,

Tips Mempertahankan Hubungan Pertunangan sebelum Menikah

Ingin hubungan pertunangan awet hingga menikah? Lakukan tips ini! Seperti yang kita tahu, sebelum menapaki jenjang yang lebih serius yakni pernikahan, pasangan yang telah lama menjalin kasih biasanya akan melakukan prosesi pertunangan. Pertunangan sendiri dilakukan supaya pasangan mempersiapkan diri secara lahir dan batin untuk memasuki hubungan berumah tangga. 
 
Ya walaupun tidak semuanya sih, karena ada juga pasangan yang langsung menentukan tanggal pernikahan tanpa menjalankan pertunangan terlebih dahulu, mungkin sudah kebelet kimpoi 🙂
 
Apa Sih Manfaat Bertunangan Itu?
 
Pertunangan dilakukan supaya pasangan dapat belajar lebih untuk saling mendengarkan, menjalin komitmen dan menghargai perbedaan yang ada. Meski demikian, nyatanya pertunangan menjadi masa yang cukup sulit bagi pasangan. 
 
Bahkan ada beberapa pasangan yang nyatanya lebih memiliki mengakhiri kisah cinta mereka dibandingkan masuk ke jenjang pernikahan. Berikut ini merupakan cara-cara menjaga hubungan pertunangan supaya awet hingga berhasil masuk ke hubungan suci pernikahan.
 
Tips Agar Pertunangan Kamu Bisa Berakhir Ke Jenjang Pernikahan
 
Hindari topik bahasan mengenai anak
 
Ingat kamu baru bertunangan dan belum menikah secara resmi. Pembahasan mengenai anak sebaiknya dilakukan setelah kalian menikah dan bukannya secara instan malah dibicarakan padahal masih dalam tahap pertunangan. 
 
Hal-hal seperti bagaimana nanti membagi penghasilan atau bahkan nama anak yang cocok, merupakan topik sensitif yang nyatanya hanya akan menimbulkan pertengkaran.
 

Tips Mempertahankan Hubungan Pertunangan sebelum Menikah

Photo: Copyright authorityngr.com
Bersenang-senang dengan teman
 
Cara mempertahankan pertunangan berikutnya adalah bersenang-senang dengan teman. Meski telah bertunangan, bukan berarti waktu dan hidupmu hanya kamu curahkan untuknya. Kamu tetap bisa pergi dengan teman dan bersenang-senang dengan mereka. Kamu bisa berbagi kabar dan tetap menjalin hubungan baik dengan teman-temanmu. Meski demikian, kamu tetap harus mengabari dan meminta izin dulu dari si dia.
 
Segera selesaikan  masalah
 
Pertengkaran bukan memberi progres yang baik dalam hubungan kalian. Jika kalian masih sering bertengkar selama menjalani pertunangan, sebaiknya selesaikan masalah yang ada. Ubah pola pikir yang egois dan mulailah saling menghargai.
 
Saling mengerti dan Introspeksi Diri
 
Saling mengerti satu sama lain merupakan hal yang harus dijaga. Saling mengerti membuat kalian sadar jika memahami perasaan dengan kekasih merupakan hal yang baik dan harus ditingkatkan intensitasnya sebelum masuk ke jenjang pernikahan. 
 
Jangan hanya baik dengan pasangan melainkan juga keluarganya
 
Salah satu hal penting dan tidak boleh ditinggalkan dalam bertunangan adalah dengan mengenal baik keluarga pasangan. Jangan sampai kamu berpikir jika menikah hanya urusan dua orang saja tanpa ada ikut campur keluarga. Pandangan ini salah karena justru langkah baik dalam membuat hubungan semakin harmonis adalah dengan cara mendekati si dia sekaligus dengan keluarga besarnya.
 
Masalah keuangan yang teratasi dengan baik
 
Menikah adalah menggabungkan 2 orang yang saling mencintai untuk masuk ke kehidupan berumah tangga. Dalam hal ini ada begitu banyak hal yang harus disiapkan termasuk adalah masalah keuangan. Sebelum benar-benar masuk ke jenjang pernikahan, pastikan jika keuangan yang kamu miliki cukup untuk hidupmu dan pasangan. 
 
Beda saat kamu masih single, keuangan dalam pernikahan harus benar-benar diperhatikan sehingga tidak terjadi masalah rumah tangga. Inilah sebabnya, penting bagi kamu untuk mempersiapkan segala hal sebelum resmi menginjak hubungan serius pernikahan. 

cara mempertahankan pertunangan

Photo: Copyright fianceebodas.com
Terima pasangan apa adanya
 
Satu lagi hal penting yang harus dimengerti pada tiap pasangan adalah untuk menerima pasangan adanya apa, maaf maksud saya apa adanya. Perlu diketahui tidak ada seorang pun yang sempurna di dunia ini begitu juga kamu. Jika kamu sendiri saja tidak sempurna, bagaimana mungkin kamu menuntut orang lain untuk sempurna?
 
Bertunangan merupakan salah satu cara untuk lebih mengenal seluk beluk pasangan kita secara lebih dekat. Namun tetap harus mengenal batasan-batasan tertentu. Ingat kalian baru bertunangan dan belum secara resmi menikah. Hindari terlalu mengekang pasangan yang bisa membuat pasanganmu merasa kurang nyaman dan malah meminta putus hubungan nyamuk denganmu. Semoga tips ini cukup bermanfaat 🙂

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beredar Pesan Berantai: Pakai Baju ‘Turn Back Crime’ Bisa Dipenjara 3 Bulan

Cara mempercepat download Android 2GB hanya 2 menit