, ,

Sungguh miris! 18 potret kehidupan kaum marginal Filipina yang enggak beda jauh dengan di Indonesia!

Kota selalu menjadi tempat untuk mengadu nasib. Setiap tahunnya atau bahkan setiap harinya orang berbondong-bondong datang ke kota mencoba mencari peruntungan. Kota pun menjadi padat, penuh sesak. Bagaimana tidak, orang bertambah banyak tapi laham semakin sedikit. Seperti padatnya Jakarta atau kota-kota besar lain di Indonesia.

Namun, kondisi seperti ini tak hanya ada di Indonesia. Ibu kota negara tetangga Indonesia, Manila, juga luar biasa padat. Gedung-gedung pencakar langit sering kali bersanding dengan perumahan kumuh. Banyak rumah semi permanen yang dibangun di bantaran sungai.

Melihat bagaimana mereka yang kurang beruntung tinggal di pinggir jalan dengan kasur seadanya atau di pinggir rel kereta api, dan kondisi penjara yang penuh sesak membuat kita hanya bisa geleng-geleng kepala dan mengelus dada. Miris!

Biar Kawan Muda tahu gambarannya, yuk kita lihat bareng foto-foto berikut ini:

1. Rumah seadanya yang dibangun di pinggir rel menjadi peristirahatan kaum marginal dari kerasnya kehidupan jalanan. Tapi hidup seperti ini tak selamanya aman. Anak-anak kecil bebas bermain di pinggir rel. Tanpa pengawasan yang baik ini sangat berbahaya bagi keselamatan mereka.

via: keepo.me
via: keepo.me
via: keepo.me

2. Tak hanya di pinggir rel kereta, tempat umum dan jalanan juga menjadi rumah bagi anak-anak jalanan. Meski luar biasa tak nyaman, mereka bisa tidur dengan nyenyak. Miris dan trenyuh melihatnya…

via: keepo.me
via: keepo.me

3. Bukan pemandangan yang aneh saat rumah sakit bersalin tampak sepadat ini. Tingkat kelahiran di Filipina tergolong tinggi. Saking tingginya, rumah sakit yang ada tidak cukup menampung pasien yang melahirkan. Pada akhirnya, satu tempat tidur bisa ditempati dua orang pasien.  

via: keepo.me
via: keepo.me
via: keepo.me

4. Jangan heran saat melihat sungai yang begitu kotor, penuh dengan sampah. Ya, karena pemandangan ini sudah menjadi makanan sehari-hari. Dan miris saat melihat orang-orang yang tinggal di dekat sungai mencoba mengais harapan dari sampah yang berserakan.  

via: keepo.me
via: keepo.me
via: keepo.me

5. Kenyamanan bukanlah hal utama yang dicari. Yang penting ada tempat untuk tidur dan menjalankan roda kehidupan sehari-hari, “rumah” seadanya pun tak jadi masalah.

via: keepo.me
via: keepo.me
via: keepo.me

6. Astaga, beginilah potret penjara yang over kapasitas karena saking tingginya tingkat kriminalitas. Bagaimana bisa hidup nyaman kalau tidur saja sampai di anak tangga sepert ini.  

via: keepo.me
via: keepo.me
via: keepo.me

7. Benar-benar mirip Jakarta, kesenjangan sosialnya tinggi. Ketika banyak dari mereka mencari tempat berlindung di jalanan, hunian bagi kalangan menengah atas dibangun dimana-mana.

via: keepo.me

Ternyata, tak selamanya kehidupan di kota itu penuh hingar bingar ya dan ini sudah menjadi “penyakit” perkotaan di dunia—tak hanya di Indonesia saja.

Hemm, melihat foto-foto di atas membuat kita makin bersyukur ya karena masih bisa tinggal dan tidur di rumah yang nyaman. Bagaimana pendapat Kawan Muda setelah melihat foto-foto di atas? Share yuk di kolom komentar 🙂

Sumber : Keepo.me

 

Source : Kitamuda

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Abaikan Saja 7 Komitmen dari Cewek Ini, Toh Selalu Mereka Ingkari. Sepele Sih, Tapi Sering Terjadi!

Pingin Gahar dan Bertenaga, Seorang Bayi Diberi Nama ‘Pajero Sport’ oleh Orangtuanya