,

Unik dan megah, 7 bangunan peninggalan zaman kolonial di Indonesia

Sejak kedatangannya di abad ke-16, bangsa Belanda tentunya meninggalkan banyak sekali jejak di Indonesia. Salah satunya yang masih bisa dinikmati hingga sekarang adalah arsitektur bergaya Eropa yang masih berdiri kokoh dan megah.

Bangunannya yang klasik terlihat unik ketika berjejer dengan bangunan megah masa kini. Membuat orang kagum saat melihatnya. Namun beberapa di antaranya juga ada yang terbengkalai dan terkesan menyeramkan.

Melalui artikel ini, Kita Muda akan mengajak Kawan Muda berkeliling melihat keindahan dan keunikan arsitektur peninggalan pemerintah kolonial. Hemm… Mungkin salah satunya ada di kotamu?! Yuk, langsung saja disimak.

1. Gedung Balaikota Lama Medan

via: panduanwisata.id

Sejak tahun 1945—1990, bangunan ini difungsikan sebagai kantor Balaikota Medan. Namun sekarang gedung yang kental sekali arsitektur Eropanya ini telah menjadi bagian dari Hotel Aston dan difungsikan sebagai restoran.

2. Gedung London Sumatera Medan

via: tripdomestik.com

Masih di Medan, adalagi bangunan peninggalan kolonial yang masih sangat terawat dan masih digunakan hingga saat ini yaitu Gedung London Sumatera atau Gedung Lonsum. Nah, gedung ini menjadi salah satu icon wisata yang ada di Kesawen, Medan. Bentuk Gedung Lonsum bergaya dan mirip rumah-rumah di London pada abad 18-19. Bakal oke banget kalau dijadikan background foto-foto.

3. Museum Fatahillah Jakarta

via: indonesiawow.com

Kalau yang satu ini semua pasti tahu atau setidaknya familiar. Bagunan yang dibangun dari tahun 1707—1710 ini dulunya adalah kantor Balai Kota Batavia (Stadhuis). Arsitektur bangunan bergaya neo-klasik ini dibuat mirip dengan Istana Dam yang ada di Kota Amsterdam. Jadi jangan heran ya kalau jalan-jalan ke Belanda eh enggak sengaja nemu kembarannya Museum Fatahillah, hihi.

4. Gereja Katedral Jakarta

via: merdeka.com

Gereja Katolik yang diresmikan tahun 1901 ini memiliki gaya aristektur neo-gotik khas bangunan gereja di Eropa. FYI, menara gereja ini direncanakan berbentuk kubah, tapi karena Indonesia rawan gempa, desain kubah tersebut diubah menjadi menara yang terbuat dari logam.

5. Istana Buitenzorg Bogor

via: esteraprillia.com

Istana Buitenzorg atau yang sekarang dikenal dengan nama Istana Kepresidenan RI ini dibuat menyerupai Blehheim Place di Oxford, Inggris, lho. Nah, istana ini dibangun untuk tempat peristirahatan gubernur jenderal. Oh ya, dulunya istana ini pernah rusak gara-gara gempa, tapi akhirnya diperbaiki dengan mengambil arsitektur Eropa abad ke-19.

6. Villa Isola Bandung

via: pinterest.com

Gedung ini dulunya adalah milik pengusaha surat kabar kaya raya bernama Dominique Willem Berretty. Villa Isola yang sekarang bernama “Bumi Siliwangi” ini (dan menjadi gedung rektorat kampus UPI Bandung) memiliki desain arsitektur yang cukup unik. Berbeda dengan desain bangunan yang umumnya campuran Eropa dan Hindia Belanda, villa ini lebih kuat gaya bangunan Eropanya.

7. Gereja Blenduk Semarang

via: thebridedept.com

Gereja Blenduk atau  Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel ini disebut blenduk karena bagian kubahnya yang berbentuk bulat. Kalau dalam Bahasa Jawa, bentuk seperti ini dibilang ‘blenduk’. Pada masa awal pembangunannya, kubah gereja dibuat bergaya arsitektur baroque dilapisi perunggu. Hingga kini gereja ini masih terawat dengan baik dan menjadi salah satu landmark Kota Semarang.

Nah, itulah 7 bangunan unik peninggalan pemerintah Hindia—Belanda yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Hemm…selain ke-7 bangunan di atas, ada yang tahu enggak bangunan unik lainnya? Share yuk di kolom komentar 🙂

 

Source : Kitamuda

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 Kebiasaan Ngeselin Tapi Lucu Dari Kamu Dan Dia yang Sudah Pacaran Tahunan

Viral, Kakek Supir Ojek Online dengan Motor Tak Layak Ini Diburu Anggota Klub Motor Indonesia