,

Terbukti Korupsi, Andi Taufan Tiro Divonis Sembilan Tahun Penjara

Mantan anggota Komisi V DPR RI, Andi Taufan Tiro divonis sembilan tahun penjara dan denda sebesar Rp1 miliar. Politikus PAN asal Sulsel itu menjalani sidang vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (26/4/17).

Hakim menilai, Taufan terbukti secara sah dan meyakinkan secara bersama-sama melakukan korupsi sebagaimana dalam Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

“Memutuskan dengan pidana penjara sembilan tahun dan pidana denda Rp1 miliar,” kata Ketua Majelis Hakim, Fasal Hendri, saat membacakan sidang putusan.

Menurut majelis hakim, Andi Taufan Tiro terbukti menerima uang Rp7,4 miliar dari Direktur PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir dan dari Direktur Utama PT Martha Teknik Tunggal, Hengky Poliesar.

“Menerima sejumlah uang dari Abdul Khoir dan Hengky Poliesar yang seluruhnya berjumlah Rp7,4 miliar menimbang digunakan untuk kepentingan berlibur ke Eropa, umrah, dan membiayai kegiatan internal,” lanjut hakim.

Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni pidana penjara 12 tahun dan denda Rp1 miliar. (sm/iad-fajaronline)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gugatan Bur-Nojeng Ditolak, Pilkada Takalar Milik Syamsari Kitta-Ahmad Sere

Cerita Pemuda yang Didatangi Bule Italia: Seluruh Isi Bumi Menimpa Saya…