,

Tidak Hanya Beo, 5 Binatang ini Bisa Berbicara Layaknya Manusia

Selama ini kita semua setuju bahwa burung beo adalah satu-satunya hewan yang bisa berbicara atau dapat menirukan ucapan manusia yang sudah didengar sehari-hari. Dengan fakta tersebut sepertinya banyak diantara kita yang berpikir bahwa burung tersebut adalah hewan pintar. Tapi tahukah kalian kalau ternyata ada binatang lain yang juga terbukti dapat menirukan ucapan pemiliknya?

Terdengar aneh memang, tapi itulah yang benar-benar terjadi. Ada spesies binatang lain di dunia yang memiliki kemampuan demikian, mulai dari anjing, paus, sampai si besar gajah. Penasaran? Berikut ulasannya.

Koshik sang gajah

Pernah membayangkan saat kita pergi ke kebun binatang dan kemudian ada seekor gajar menyapa dengan sapaan ‘halo’? itulah yang akan kalian alami bila bertemu si gajah pintar bernama Koshik. Mamalia ini disebut-sebut memiliki keahlian yang luar biasa karena dapat menggunakan beberapa kata dalam bahasa Korea dengan cara memasukkan belalai ke dalam mulutnya.

Pelatih Khosik menuturkan bahwa pihaknya memang sengaja mengajarinya menirukan bahasa manusia sejak 2004. Walhasil, gajah yang tinggal di salah satu kebun binatang Korea Selatan ini dapat menirukan lima kata dalam bahasa Korea seperti “annyong” (halo), “anja” (duduk), “aniya” (tidak), “nuo” (berbaring) and “choah” (bagus).

NOC si paus

Jika berbicara tentang binatang laut sepertinya banyak pendapat berkata bahwa lumba-lumba lah yang tercerdik. Sampai beberapa waktu lalu ada sebuah berita mengemukakan tentang seekor paus yang dapat berbicara. Paus yang diberi nama NOC tersebut termasuk ke dalam jenis paus beluga yang mulai menyebutkan kata pertamanya saat memasuki usia 9 tahun.

Tentu saja saat itu banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana si paus melakukan hal tersebut, namun kemampuan mimikri atau menirukan manusia ini dia dapatkan dari pelatihnya sehari-hari. Tapi sayangnya skill tersebut hanya bertahan selama empat tahun dan si NOC tak pernah lagi menirukan bahasa manusia ketika memasuki usia dewasa.

Hoover, anjing laut

Hoover pertama kali ditemukan oleh pasangan suami istri George dan Alice Swallow pada tahun 1971. Bayi Hoover kemudian mereka rawat di dalam tempat tinggalnya sampai badannya bertambah besar dan dipindahkan pada sebuah kolam di halaman rumah sang pemilik.

Dari situlah selanjutnya sang anjing laut belajar menirukan bahasa manusia. Luar biasanya lagi dia bisa berbicara dengan menggunakan logat Inggris yang sangat kental. Beberapa saat kemudian dia dipindahkan ke New England Aquariun di mana Hoover bertugas menyapa pengunjung dengan sebutan “Well hello there!” dan juga “Get outta here!”.

Odie si anjing hidung pesek

Kalau ada diantara kalian yang pernah menyaksikan film anak-anak berjudul Garfield, tentunya juga akan mengenal sosok anjing pasifnya bernama Odie. Memiliki nama yang sama dengan tokoh anjng pada film populer tersebut bukan berarti mereka memiliki kesamaan. Odie di dunia nyata ini ternyata mampu menarik perhatian Amerika karena kemampuannya mengikuti bahasa sang pemiliknya.

Odie kecil pernah menjadi bintang tamu dalam acara TV populer ‘Late Night with David Letterman’ dan juga ‘The Oprah Winfrey Show’. Dalam acara tersebut sang pemilik, Ruth, tampak memandu anjing kesayangannya mengucapkan kalimat ‘I love you’. Saat Odie berhasil mengucapkannya, seluruh penonton langsung bersorak kagum.

Mishka, Siberian Husky

Siapa yang tidak tertarik ketika melihat jenis anjing Siberian Husky sedang bermain di jalanan? Anjing yang dikenal dengan posturnya yang gagah ini ternyata juga dapat dilatih untuk mengikuti apa yang diucapkan si pemilik.

Mishka adalah salah sang Siberian Husky yang dapat diajak berbicara oleh pemiliknya. Masyarakat mengetahui bahwa anjing ini dapat mengatakan beberapa kalimat seperti “Hello,” “I love you,” dan bahkan mengucapkan “I’m hungry,” atau saya lapar.

Wah ternyata bila kita melatihnya dengan rutin, hampir semua jenis binatang bisa saja menirukan apa yang kita katakan. Seperti lima binatang di atas, meskipun yang mereka ucapkan merupakan kata-kata sederhana namun tentu saja itu adalah hal baru ditemukan dalam dunia ilmu pengetahuan. Kira-kira di Indonesia ada tidak ya yang dengan telatennya melatih hewan peliharaan berbicara?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketika gak pake make up seperti ini penampilan 9 penyayi dangdut. Masih Cantik gak?

Para Cewek, Jangan Salah Pakai Celana Dalam. 5 Aturan Ini Baiknya Kamu Terapkan