,

Yuk, lirik kisah Mbah Ponco Sutiyem! Wanita berumur 95 tahun yang berhasil masuk nominasi aktris terbaik dalam Festival Film ASEAN!

Yang namanya berkarya memang tidak pernah mengenal umur, sama halnya dengan Ponco Sutiyem atau biasa dipanggil Mbah Ponco.

Beberapa waktu terakhir, nama Mbah Ponco seringkali masuk dalam pemberitaan media karena keberhasilannya dinominasikan sebagai Aktris Terbaik dalam Festival Film ASEAN. Hebatnya lagi Ia dinominasikan dalam usia yang sudah sangat senja, yaitu 95 tahun!

via: vemale.com

Ketika nominasi Festival Film ASEAN diumumkan pada 4 Mei lalu di Malaysia, film Ziarah yang berasal dari Indonesia menyabet beberapa nominasi. Antara lain best film, best screenplay, best director, dan best actress. Dalam kategori best actress muncul nama Ponco Sutiyem sebagai salah satu nominator dari Indonesia, dan banyak yang bertanya – tanya, siapa sih dia?

via: vemale.com

Mbah Ponco merupakan warga Dusun Batusari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Istri dari Ponco Sentono (100 tahun) ini sudah sejak tahun 1940an tinggal di dusun tersebut sejak menikah dengan suami. Sudah lama juga, ya, ternyata! Sejak pernikahannya, Ia sudah memiliki 7 anak, 27 cucu 40 buyut, dan 4 cicit. Wih, silsilah keluarga yang panjang ternyata, ya!

via: kompas.com

Mbah Ponco ini awalnya menjadi artis film karena adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Kristen Duta Wacana pada tahun 2015 silam. Ketika itu salah seorang peserta KKN melihat lokasi dusun tempat Mbah Ponco tinggal, Ia mengatakan bahwa desa tersebut cocok dijadikan untuk membuat film. Kemudian setelah itu mereka mulai mencari pemain untuk film tersebut, dan Mbah Ponco merupakan pemain terakhir yang diajak untuk bermain film tersebut setelah sekian lama mencari karakter untuk memerankan Sri tak juga ditemukan.

via: vemale.com

Direktur film Ziarah, BW Purba mengatakan bahwa pemilihan Mbah Ponco sebagai pemain utama di film ini bukan tanpa alasan. Pengalaman hidup Mbah Ponco yang pernah berada dalam keadaan perang menjadi alasan utama mengapa Mbah Ponco terpilih untuk berperan sebagai Sri. Uniknya lagi selama pembuatan film, karena Mbah Ponco tidak bisa membaca, maka naskah yang ada dibacakan oleh kru dan adegan yang ada diperagakan kepada Mbah Ponco, agar Mbah Ponco mengerti apa yang harus dilakukan.

Semangat Mbah Ponco yang luar biasa selama syuting inilah yang mengantarkan dia mendapatkan nominasi best actress dalam Festival Film ASEAN, meskipun tidak memiliki pengalaman bermain film dan menjadi artis sama sekali. Wih, hebat banget ya!

Pengalaman Mbah Ponco ini mengajarkan kepada kita kaum muda, bahwa sebenarnya apapun hal yang kita lakukan, selama kita memiliki semangat dan pantang menyerah, kita pasti bisa. Mbah Ponco yang nggak bisa membaca aja bisa sukses jadi pemain film, masa kamu yang memiliki kemampuan dasar lebih hebat, dan hidup dalam dunia modern, tidak bisa lebih sukses dari Mbah Ponco? Yuk, kembangan potensi dirimu dan jadilah yang terbaik di bidangnya!

 

Source : Kitamuda

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Viral, Kakek Supir Ojek Online dengan Motor Tak Layak Ini Diburu Anggota Klub Motor Indonesia

Tren Usaha Oleh-Oleh Artis Malah Panen Cibiran