, ya…

Nah kemungkinan artis-artis penjual kue tersebut memiliki ikatan. Buktinya di Instagram banyak kok yang saling follow akun ‘kan?

Tuh lihat daftar following-nya via www.instagram.com

Bisa jadi sih kue-kue yang dijual oleh artis-artis tersebut, memang punya hubungan. Perhatikan saja jenis jajanan yang dijual. Banyak kue-kue manis milik para artis ini yang memiliki jenis yang sama; olahan pastry dan cake lembut. Pemilihan nama yang menggunakan embel-embel nama daerah juga hampir serupa.

Nah yang ini juga bisa jadi bukti. Kalau kamu membuka akun Instagram brand kue milik para artis, paling tidak akan ada beberapa brand kue artis lain yang ia follow. Tipikal postingan Instagram mereka pun hampir-hampir mirip. Yah bisa jadi sih mereka cuma saling mendukung usaha satu sama lain, tapi bisa jadi juga mereka memang punya satu induk usaha. Ini yang belum bisa dipastikan…

Yah sebenarnya nggak ada yang salah sih dengan artis-artis yang jualan kue ini. Asalkan usahanya halal dan tidak merugikan orang lain mah semuanya boleh-boleh aja. Tapi kalau mirip-mirip gini ‘kan kita jadi bertanya-tanya, ya. Eh, apa ini juga termasuk salah satu stretegi marketing mereka biar kita makin penasaran ya? Ah, sudahlah…

Source : Hipwee

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kenapa Sih 4 Jenis Belahan Ini Begitu Digandrungi Cowok? Benar-benar Bikin Gagal Fokus Deh!

10 Destinasi Wisata yang Bakal Lenyap Dari Muka Bumi. Kunjungilah Sebelum Benar-benar Tinggal Sejarah!