,

Tips Spesial Hari Pendidikan Nasional: Cara Supaya Hidup Seimbang antara Gaul dan Prestasi Sekolah

Pilihan antara jadi anak gaul atau jadi anak berprestasi di sekolah gak perlu sampai kebawa pikiran dan bikin galau. Kedua ambisi semua anak sekolah itu bisa berjalan beriringan tanpa saling mengganggu, sesuai dengan cita-cita pendidikan untuk mencetak gerasi unggul dan bersaing secara internasional.

Sejak masa Ki Hajar Dewantara bikin Taman Siswa hingga sekarang masa UNBK, pemerintah terus memperbarui pola belajar-mengajar di sekolah demi memenuhi cita-cita nasional itu. Lembaga-lembaga pendidikan tambahan, kayak tempat les kamu, juga merancang sistem pendidikan yang mereka yakini paling sesuai.

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional 2017, Genmuda.com juga punya tips supaya kehidupan akademik dan pergulan anak-anak sekolah berjalan seimbang. Coba kamu perhatiin dan terapin sendiri ya. Cara ini udah banyak yang melakukannya, kok.

1. Cari temen baik

Hermione, Harry, dan Ron, tiga sahabat paling ikonik abad ke-21. (Sumber: teenvogue.com)

Sahabat baik harusnya dicari sejak pertama kali menginjakkan kaki di sekolah. Usahain cari yang paling punya kepribadian sesuai diri sendiri, supaya engga banyak drama pertemanan yang terjadi. Dalam proses pencariannya, kamu bakal kenal banyak orang dan pada akhirnya tenar dengan sendirinya tanpa harus nyari sensasi.

2. Ikut organisasi

Anak-anak Glee. (Sumber: hollywood.com)

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan ikut organisasi sekolah, entah itu ekstrakurikuler atau OSIS. Pertama, bisa dapet banyak temen baru. Kedua, bisa dapet pengalaman bergorganisasi. Ketiga, bisa ikut lomba ini-itu. Keempat, bisa dikenal guru yang pada akhirnya bakal ngedongkrak nilai-nilai raport.

3. Jangan lupa ikut aduan

Bocah-bocah lagi pada turnamen game “Winning Eleven.” (Sumber: arizkyrental.wordpress.com)

Ketika sekolah mulai jarang ngadain perlombaan internal, biasanya para muridnya tuh yang bikin aduan sendiri mulai dari aduan futsal, ke aduan mading, hingga aduan DOtA 2. Coba deh berpartisipasi mewakili kelas dalam aduan itu supaya bisa kenal orang-orang yang punya minat sama, sekaligus menguji kemampuan diri sendiri.

4. Kalo males nyatet, rekam pelajarannya

Simpan ponselnya di kolong meja biar engga disita guru. (Sumber: Istimewa).

Mencatat emang pekerjaan paling ngebosenin dan bikin tangan lelah. Oleh karenanya, coba manfaatin fitur perekam suara di ponsel buat ngerekam penjelasan guru saat jam pelajaran dan sesekali colongan memotret tulisan guru di papan tulis. Saat pengen belajar di rumah, tinggal dengerin lagi rekamannya sambil liat foto-fotonya. Kalo engga boleh bawa ponsel ke sekolah, kamu selalu bisa ngerekam dengan tape recorder digital.

5. Gak usah gengsi sama guru

Bocah-bocah SD aja pada berani nih minta tolong langsung ke gurunya. Masa kamu engga. (Sumber: Istimewa).

Guru ada buat ngajarin dan kamu berkewajiban untuk belajar. Jadi, gak ada salahnya minta tambahan jam pelajaran ke guru favorit supaya makin paham sama materi pelajaran tertentu. Kalo gak pede sendirian, coba aja ajak beberapa temen buat ikut pelajaran tambahan. Pasti ada yang mau, deh.

6. Curhat ke guru BK aja

Yuk, engga usah malu pergi ke guru BK. (Sumber: Istimewa).

Guru Bimbingan Konseling gak cuma bertugas ngomelin anak-anak yang badung, tapi juga ngasih solusi buat murid-murid yang curhat. Jadi, gak perlu ragu buat luapin masalah seputar temen, pacar, atau pelajaran dan dapet penyelesaian terbaiknya. Sayang banget kan kalo fasilitas gratis ini gak dimanfaatin.

7. Ngerjain PR keroyokan aja

Kerja kelompok rawan pada becanda. Tapi, emang tugas gampang selesai saat semuanya kerja. (Sumber: bgrahmat.wordpress.com).

Saat dapet banyak PR, engga ada salahnya ngajak temen kerja kelompok dan bagi tugas. Si A ngerjain nomer 1-10, si B ngerjain 11-20, si C ngerjain 21 – 30, dan seterusnya. Abis itu, tukeran jawaban sambil saling menjelaskan. Dijamin deh PR-nya jadi terasa gampang banget dan makin paham.

8. Kalo males makan saat jam istirahat, mending tidur

Tidurnya jangan pas jam pelajaran, ya. (Sumber: youthmanual.com).

Faktanya, anak-anak muda jauh lebih bisa menahan rasa lapar daripada kantuk. Gak ada salahnya tidur sepuluh menit saat istirahat supaya segar menghadapi jam pelajaran berikut. Selain itu, kamu juga berkesempatan terpilih jadi “Siswa Ter-Tidur” buat buku tahunan nanti.

Itulah 8 cara supaya kehidupan SMA kamu seimbang antara prestasi dan pergaulan. Kalo punya tips lain, gak ada salahnya loh bagi-bagi di bawah ini. Langsung aja tulis pendapat kamu. (sds)

Source : genmuda

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jo Yoon Hee Hamil, Lee Dong Gun Umumkan Pernikahan

Cerita Tersembunyi Di Balik 12 Nama Brand yang Kita Kenal Selama Ini. Ternyata Google Itu Hasil Typo